Qupas Beauty

6 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami, Bahannya Ada di Rumah Semua

13 October 2020, at 06:16
6 Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami, Bahannya Ada di Rumah Semua

Penyebab bibir kering dan pecah-pecah sangat banyak. Mulai dari faktor lingkungan seperti cuaca dan paparan sinar matahari, hingga kebiasaan sehari-hari seperti menjilat bibir, merokok, ataupun pemakaian produk kecantikan tertentu.

Cara praktis yang biasanya dilakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mengaplikasikan lip balm atau lip sleeping mask. Tapi, produk perawatan untuk bibir pecah-pecah tersebut umumnya hanya memberi solusi instan.

Supaya hasilnya tahan lama, kamu bisa merawat bibir secara alami. Apalagi, bahannya bisa ditemukan dengan mudah di rumah.

Penasaran gimana langkahnya? Simak cara mengatasi bibir kering secara alami berikut ini yuk!

1. Madu

Madu untuk Bibir Kering (Foto: phys.org)
phys.org

Cara mengatasi bibir kering dengan madu sudah dilakukan secara turun temurun. Seperti diketahui, bahan ini mempunyai kandungan antibakteri dan agen penyembuh yang ampuh untuk merawat bibir pecah-pecah.

Kamu tinggal mengoleskan madu pada bibir yang kering ataupun pecah-pecah dan tunggu selama 10-15 menit. Setelah itu, bilas hingga bersih dan lakukan cara ini setiap hari.

Baca juga: 5 Lip Serum Lokal yang Bagus untuk Menghilangkan Kerutan di Bibir

2. Minyak Kelapa

Cara Merawat Bibir (Foto: seedbodycare.com)
seedbodycare.com

Minyak kelapa dan zaitun mengandung asam lemak yang berkhasiat sebagai bahan pelembab alami yang bagus untuk menghidrasi bibir supaya tampilannya kembali lembap dan lembut.

Aplikasikan bahan ini sebagai pengganti lip balm, jadi nggak perlu dibilas. Kalau kondisi bibir pecah-pecah sudah teramat parah, kamu bisa menambahkan tea tree oil supaya proses penyembuhannya lebih cepat.

3. Mentimun

Cara Mengatasi Bibir Kering Secara Alami (Foto: timesofindia.indiatimes.com)
timesofindia.indiatimes.com

Potongan mentimun biasanya dipakai untuk mengatasi kantung mata. Tapi selain itu, kandungan hydrating agent di dalamnya bisa kamu manfaatkan untuk merawat bibir kering lho.

Caranya, potong tipis buah mentimun dan aplikasikan sebagai masker bibir. Kalau mau hasilnya maksimal, lakukan langkah ini dua kali sehari.

Baca juga: 8 Bahan Alami Untuk Memerahkan Bibir Secara Cepat, Harus Coba!

4. Kantung Teh

Kantung Teh (Foto: cadeau.nl)
cadeau.nl

Seperti mentimun, kantung teh sering dimanfaatkan sebagai cara alami mengatasi kantung mata. Kabar baiknya, kamu juga bisa menggunakannya untuk merawat bibir kering lho.

Hal ini dikarenakan teh hijau mengandung polifenol yang tinggi antioksidan, anti-inflamasi, dan mampu melindungi bibir dari efek buruk sinar matahari.

Langkah penggunaannya, rendam kantung teh di air panas selama beberapa menit, kemudian angkat dan diamkan. Setelah dingin, tempelkan pada bibir yang kering ataupun pecah-pecah.

5. Lidah Buaya

Lidah Buaya (Foto: vogue.in)
vogue.in

Cara mengatasi bibir kering dan mengelupas secara alami juga bisa dilakukan dengan lidah buaya. Sebab, bahan ini mampu mengelupas sel-sel kulit mati sekaligus menenangkan bibir yang pecah-pecah.

Langkahnya, pisahkan gel lidah buaya dari kulitnya lalu oleskan pada bibir sebagai pengganti lip sleeping mask. Lakukan cara ini setiap hari sebelum tidur.

6. Gula

Cara Membuat Scrub Bibir (Foto: timesofindia.indiatimes.com)
timesofindia.indiatimes.com

Cara merawat bibir kering ini cukup berbeda. Yaitu dengan mengeksfoliasi sel-sel kulit mati pada bibir yang mengelupas memakai gula.

Tekstur gula yang sedikit kasar sangat efektif dalam membuang sel-sel kulit mati supaya tampilan bibir kembali lembap dan lembut. Cara membuat scrub bibir alami ini juga gampang banget.

Kamu tinggal mencampurkan satu sendok gula putih atau gula merah dengan beberapa tetes minyak zaitun. Kemudian, gosokkan ke bibir dengan gerakan memutar secara lembut.

Setelah selesai, bilas dengan air hangat.

Itulah 6 cara mengatasi bibir kering secara alami dengan bahan-bahan yang ada di rumah. Gampang banget kan?