Qupas Family

6 Cara Mudah Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini, Yuk Terapkan!

28 January 2020, at 10:00
6 Cara Mudah Menumbuhkan Minat Baca Anak Sejak Dini, Yuk Terapkan!

Membaca merupakan kebiasaan yang harus ditanamkan sejak dini kepada buah hati. Meskipun terkesan membosankan, akan tetapi kegiatan tersebut memiliki banyak manfaat lho.

Selain bisa menambah ilmu serta berpikir lebih kritis dan bijak, sebuah penelitian dari Purdue University membuktikan bahwa anak-anak preschool (usia 3 sampai 5 tahun) yang sering membaca buku cenderung berperilaku lebih baik.

Sayangnya, nggak banyak anak Indonesia yang memiliki kebiasaan tersebut. Untuk mengatasinya, orang tua bisa menumbuhkan minat baca anak sejak dini dengan cara berikut ini.

1. Bacakan Buku untuk Anak

Ilustasi Mendongeng (Foto: pexels.com/@cottonbro)
pexels.com/@cottonbro

Cara menumbuhkan minat baca anak sejak dini adalah dengan membacakan buku cerita atau mendongeng setiap hari sejak si kecil bayi. Lakukan kegiatan tersebut saat senggang atau sebelum tidur.

Kebiasaan tersebut secara nggak langsung akan mempengaruhi buah hati dan membuatnya terbiasa dengan kegiatan membaca saat sudah beranjak dewasa.

2. Membuat Jadwal Khusus untuk Membaca Bersama

Ilustrasi Membaca Buku (Foto: pexels.com/@mentatdgt-330508)
pexels.com/@mentatdgt-330508

Orang tua juga bisa membuat jadwal khusus untuk membaca bersama demi menanamkan kebiasaan positif tersebut sejak dini. Apabila si kecil belum bisa membaca, manfaatkan waktu ini untuk mengajarinya.

Membuat jadwal rutin untuk membaca bersama akan membuat buah hati terbiasa. Nggak perlu lama-lama cukup 10 sampai 15 menit saja. Durasi membaca akan bertambah seiring dengan berjalannya waktu.

Selain membuat anak terbiasa, kegiatan tersebut juga akan memberikan contoh kepada si kecil bahwa membaca merupakan hal yang menyenangkan dan digemari oleh semua anggota keluarga.

3. Ajaklah ke Perpustakaan

Anak di Perpustakaan (Foto: medium.com)
medium.com

Cara menanamkan minat baca kepada anak lainnya adalah dengan mengajaknya mengunjungi toko buku dan perpustakaan. Jangan khawatir, saat ini sudah banyak perpustakaan yang menyediakan ruangan khusus anak-anak lho!

Biarkan si kecil memilih buku yang ia suka (tentu saja, yang sesuai dengan usianya). Kemudian, minta buah hati untuk membacanya.

Baca juga: Manfaat Membaca untuk Perkembangan Buah Hati, Yuk Biasakan Sejak Dini!

4. Sediakan Buku Sesuai Usia

Mendongeng (Foto: pexels.com/@lina-kivaka-593836)
pexels.com/@lina-kivaka-593836

Orang tua juga bisa menyediakan buku-buku yang sesuai dengan usia anak untuk menumbuhkan minat baca.

Letakkan buku-buku tersebut di beberapa tempat yang mudah dijangkau oleh si kecil agar ia bisa membacanya kapan saja.

5. Ajak Anak Berdiskusi

Membaca Buku dengan Anak (Foto: pexels.com/@littlesoad)
pexels.com/@littlesoad

Apabila buah hati sudah cukup pintar diajak berkomunikasi, ajaklah si kecil untuk berdiskusi. Mintalah anak untuk menanggapi cerita yang kamu bacakan atau yang sudah ia baca.

Orang tua juga bisa meminta anak menceritakan tokoh mana yang ia suka atau bagian cerita mana yang membuatnya tertarik. Selain membuat si kecil lebih suka membaca, hal ini juga akan mengasah keterampilan buah hati untuk berkomunikasi.

6. Jangan Paksa!

Minat Baca Anak (Foto: stock.adobe.com)
stock.adobe.com

Selain cara-cara di atas, orang tua juga harus memastikan bahwa si kecil melakukannya tanpa paksaan. Saat merasa dipaksa, anak akan tertekan dan justru membenci kegiatan yang diperintahkan.

Maka dari itu, pastikan buah hati melakukannya dengan sukarela sehingga membaca bisa menjadi kebiasaan yang menyenangkan.

Jadi gimana Sobat Qupas, cukup mudah kan caranya? Yuk terapkan sejak dini supaya si kecil tumbuh mejadi pribadi yang lebih cerdas!