Qupas Weekend

6 Film Asia yang Diremake Hollywood, Hasilnya di Luar Prediksi!

02 February 2020, at 08:00
6 Film Asia yang Diremake Hollywood, Hasilnya di Luar Prediksi!

Hollywood bisa dibilang menjadi kiblat perfilman dunia. Nggak heran kalau banyak sineas di berbagai penjuru dunia seolah berpusat pada film asal Amerika Serikat ini.

Padahal nggak semua karya merupakan produk asli Hollywood, lho. Ternyata ada beberapa judul yang dibuat ulang dengan mengadaptasi film Asia.

Seperti beberapa judul film Hollywood berikut ini. Kira-kira semuanya sesukses karya aslinya nggak ya?

1. The Grudge

The Grudge (Foto: instagram.com/grudgemovie)
instagram.com/grudgemovie

Pernah nonton film horor Jepang legendaris berjudul "Ju-On"? Nah, ternyata ada versi Hollywood berjudul "The Grudge" yang tayang sejak 31 Desember 2019 lalu.

Sayangnya, "The Grudge" nggak bisa mengalahkan kesuksesan film orisinalnya. Bahkan rating di Rotten Tomatoes hanya sebanyak 19% saja.

2. Godzilla

Godzilla (Foto: imgur.com)
imgur.com

Monster ikonik ini pertama kali hadir di film Jepang pada tahun 1954. Godzilla sendiri diceritakan merupakan produk dari radiasi bom atom yang pernah menghancurkan Negeri Sakura.

Saking bagusnya, pada tahun 1998 diremake. Dari yang awalnya berjudul "Gojira", kemudian diganti menjadi "Godzilla". Film "Godzilla" tahun 1998 sendiri digawangi oleh Sony Pictures.

Nggak berhenti sampai di situ. Tahun 2014 film ini kembali dibuat ulang oleh Warner Bros dengan judul sama. Sekuelnya, "Godzilla: King of the Monsters" pun kembali dirilis pada tahun 2019 dan disambut dengan baik.

3. Ghost in The Shell

Ghost in The Shell (Foto: afisha.ru)
afisha.ru

Film Asia yang diremake oleh Hollywood ini bergenre action dan Sci-Fi. Diadaptasi dari anime Jepang, film live action ini menceritakan tentang Major Mira Killian. Ia adalah manusia sibernetik yang mencari jati dirinya setelah selamat dari serangan teroris siber.

Efek CGI dalam film satu ini memang keren. Tapi bukan berarti bisa sesukses versi aslinya. Bahkan "Ghost in The Shell" dinilai rasis karena cuma menggunakan aktor kulit putih saja.

Meskipun memiliki CGI yang keren banget, sayangnya nggak bisa menyelamatkan film ini, geng. Film ini juga dinilai rasis karena cuma menggunakan aktor kulit putih saja.

Baca juga: 6 Film Action Asia Terbaik yang Nggak Kalah Seru dari Produksi Hollywood

4. Seven Samurai

Seven Samurai (Foto: pinterest.co.uk)
pinterest.co.uk

Awalnya, film Jepang ini dirilis pada tahun 1954. Kisahnya tentang sekelompok samurai yang disewa penduduk desa untuk membantu mereka melindungi diri dari bandit.

Karena semakin populer, pada tahun 1960, sutradara John Sturges pun membuat ulang film Asia ini dengan judul "Magnificent Seven". Kisahnya pun hampir sama. Hanya saja tokohnya bukan samurai, melainkan koboi.

Sukses di tahun 1960, akhirnya pada 2016 lalu, karya ini kembali diremake dengan judul "The Magneficent Seven".

5. Oldboy

Oldboy (Foto: blank-movie.com)
blank-movie.com

"Oldboy" merupakan salah satu film aksi Korea yang dikenal memiliki plot twist tergokil. Disutradarai oleh Park Chan-Wook, karya visual ini pertama kali rilis tahun 2003.

Kisahnya tentang Dae-Su yang dikurung selama 15 tahun oleh orang nggak dikenal. Setelah bebas, ia berencana untuk membalas dendap pada penculiknya.

Nah, karena kesuksesan film Korea ini, tahun 2013 lalu "Oldboy" diremake dengan judul yang sama oleh Hollywood. Meski ceritanya mirip, tapi plot twist dan tingkat kekerasan dalam film beda dari versi aslinya.

6. One Missed Call

One Missed Call (Foto: amazon.com)
amazon.com

Diadaptasi dari film Jepang tahun 2004 berjudul sama, "One Missed Call" tayang pada 2008. Kisahnya tentang orang-orang yang ditelepon nomor misterius.

Ketika diangkat, suara yang terdengar adalah milik mereka di masa depan. Lebih mengerikannya lagi, orang yang mengangkat telepon tersebut bakal meninggal dalam beberapa hari.

Nggak sesukses versi aslinya, "One Missed Call" justru kurang laris. Bahkan film horor Hollywood ini hanya mendapatkan rating 0% dari Rotten Tomatoes.

Nah, itu dia sederet film Asia yang Diremake Hollywood. Kira-kira, kalau kamu sendiri lebih suka versi aslinya atau yang sudah dibuat ulang nih?