Qupas Healthy

6 Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan dengan Mudah dan Alami

09 December 2019, at 04:00
6 Cara Menghilangkan Dahak di Tenggorokan dengan Mudah dan Alami

Mengalami batuk berdahak memang bukan kondisi yang membahayakan. Meskipun demikian, hal tersebut seringkali mengganggu dan membuat seseorang merasa nggak nyaman.

Dahak sendiri sebenarnya merupakan mukus atau lendir yang dihasilkan di saluran pencernaan yang berfungsi untuk mengumpulkan pemicu alergi dan bakteri. Hal tersebut akan melindungi jaringan pada dinding saluran pernapasan dan menjaga kelembapannya.

obat pengencer dahak
doctoblog.com

Namun, batuk yang disertai dengan dahak biasanya akan menyebabkan rasa sakit saat menelan, pahit pada lidah, suara serak, demam, hingga sesak napas. Lantas, bagaimana cara mengatasinya?

Berikut ini 6 cara menghilangkan dahak di tenggorokan dengan alami dan mudah dilakukan. Catat ya!

1. Air Garam

cara menghilangkan dahak di dada
doktersehat.com

Cara menghilangkan dahak secara alami yang pertama adalah menggunakan air garam. Rutin berkumur dengan larutan bahan dapur ini efektif mengurangi iritasi serta membunuh kuman di saluran tenggorokan lho.

Cukup campurkan tiga per empat teh garam ke dalam setengah gelas air hangat. Kemudian, gunakanlah untuk berkumur selama 30 sampai 60 detik sambil mendongak agar air garam mencapai tenggorokan. Lakukan secara rutin untuk hasil yang maksimal.

2. Bawang

cara menghilangkan dahak pada anak
thespruceeats.com

Selain berkumur dengan air garam, kamu juga bisa memanfaatkan bawang sebagai salah satu cara menghilangkan dahak di tenggorokan lho. Rempah yang satu ini memang diangap sebagai pengencer dahak alami atau ekspektoran dalam tubuh.

Mengandung senyawa iritasi, bawang dapat merangsang seseorang untuk batuk dan mengelurkan dahak.

Menambahkan potongan bawang ke dalam sup hangat merupakan cara menghilangkan dahak pada anak atau orang tua yang tepat karena nggak terasa seperti obat.

3. Madu

cara menghilangkan dahak pada bayi
phys.org

Cara mengeluarkan dahak yang selanjutnya yaitu menggunakan madu. Sebuah studi yang dilakukan pada anak-anak menyatakan bahwa bahan ini efektif menyembuhkan radang tenggorokan dan menghilangkan dahak secara cepat.

Mencampurkan madu ke dalam teh tawar hangat merupakan cara menghilangkan dahak pada bayi di atas satu tahun yang bisa dilakukan.

Baca Juga: Ajaib, Inilah 8 Obat Batuk Alami yang Ampuh Banget!

4. Jahe

cara menghilangkan dahak di tenggorokan
shutterstock.com

Obat pengencer dahak alami yang satu ini sangat mudah di dapatkan. Selain sering dijadikan sebagai penyedap berbagai masakan, jahe memang dianggap ampuh mengobati berbagai masalah kesehatan.

Konsumsilah jahe dengan cara memotong atau menggepreknya, kemudian campurkan dengan minuman hangat.

5. Uap Hangat

cara mengeluarkan dahak
agefotostock.com

Kamu juga bisa menggunakan uap hangat untuk mengeluarkan lendir di tenggorokan. Menghirupnya akan membuat dahak menjadi lebih lunak dan bisa keluar dengan lebih mudah.

Siapkan mangkuk besar kemudian isilah dengan air hangat. Kemudian, condongkan tubuh ke dekat mangkuk dan hiruplah uapnya secara perlahan. Kalau bisa gunakanlah handuk di kepala agar uap memenuhi sekitar wajah saja.

6. Daun Mint

cara menghilangkan dahak
doktersehat.com

Cara menghilangkan dahak di dada selanjutnya adalah dengan menggunakan daun mint. Bahan alami yang satu ini mengandung mentol yang berfungsi untuk mengurangi produksi dahak serta mampu meluruhkan lendir yang menebal.

Kamu bisa memasukkan daun mint ke dalam teh hangat agar dahak segera menghilang.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa cara alami menghilangkan dahak yang bisa kamu lakukan di rumah. Mudah, kan?