6 Cara Menjadi Ayah yang Hebat, Bisa Membentuk Anak Berbakat

28 November 2019, at 17:00
0
0
6 Cara Menjadi Ayah yang Hebat, Bisa Membentuk Anak Berbakat

Memiliki anak merupakan keinginan dan anugerah bagi hampir semua pasangan yang sudah menikah. Menjadi orang tua adalah tugas yang luar biasa mengharukan sekaligus menantang.

Banyak orang yang menanggap bahwa ibu adalah sosok penting yang harus hadir di kehidupan anak. Padahal, peran ayah juga nggak kalah krusial lho!

Menjadi ayah merupakan sebuah tantangan tersendiri bagi setiap pria, terlebih tentang cara mendidik dan menjadi ayah hebat untuk anak. Eits tenang saja, Qupas punya tipsnya seperti di bawah ini.

1. Menjadi Suami yang Baik

menjadi ayah hebat
sobieskiinc.com

Sebelum menjadi ayah hebat untuk anak, pertama-tama kamu perlu mejadi suami yang hebat terlebih dahulu untuk istrimu. Menjadi suami yang baik akan menciptakan suasana rumah tangga yang harmonis dan penuh cinta.

Bukan hanya perihal materi, namun kamu juga perlu menghargai, memahami, dan mencintai pasangan sepenuh hati. Menjadi ibu, mengurus rumah tangga, dan lain sebagainya bukanlah sesuatu yang mudah. Oleh sebab itu, jangan ragu untuk mengulurkan bantuan ya!

2. Perlakukan Anak dengan Adil

ayah dan anak
countryliving.com

Cara menjadi ayah yang hebat untuk anak selanjutnya adalah dengan memperlakukan buah hati secara adil. Nggak hanya bayi lho yang butuh diperhatikan. Semakin besar usia si kecil, maka kebutuhan akan kasih sayang pun semakin besar.

Cobalah untuk memperlakukan anak seperti kamu ingin diperlakukan dulu saat masih seusianya. Hal tersebut akan lebih adil dan menyenangkan bagi buah hati karena kamu memahaminya.

3. Jangan Ragu Menunjukkan Kasih Sayang

kasih sayang ayah
gettyimages.com

Sebagai seorang laki-laki dan kepala keluarga di rumah, ayah mungkin dituntut untuk menjadi sosok yang tegas dan berwibawa. Namun hal ini nggak seharusnya membuat kamu ragu-ragu atau gengsi menunjukkan kasih sayangmu pada buah hati.

Untuk menjadi ayah hebat bagi anak pun, kamu harus tegas menunjukkan rasa cintamu padanya. Mulai dari mengucapkan “aku mencitaimu” pada buah hati, memberikan pelukan, ciuman, atau sekadar mengelus kepala bisa kamu lakukan.

Baca Juga: Nggak Cuma Ibu, Ayah Juga Punya Peranan Penting dalam Perkembangan Si Kecil

4. Menjadi Contoh Bagi Anak

ayah hebat
independent.co.uk

Anak adalah cerminan orang tua dan sosok ayah menjadi sangat penting dalam hal ini. Maka dari itu, kamu akan menjadi ayah hebat apabila bisa menjadi contoh yang baik untuk buah hati.

Mulai dari tingkah laku sehari-hari, caramu menunjukkan kasih sayang, sampai bagaimana kamu marah akan menjadi acuan untuk si kecil. Sehingga, bijaklah dalam berperilaku ya!

Ketika gagal pun, anak bisa mengambil pelajaran dari apa yang sudah ayahnya alami. Kamu bisa memberikan pengertian kepada si kecil mengapa hal tersebut bisa terjadi dan ia sebaiknya nggak melakukan kesalahan yang sama.

5. Mengikuti Perkembangan Anak

menjadi orang tua
countryliving.com

Ayah yang baik dan hebat akan mengikuti segala perkembangan anak. Meskipun mungkin nggak bisa selalu hadir seutuhnya, kamu harus mengetahui kemajuan yang terjadi pada kehidupan buah hati.

Mulai dari hal-hal kecil seperti tanggal gigi susu yang pertama, jatuh dari sepeda, siapa sahabatnya yang paling dekat, dan lain sebagainya.

6. Nikmati Peranmu Sebagia Ayah

peran ayah
123rf.com

Cara menjadi ayah hebat selanjutnya adalah dengan menikmati peran tersebut. Meskipun terkesan sepele, namun hal yang satu ini sangat penting lho!

Menikmati peran sebagai ayah sepenuh hati akan membuatmu lebih mudah melakukan segala hal yang terbaik untuk anak dengan tulus dan bahagia.

Nah, itu dia Sobat cara menjadi ayah hebat untuk anak versi Qupas. Selamat mencoba ya!

0 Comment