6 Efek Negatif Sulam Alis Bagi Kesehatan, Lumayan Ngeri lho!

19 September 2018, at 14:44
0
0
6 Efek Negatif Sulam Alis Bagi Kesehatan, Lumayan Ngeri lho!

Beberapa tahun terakhir muncul tren sulam alis sebagai salah satu cara untuk mempercantik diri. Sulam alis merupakan sebuah teknik untuk menebalkan alis dengan menanam pigmen pada lapisan epidermis agar terlihat lebih jelas dan rapi. Banyak wanita yang tertarik untuk melakukan prosedur ini supaya tidak perlu menggunakan make up lagi. Kamu salah satunya?

Meski sangat membantu untuk menunjang penampilan, namun kamu perlu waspada sebelum melakukan prosedur ini. Kalau tidak hati-hati, sulam alis bisa berbahaya bagi kesehatan lho. Nah, berikut ini adalah 6 efek negatif dari sulam alis bagi kesehatan yang wajib untuk kamu ketahui.  

Baca Juga: Cara Ini Bisa Bikin Alismu Tebal Secara Alami

1. Menyebabkan Iritasi

satujam.com

Memiliki tipe kulit sensitif tentunya membutuhkan perhatian yang lebih karena rentan terhadap beberapa masalah kulit. Salah menggunakan produk kosmetik saja bisa menimbulkan iritasi. Untuk kamu yang punya kulit sensitif, sebaiknya tidak melakukan sulam alis.

klimg.com

Tinta yang digunakan untuk sulam alis bisa menimbulkan iritasi di area sekitar mata. Tanda-tanda iritasi yang muncul biasanya adalah adanya bercak merah pada alis, rasa panas, hingga bengkak.    

2. Menyebabkan Infeksi

ytimg.com

Efek yang lebih parah dari iritasi adalah terkena infeksi. Infeksi bisa dipicu dari penggunaan tinta yang mengandung bahan kimia. Selain itu bisa juga disebabkan oleh benda-benda asing atau kuman yang menempel pada peralatan sulam yang tidak steril.

tstatic.net

Infeksi bisa mengakibatkan daerah di sekitar mata membengkak. Infeksi yang berlanjut dan tidak kunjung sembuh akan memicu munculnya nanah.

3. Merusak Lapisan Epidermis Kulit

ngjuann.com

Prosedur yang dilakukan saat sulam alis adalah menanam pigmen yang berupa tinta hingga lapisan kedua kulit. Lapisan epidermis merupakan lapisan terluar kulit yang akan rusak karena goresan jarum untuk sulam alis.

amazonaws.com

Bahaya lain yang bisa terjadi akibat goresan jarum untuk sulam adalah rusaknya saraf pada bagian alis. Kerusakan saraf ini bisa mengakibatkan peredaran darah menjadi tidak lancar atau tersumbat.

Baca Juga: 6 Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan, Bisa Juga Bikin Alismu Tebal

4. Pertumbuhan Bulu Alis Terganggu

cloudfront.net

Seperti yang telah di jelaskan sebelumnya, salah satu dampak negatif dari sulam alis adalah merusak lapisan epidermis. Lapisan epidermis yang rusak ini juga akan mempengaruhi kesehatan rambut alis. Akibatnya rambut alis akan mudah rontok. 

benscrub.com

Meski tidak rontok sampai habis, rambut alis sulit untuk tumbuh normal seperti sebelumnya. Hal ini disebabkan oleh akar rambut yang telah rusak. 

5. Luka yang Sifatnya Permanen

cliqueinc.com

Jarum yang digunakan utuk sulam alis bisa meninggalkan goresan atau bekas luka yang permanen. Luka ini diakibatkan oleh jarum yang menusuk terlalu dalam hingga melebihi lapisan kedua kulit. Kesalahan seperti ini rawan dilakukan oleh salon kecantikan yang tidak profesional.

loveindonesia.com

Bekas luka permanen ini dapat berupa garis pada bagian atas alis yang sulit untuk dihilangkan. Biasanya tinta untuk sulam alis bisa bertahan antara satu hingga tiga tahun. Warna alis yang perlahan memudar akan membuat luka pada bagian alis terlihat semakin jelas.    

6. Penularan Penyakit Berbahaya

blogspot.com

Sama halnya dengan menato tubuh, sulam alis juga memiliki resiko terhadap penularan penyakit berbahaya seperti HIV/Aids, TBC, dan Hepatitis. Pemakaian jarum yang tidak steril adalah penyebab utamanya.

doktersehat.com

Sebuah penelitian pun menyatakan bahwa 70 persen penularan HIV/aids melalui jarum suntik. Maka dari itu, pastikan kamu mengunjungi dokter atau salon kecantikan profesional. Hal ini untuk mengurangi resiko kegagalan ataupun bahaya kesehatan lainnya.  

Setelah mengetahui beberapa efek negatif sulam alis bagi kesehatan tersebut, apakah kamu masih tertarik untuk mencobanya?

0 Comment