Qupas Beauty

6 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam Tanpa Perlu ke Salon

10 June 2020, at 07:00
6 Cara Mengatasi Rambut Kering dan Kusam Tanpa Perlu ke Salon

Rambut yang kering cenderung kekurangan kelembapan, rapuh, dan terlihat kusam. Penyebapnya pun ada banyak, mulai dari kesalahan dalam memilih produk perawatan, kekurangan nutrisi, hingga faktor lingkungan.

Untungnya, ada banyak cara mengatasi rambut kering dan mengembang yang terlihat kusam. Solusinya pun nggak selalu memakai produk perawatan ataupun treatment di salon. Tapi juga bisa dimulai dengan kebiasaan sederhana.

Langsung simak aja yuk 6 perawatan rambut kering dan mengembang yang bisa kamu mulai sendiri di rumah berikut ini!

1. Bersihkan rambut dengan baking soda

Shampo untuk Rambut Kering (Foto: shopify.com)
shopify.com

Rambut bisa jadi kusam dan kering karena menimbun residu dari polusi, juga berbagai produk yang kamu pakai. Kalau sudah begini, mulailah perawatan dengan membersihkan setiap helai rambut secara mendalam.

Caranya, dengan memakai baking soda. Kalau rambutmu pendek, bisa mencampurkan dua sendok baking soda dengan air hingga menjadi pasta.

Setelah itu aplikasikan pada rambut hingga ke akarnya sambil diiringi pijatan. Diamkan selama 5 menit lalu bilas dengan air dan ikuti dengan pemakaian conditioner. Perawatan ini bisa kamu lakukan 2-3 kali dalam sebulan.

2. Perkuat rambut dengan hair oil

Perawatan Rambut Kering dan Rontok (Foto: ijugaad.com)
ijugaad.com

Perawatan rambut kering dan mengembang yang wajib dilakukan adalah dengan memakai hair oil. Seperti contohnya menggunakan coconut oil atau argan oil setelah keramas.

Kalau rambutmu kering dan rapuh, bisa memakai hair oil sebelum tidur. Jangan lupa untuk menutupnya dengan shower cap dan biarkan semalaman ya, supaya bantalmu nggak kotor.

Baca juga: 6 Hair Oil Lokal yang Bagus untuk Mengatasi Berbagai Permasalahan Rambut

3. Pakai masker untuk merawat rambut kering

Masker untuk Merawat Rambut Kering (Foto: thrivemarket.com)
thrivemarket.com

Selain memakai produk perawatan rambut kering seperti shampo, conditioner, dan hair oil, kamu juga harus rutin mengaplikasikan masker rambut setidaknya dua kali dalam seminggu.

Masker untuk merawat rambut kering yang ada di pasaran cukup banyak, kamu nggak bakal kesulitan mencarinya. Atau kalau punya waktu luang, bisa bikin hair mask alami sendiri di rumah.

Bahan alami yang bisa kamu pakai juga banyak. Seperti contohnya dengan madu, minyak zaitun, lidah buaya, atau bahkan alpukat.

4. Kurangi penggunaan alat styling rambut

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Mengembang (Foto: pexels.com/@element5)
pexels.com/@element5

Masih pakai hair dryer dan catok setiap hari? Kebiasaan ini perlu ditinggalkan, terlebih lagi kalau kamu sedang mencari cara mengatasi rambut kering dan rontok.

Sebab, panas yang dihasilkan alat styling akan mengikis habis kelembapan rambut. Belum lagi, setiap tarikan ketika kamu mencatok bisa bikin rambut makin rontok.

5. Minum suplemen

Minum Suplemen Rambut (Foto: pexels.com/@polina-tankilevitch)
pexels.com/@polina-tankilevitch

Sebelum mulai perawatan rambut kering di salon, coba deh atasi masalah ini dari dalam. Ya, seperti halnya tubuh, rambut juga memerlukan nutrisi agar tetap sehat.

Cobalah mengonsumsi suplemen yang kaya akan vitamin dan mineral yang dibutuhkan rambut. Perawatan rambut kering ini tentunya bisa dicoba pria ataupun wanita.

6. Potong ujung rambut secara rutin

Cara Mengatasi Rambut Kering dan Bercabang (Foto: pexels.com/@cottonbro)
pexels.com/@cottonbro

Yang terakhir ada cara mengatasi rambut kering dan bercabang. Biar tampilannya kembali sehat dan berkilau, kamu perlu memotong ujungnya secara rutin.

Nggak perlu ke salon, kamu juga bisa memotong beberapa 2-3 cm rambutmu di rumah setiap dua bulan sekali.

Baca juga: Supaya Rambutmu Makin Indah, Ini 6 Cara Detox Kulit Kepala yang Mudah Dilakukan di Rumah

Itulah 6 cara mengatasi rambut kering dan kusam biar kembali berkilau. Nggak susah kan?