Qupas Beauty

6 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Wajib Dicoba Saat WFH!

23 April 2020, at 09:31
6 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Wajib Dicoba Saat WFH!

Di tengah situasi pandemi virus Corona seperti sekarang ini, kamu pastinya lebih punya banyak waktu di rumah. Entah karena Work From Home (WFH) atau menerapkan Social Distancing.

Nah, biar nggak bosan, kamu bisa memanfaatkan waktumu di rumah untuk memaksimalkan perawatan wajah. Salah satunya dengan cara menghilangkan jerawat menggunakan bahan alami.

Terlebih lagi, obat jerawat alami bisa kamu buat sendiri dari berbagai sayur ataupun bahan makanan yang ada di rumah lho. Penasaran gimana cara membuatnya? Yuk langsung simak berikut ini!

1. Yoghurt

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat (Foto: freeimageslive.co.uk)
freeimageslive.co.uk

Punya kandungan vitamin D, protein, dan probiotik, yoghurt biasa dikonsumsi untuk menyehatkan pencernaan. Tapi tahu nggak sih, olahan susu ini juga bisa dipakai sebagai cara menghilangkan jerawat secara alami lho.

Kamu tinggal mengaplikasikan plain yoghurt secara merata ke seluruh wajah dan diamkan selama 30 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

Supaya jerawat cepat hilang, lakukan langkah tersebut dua kali dalam seminggu.

2. Cuka Apel

Cara Mengatasi Jerawat dengan Cuka Apel (Foto: gastronomicspain.com)
gastronomicspain.com

Cuka apel termasuk salah satu bahan alami yang banyak digunakan para selebriti Hollywood untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Kamu pun wajib memanfaatkannya sebagai cara mengobati jerawat dengan cepat.

Hal ini karena cuka apel kaya akan asam malat yang berfungsi sebagai antibakteri dan antiseptik untuk mencegah timbulnya jerawat. Selain itu, ada pula AHA dan Acetic Acid yang mampu menjaga pori-pori supaya bebas dari debu dan kotoran lainnya.

Baca juga: DIY Perawatan Wajah ala Selebriti Hollywood yang Ternyata Mudah Banget, Coba Yuk!

3. Madu

Cara Mengobati Jerawat dengan Cepat (Foto: pexels.com/@valeriya)
pexels.com/@valeriya

Madu punya sifat antibakteri dan anti-inflamasi yang akan membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Supaya manfaatnya lebih efektif, coba buat masker madu dengan campuran bubuk kayu manis.

Kamu bisa campurkan madu dengan kayu manis lalu aplikasikan secara merata ke seluruh wajah. Diamkan selama 15 menit kemudian bilas dengan air hangat.

Cara mengatasi jerawat ini bisa dilakukan 2-3 kali dalam satu minggu.

4. Kunyit

Cara Alami Menghilangkan Jerawat dengan Kunyit (Foto: grabone.co.nz)
grabone.co.nz

Kandungan kurkumin yang dimiliki kunyit bisa berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi. Itulah mengapa, rempah ini sangat ampuh untuk membasmi sekaligus menghilangkan bekas jerawat.

Kamu cukup oleskan kunyit yang telah dihaluskan ke area yang diinginkan. Diamkan selama kurang lebih 30 menit, lalu bilas dengan air hangat.

5. Wortel

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat dengan Wortel (Foto: pexels.com/@mali)
pexels.com/@mali

Siapa sangka, wortel yang selama ini dikenal bagus untuk menjaga kesehatan mata ternyata juga bisa dipakai sebagai cara alami menghilangkan jerawat.

Hal ini karena wortel mengandung betakaroten yang mampu mengontrol produksi sebum sekaligus mencegah dan mengobati jerawat. Untuk mengubahnya menjadi masker, kamu bisa menghaluskan buahnya lalu aplikasikan ke seluruh wajah selama 15 menit.

Setelah itu, bilas hingga bersih. Hmm, manfaat wortel untuk kecantikan ternyata luar biasa ya!

6. Lidah Buaya

(Cara Menghilangkan Jerawat Batu dengan Lidah Buaya (Foto: planetorganic.com)
planetorganic.com

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan memang banyak banget. Salah satunya bisa membantu meredakan peradangan akibat jerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat memakai lidah buaya pun mudah. Oleskan langsung gel-nya yang sudah dibersihkan ke wajah secara rutin setiap hari.

Nah, itulah 6 cara menghilangkan jerawat secara alami dari bahan-bahan yang bisa kamu temukan di rumah. Wajib coba saat kamu WFH nih!