Qupas Weekend

6 Drama Korea Paling Kontroversial yang Raih Rating Tinggi, Ada Favoritmu?

05 November 2020, at 09:04
6 Drama Korea Paling Kontroversial yang Raih Rating Tinggi, Ada Favoritmu?

Selain banjir pujian, nggak jarang sejumlah Drama Korea menuai kritikan dari para fans. Penyebabnya macam-macam, misalnya karena ide cerita dengan isu yang dianggap tabu oleh masyarakat.

Bahkan, ada drama Korea yang menuai kontroversi hingga membuat netizen marah. Meskipun demikian, beberapa diantaranya tetap bisa mendapatkan rating yang bagus dan membuat penonton jatuh cinta seperti beberapa judul berikut ini.

1. It's Okay to Not Be Okay (2020)

It's Okay to Not Be Okay Drama Korea Rating Tinggi (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Sulit dipungkiri, “It's Okay to Not Be Okay” sukses menjadi salah satu drama Korea terbaru yang paling populer dan meraih rating tinggi.

Namun dibalik kepopulerannya tersebut, drama Korea yang dibintangi oleh Kim Soo Hyun dan Seo Ye Ji ini sempat menuai kontroversi lho! Hal tersebut muncul setelah “It's Okay to Not Be Okay” menayangkan episode ke-3.

Adegan Ko Moon Young (Seo Ye Ji) masuk ke ruangan saat Moon Gang Tae (Kim Soo Hyun) berganti pakaian lah penyebabnya. Sebagian orang menilai bahwa adegan tersebut mengandung unsur pelecehan seksual, terutama saat Moon Young menyentuh dada Gang Tae tanpa izin.

2. Backstreet Rookie (2020)

Backstreet Rookie Drama Korea Kontroversial (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

“Backstreet Rookie” sudah mengundang kontroversi sejak awal penayangannya. Pasalnya, drama Korea yang diadaptasi dari webtoon dewasa bertajuk “Convenience Store Saet-byul” ini dianggap masih menampilkan terlalu banyak adegan sensual meskipun sudah dilabeli sebagai tontonan keluarga.

Adegan yang dimaksud yaitu ciuman antara pria dewasa dan gadis SMA, penampakan sketsa perempuan telanjang, adanya tempat prostitusi ilegal, dan masih banyak lagi.

Terlebih lagi, image Kim Yoo Jung (pemeran tokoh utama Jung Saet Byul) sebagai aktris cilik masih melekat di masyarakat. Akibatnya, drakor yang juga dibintangi oleh Ji Chang Wook ini mendapatkan lebih dari 6 ribu komplain. Meski begitu, “Backstreet Rookie” berakhir dengan rating tinggi.

3. Mr. Sunshine (2018)

Mr. Sunshine Drama Korea Terbaik (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Sampai saat ini, “Mr. Sunshine” masih menempati posisi keenam drama Korea dengan rating tertinggi sepanjang masa. Dibintangi oleh artis ternama seperti Kim Tae Ri, Lee Byung Hun, dan Yoo Yeon Seok, drakor ini juga dinobatkan sebagai Drama Terbaik pada ajang APAN Star Awards.

Namun, drama Korea yang naskahnya ditulis oleh Kim Eun Sook ini nggak lepas dari sejumlah kontroversi. Hal tersebut disebabkan oleh konsep ceritanya yang dianggap melenceng dari sejarah dan dianggap meromantisasi pro Jepang melalui tokoh Goo Dong Mae.

Baca juga: 10 Drama Korea Paling Populer Sepanjang Masa, Favoritmu Ada?

4. My Mister (2018)

My Mister Drama Korea Kontroversial Rating Tinggi (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

“My Mister” juga menuai kontroversi sejak penayangan pertamanya. Alasannya, drama ini mengandung unsur lolita complex, yakni tentang wanita berusia 21 tahun (diperankan Lee Ji Eun alias IU) yang jatuh cinta dengan laki-laki berusia 45 tahun (diperankan Lee Sun Kyun).

Namun, para pemeran drama yang memiliki judul lain “My Ahjussi” ini kemudian memberikan klarifikasi bahwa cerita nggak berfokus pada hubungan percintaan melainkan perjuangan kehidupan.

Pada akhirnya, drama Korea yang mengudara pada tahun 2018 ini berhasil membawa pulang piala Baeksang Arts Awards 2019 sebagai Drama Terbaik.

5. Goblin (2016)

Goblin Rekomendasi Drama Korea Rating Tinggi (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Sama seperti “My Mister”, jarak usia tokoh utama “Goblin” yang terpaut jauh juga membuat penonton nggak nyaman. Kisah cinta antara anak SMA bernama Ji Eun Tak (Kim Go Eun) dengan Kim Shin (Gong Yoo) si Goblin berperawakan 30 tahunan (usia sebenarnya 939 tahun) ini pun menuai kritik.

Walaupun penanyangannya sempat ditolak oleh warganet, namun cerita yang menarik dan akting yang ciamik tetap membuat banyak orang jatuh cinta dengan drama Korea populer yang satu ini.

6. The K2 (2016)

The K2 Rekomendasi Drama Korea Rating Tinggi (Foto: mydramalist.com)
mydramalist.com

Terakhir, ada “The K2” yang dibintangi oleh Ji Chang Wook dan Yoona SNSD. Mendapatkan rating tinggi, ternyata serial televisi Korea Selatan yang satu ini juga sempat menghadirkan protes dari penonton.

Hal tersebut disebabkan karena kesalahan dalam representasi wanita muslim melalui karakter cinta pertama dari Kim Je Ha (Ji Chang Wook), Raniya. Selain itu, adegan perkelahian di sauna yang menampilkan pria dewasa telanjang juga dianggap nggak pantas.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa drama Korea kontroversial yang meraih rating tinggi. Kamu punya rekomendasi lain nggak?