Qupas Beauty

6 DIY Body Scrub dari Bahan Alami yang Bisa Kamu Bikin Saat Karantina Diri

03 May 2020, at 07:01
6 DIY Body Scrub dari Bahan Alami yang Bisa Kamu Bikin Saat Karantina Diri

Apa kegiatan favortimu saat melakukan karantina diri di rumah untuk menghindari virus Corona? Beberapa dari kalian mungkin memilih memaksimalkan perawatan wajah.

Biar cantiknya merata, harusnya kamu juga nggak boleh melewatkan perawatan kulit tubuh. Salah satunya dengan mengeksfoliasi kulit memakai body scrub.

Terlebih lagi, kamu bisa membuat body scrub alami sendiri lho. Caranya pun nggak kalah gampang dari meracik scrub wajah alami.

Penasaran gimana caranya? Yuk langsung simak 6 resep DIY body scrub yang bisa kamu buat saat #dirumahaja berikut ini!

1. Body Scrub Gula Merah

Membuat Body Scrub Alami dari Gula Merah (Foto: simple-veganista.com)
simple-veganista.com

Bagi pemilik kulit sensitif, bisa coba cara membuat body scrub alami dari gula merah. Sebab, pemanis makanan yang satu ini teksturnya lebih lembut daripada gula pasir, sehingga nggak akan memicu iritasi.

Langkah membuatnya, campurkan satu cup gula merah, setengah cup coconut oil, dan 5-6 tetes minyak esensial (bisa rose atau lavender). Setelah itu, langsung aplikasikan ke seluruh badan dan iringi dengan pijatan supaya kulit mati bisa terangkat.

2. Body Scrub Mawar

Membuat Body Scrub Alami untuk Kulit Kering (Foto: bydreamsfactory.com)
bydreamsfactory.com

Selanjutnya ada resep membuat body scrub alami untuk kulit kering. Bahannya terdiri dari:

  • Setengah cup gula pasir
  • Setengah cup minyak kelapa
  • Setengah cup kelopak bunga mawar
  • 5-6 tetes minyak esensial bunga mawar

Bahan-bahan tersebut tinggal kamu campurkan dan ratakan ke seluruh tubuh. Selain bikin kulit glowing, racikan ini juga ampuh untuk menjaga kelembapan kulit.

3. Body Scrub Kopi

Cara Membuat Scrub Kopi (Foto: tasteofhome.com)
tasteofhome.com

Kopi, pastinya bahan ini mudah ditemukan di rumah. Kamu tinggal ambil sebanyak satu cup, kemudian campurkan dengan satu cup gula pasir dan setengah cup coconut oil.

Cara membuat scrub kopi sangat mudah. Dan kabar baiknya lagi, kandungan antioksidan di dalamnya juga dipercaya efektif mencegah tanda-tanda penuaan dan menghilangkan selulit lho.

Baca juga: Cara Membuat Lulur Alami untuk Memutihkan Kulit Tubuh, Terbukti Berhasil

4. Body Scrub Green Tea

Membuat Body Scrub Alami dari Green Tea (Foto: howmade.ru)
howmade.ru

Untuk merawat kulit berminyak, bisa coba resep yang satu ini. Yaitu DIY body scrub dari kombinasi satu cup gula pasir, beberapa tetes olive oil, seperempat cup green tea yang diseduh, dan satu kantong teh hijau.

Bila diaplikasikan secara rutin, green tea akan membantu mengeksfoliasi kulit sekaligus mengeluarkan kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori. Hasilnya, wajah bakalan terasa lebih segar dan lembap.

5. Body Scrub Tomat

Cara Membuat Body Scrub Alami dari Tomat (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Membuat body scrub alami dari tomat yang kaya akan vitamin A dan C bisa mendatangkan segudang manfaat. Mulai dari mencegah jerawat di punggung, mencerahkan kulit, meratakan warna kulit, dan membuat kulit lebih halus.

Caranya, kamu tinggal menghaluskan tiga buah tomat dan campurkan dengan satu cup gula pasir. Aplikasikan ke tubuh dan iringi dengan pijatan lembut.

6. Body Scrub Lemon

Cara Membuat Lulur Alami untuk Memutihkan Tubuh (Foto: freutcake.com)
freutcake.com

Berniat membuat body scrub untuk mencerahkan kulit? Coba ambil manfaat dari buah lemon.

Langkahnya, campurkan satu cup gula pasir, lima sendok olive oil, perasan dari satu buah lemon, dan satu setengah sendok kulit lemon yang telah diparut. Setelah itu, gosokkan scrub ini secara merata ke tubuhmu dengan gerakan memutar.

Itulah beberapa cara membuat body scrub secara alami untuk beragam jenis kulit. Mana nih yang paling pas dengan kebutuhan kulit tubuhmu?