6 Dampak Serius Ketika Kamu Sering Terkena Polusi Udara

12 November 2018, pada 10:00
1
0
6 Dampak Serius Ketika Kamu Sering Terkena Polusi Udara

Buat kamu yang hidup di wilayah perkotaan, bukan hal aneh lagi jika dalam aktivitas sehari-hari selalu terpapar polusi udara.

Polusi tersebut bisa dari kendaraan bermotor, asap rokok, atau kepulan asap dari pabrik.

Tentu saja hal tersebut adalah sebuah ancaman bagi kesehatanmu sehingga sebisa mungkin harus dihindari atau mengurangi intensitasnya dengan mengenakan masker.

Sebab, ketika tidak memerhatikan hal ini, akan ada banyak kerugian yang akan kamu alami. Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah 6 dampak serius akibat polusi udara:

1. Batuk Kronis

batuk
hellosehat.com

Polusi udara mengandung berbagai senyawa kimia serta racun yang berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Ketika masuk ke dalam, maka akan mengacaukan fungsi tubuh. Salah satunya adalah menginfeksi tenggorokan sehingga kamu akan mengalami batuk kronis yang sulit disembuhkan.

2. Infeksi Paru-Paru

infeksi paru
alodokter.com

Infeksi paru-paru atau pneumonia yang sangat mematikan. Sudah banyak korban nyawan meregang akibat menderita penyakit ini.

Salah satu penyebabnya adalah polusi udara. Ketika racun dan radikal bebas sudah menempel pada paru-paru maka akan mengganggu kinerjanya yang akan membuat infeksi.

Baca juga: Kenapa Pegawai Kantoran Rentan Terkena Serangan Jantung? Ternyata ini Penyebabnya

3. Menderita Asma

asma
nucca.org

Asma merupakan salah satu penyakit umum yang ditakuti oleh kebanyakan orang. Sebab ketika sudah kambuh, rasanya sungguh menyiksa karena susah bernapas.

Nah, sebelum kamu menderita penyakit ini alangkah baiknya untuk menjaga diri dengan menggunakan masker setiap ke luar rumah untuk mengurangi pengaruh polusi udara.

4. Penyakit Mata

sakit mata
alodokter.com

Selanjutnya, polusi udara juga bisa merugikan kesehatan mata. Sebab kepulan asap tersebut tercipta dari senyawa kimia yang berbahaya. Jika terpapar ke mata secara langsung, akan memengaruhi otot serta syaraf mata. Kemungkinan terburuk adalah mengalami kebutaan.

5. Sakit Kepala

sakit kepala
hellosehat.com

Pernahkah kamu merasa pusing dan sakit kepala ketika tidak sengaja menghirup asap rokok?

Ya, itu tidak ada bedanya dengan kepulan asap dari polusi udara yang jumlahnya sangat banyak. Jika kamu terus-menerus menghirupnya, maka besar kemungkinan kamu akan mengalami sakit kepala yang tiada henti.

6. Penurunan Kinerja Otak

lelah kerja
beritagar.id

Penelitian terbaru menyebutkan jika polusi udara sangat berperan dalam penurunan kinerja otak. Hal tersebut dikarenakan senyawa dan racun dari polusi tersebut bisa memengaruhi hormonal dalam tubuh.

Akibatnya, otak tidak bisa ternutrisi dengan baik sehingga mengalami penurunan kinerja.

Nah, itulah beberapa dampak serius dari polusi udara yang harus kamu waspadai. Jangan lupa pakai masker atau pelindung lainnya, ya!

0 Komentar