6 Cara Menghilangkan Komedo yang Paling Ampuh, Dijamin Nggak Balik Lagi

14 November 2019, at 18:00
0
0
6 Cara Menghilangkan Komedo yang Paling Ampuh, Dijamin Nggak Balik Lagi

Meski nggak berbahaya, tampilan blackheads yang berupa titik-titik hitam dan whiteheads yang menonjol keluar bisa sangat mengganggu penampilan. Tekstur di beberapa area wajah pun jadi kurang mulus.

Belum lagi, masalah ini terkadang sulit untuk dibasmi dan selalu datang kembali. Kira-kira bagaimana cara menghilangkan komedo yang ampuh ya?

Nggak perlu bingung lagi, karena Qupas akan memberimu 6 cara menghilangkan komedo hitam dan putih yang membandel. Simak langsung yuk!

1. Memakai Salicylic Acid

salycilic acid
beautybay.com

Dikutip dari allure.com, salicylic acid atau asam salisilat adalah bahan aktif skincare yang bisa jadi pilihan tepat untuk menghilangkan komedo. Caranya, cukup oleskan langsung pada area yang bermasalah dan lihat hasilnya setelah beberapa minggu pemakaian.

Selain salicylic acid, retinoid dan benzoil peroksida juga bisa kamu pakai sebagai cara membersihkan komedo. Tapi pemilik kulit sensitif baiknya lebih berhati-hati dengan kedua bahan tersebut.

2. Memakai Clay Mask

memakai clay mask
instagram.com/lorealskin

Kalau kamu mencari skincare untuk komedo, pilih saja clay mask atau masker dengan bahan tanah liat. Karena selain bagus untuk merawat kulit berminyak, cara kerjanya pun bisa mengangkat berbagai kotoran hingga ke dalam pori-pori (deep cleansing).

Terlebih lagi, cara menghilangkan komedo yang membandel dengan clay mask hanya perlu kamu lakukan seminggu sekali lho.

3. Memakai Skincare Berbahan AHA dan BHA

skincare berbahan aha
instagram.com/somebymi

Kamu juga bisa menghilangkan komedo dengan rajin melakukan eksfoliasi wajah untuk mengikis sel-sel kulit mati yang menumpuk. Baiknya gunakan produk peeling atau exfoliating toner yang mengandung AHA atau BHA.

Tips lainnya yang bisa kamu lakukan sebagai cara menghilangkan komedo putih dan blackheads adalah dengan memilih water-based skincare dan memakai makeup juga produk perawatan berlabel non-comedogenic.

Baca juga: 5 Jenis AHA dalam Skincare yang Bisa Bikin Wajah Sebening Kaca

4. Tea Tree Oil

skincare tea tree
instagram.com/thebodyshopindo

Cara menghilangkan komedo di hidung dengan minyak esensial yang satu ini juga banyak disukai. Karena tea tree oil sendiri dikenal mengandung senyawa anti-inflamasi dan anti-mikroba yang mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain mengoleskan tea tree oil secara langsung, kamu juga bisa memakai skincare berbahan ekstrak tea tree lainnya yang sekarang ini nggak sulit ditemukan di pasaran.

5. Scrub dengan Oatmeal

memakai scrub wajah
instagram.com/nuxefrance

Bukan cuma nikmat saat dikonsumsi, manfaat oatmeal bagi kecantikan ternyata cukup banyak. Bahkan nggak sedikit pula yang menggunakannya sebagai cara menghilangkan komedo secara alami.

Caranya pun gampang, kamu tinggal mencampur oatmeal dengan yoghurt. Setelah itu gunakan pasta ini sebagai scrub di area yang berkomedo dan iringi dengan pijatan lembut.

Diamkan selama 10-15 menit, lalu bilas dengan air hangat. Kamu bisa lakukan ritual ini 2 kali dalam seminggu untuk dapatkan hasil yang maksimal.

6. Masker Alami

memakai masker melon
familysta.com

Kalau mau mencoba cara menghilangkan komedo secara alami lainnya, kamu bisa meracik masker sendiri dari lemon dan madu. Langkahnya, belah lemon menjadi dua bagian lalu siramkan sedikit madu di atasnya.

Setelah itu, oleskan pada bagian yang berkomedo dan diamkan 10-15 menit. Bilas dengan air hangat agar semua komedo luruh.

Nah, itulah beberapa cara menghilangkan komedo yang membandel biar nggak balik lagi. Selamat mencoba!

Topics:

0 Comment