6 Film Indonesia Bertema Politik yang Pas Ditonton Jelang Pemilu 2019

15 April 2019, at 13:00
0
0
6 Film Indonesia Bertema Politik yang Pas Ditonton Jelang Pemilu 2019

Dua hari lagi, rakyat Indonesia akan merayakan pesta demokrasi. Nah, terinspirasi dari momen pemilu ini, Qupas akan bahas film Indonesia yang bertema politik.

Selain membuatmu lebih melek politik, drama di dalamnya juga dikemas secara menarik dan nggak membosankan.

Untuk itu, langsung aja yuk simak deretan film Indonesia bertema politik berikut ini!

1. 3: Alif Lam Mim (2015)

3: Alif Lam Mim (2015)
ggpht.com

Film tentang politik yang dibintangi oleh beberapa aktor ternama seperti Cornelio Sunny, Abimana Aryasatya, dan Agus Kuncoro ini menceritakan keadaan Indonesia di masa depan.

Mengambil setting di tahun 2036, saat itu Indonesia digambarkan sudah mengalami banyak perubahan setelah sebelumnya mengalami berbagai gejolak. Mulai dari perang saudara hingga pembantaian kaum radikal.

2. Di Balik 98 (2015)

Di Balik 98 (2015)
broadsheet.com.au

'Di Balik 98' adalah film fiksi berlatar reformasi arahan sutradara Lukman Sardi. Dibintangi oleh Chelsea Islan, ceritanya lebih berfokus pada drama keluarga di tengah kerusuhan Mei 1998.

Meski nggak sepenuhnya menceritakan tentang apa yang sebenarnya terjadi di tahun 1998, film Indonesia yang satu ini punya pesan moral yang sangat menyentuh. Kamu harus nonton!

3. Negeri Tanpa Telinga (2014)

 Negeri Tanpa Telinga (2014)
twimg.com

Film bertema politik yang satu ini mengikuti kisah seorang tukang pijat bernama Naga. Menjadi langganan politikus, ia pun secara otomatis akan mendengarkan berbagai pembicaraan yang menurutnya sangat 'mengganggu' telinga.

Nggak tahan lagi dengan situasi ini, Naga akhirnya memutuskan untuk merusak gendang telinganya sendiri dan memilih jadi tuli.

Baca juga: Deretan Film Bagus Tentang Sejarah Dunia yang Siap Memperluas Wawasanmu, Wajib Nonton!

4. 2014: Siapa di Atas Presiden (2014)

2014: Siapa di Atas Presiden (2014)
prooloog.wordpress.com

Film bertema politik besutan sutradara Hanung Bramantyo dan Rahabi Mandra ini menceritakan tentang Bagas Notolegowo (Ray Sahetapi) yang berambisi untuk menjadi presiden Indonesia.

Meski cerita '2014: Siapa di Atas Presiden' hanya sebatas fiksi, namun intrik di dalamnya sangat menarik karena nggak jauh-jauh dari kondisi politik Indonesia saat ini.

5. Caleg by Accident (2014)

caleg by accident
twimg.com

Cerita di film komedi ini rasanya benar-benar bisa merepresentasikan dunia politik Indonesia saat ini. Karena banyak yang tiba-tiba mencoba peruntungan untuk jadi caleg alias wakil rakyat.

'Caleg by Accident' menceritakan kisah 3 orang sahabat yang saling bersaing karena mereka sama-sama jadi caleg dadakan.

6. Moonrise Over Egypt (2018)

Moonrise Over Egypt (2018)
imdb.com

Yang terakhir ada film Indonesia terbaru tentang politik yang berjudul 'Moonrise Over Egypt'. Ceritanya terinspirasi dari kisah Agus Salim, yang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia hingga ke Mesir.

Kisah pahlawan nasional yang juga menekuni dunia jurnalistik ini tentunya bakalan memperluas pengetahuanmu tentang sejarah Indonesia dengan cara yang menyenangkan dan anti membosankan.

Nah, itulah sederet film Indonesia terbaik yang mengangkat tema politik. Bisa jadi tontonan yang pas jelang pesta pemilu yang sebentar lagi datang.

0 Comment