6 Film Ini Durasi Tayangnya Super Panjang, yang Terbaru Sampai 30 Hari Lho!

06 June 2019, at 12:00
1
2
6 Film Ini Durasi Tayangnya Super Panjang, yang Terbaru Sampai 30 Hari Lho!

Normalnya, durasi film biasanya sekitar dua sampai tiga jam. Itupun sudah bisa dibilang lumayan lama. Contohnya seperti "Avengers: Endgame" yang berdurasi sampai 3 jam lebih.

Eits! Perlu kamu tahu juga nih. Masih ada sederet film-film yang durasi tayangnya jauh lebih lama. Hitungannya bukan jam lagi, tapi berhari-hari. Bahkan ada yang sampai 30 hari, lho.

Mau tahu apa saja judul film-film spektakuler tersebut? Yuk, simak ulasan Qupas berikut ini!

Baca juga: Film Keren Ini Antarkan Para Pemainnya Raih Penghargaan, Pernah Nonton?

1. Beijing 2003

beijing 2003
iffr.com

"Beijing 2003" adalah salah satu film dokumenter dengan durasi super panjang, yakni 9.000 menit atau 6 hari lebih 6 jam. Proses pembuatannya pun memakan waktu sekitar 16 hari saja.

Film ini mengisahkan tentang kota tempat seorang seniman tinggal sekaligus orang-orang yang tinggal di dalamnya.

Film yang dirilis pada tahun 2003 ini merekam gambar menggunakan mobil yang dilengkapi kamera dengan melewati jalan di sepanjang Pekung Ring Road. Dalam "Beijing 2003", kamu bisa melihat kegiatan orang-orang yang ada di dalamnya.

2. Matrjoschka

motrjoschka
imdb.com

Kalau film karya seniman Jerman bernama Karin Hoerler yang dirilis tahun 2006 lalu ini durasinya juga nggak kalah lama, yaitu 5.700 menit atau setara dengan 3 hari lebih 23 jam.

"Matrjoschka" terdiri dari gambar-gambar yang diurutkan berdasarkan satu foto, yaitu mulai dari seorang anak laki-laki naik sepeda, kemudian memperlihatkan rumah, jalanan, garasi, sampai keindahan langit.

Menariknya, gambar-gambar dalam film ini nggak berubah secara cepat, melainkan bergerak secara lambat. Nggak heran kalau durasinya lumayan lama.

3. Crude Oil

crude oil
cn.hanx.in

Film berdurasi super panjang selanjutnya adalah "Crude Oil". Film dokumerncer Tiongkok ini sudah dirilis pada tahun 2008. "Crude Oill" yang disutradarai oleh Wang Bing ini mengambil latar di Monolia bagian Gurun Gobi.

Sutradara film ini pun mengikuti kelompok pekerja di ladang minyak dan mengamati kegiatan mereka sehari-harinya. "Crude Oil" pertama ditayangkan di Amerika Utara, tepatnya di "The Los Angeles Film Festival" tahun 2009.

Baca juga: Deretan Film Bertema Pekerjaan Ini Bikin Kamu Semangat dalam Berkarier!

4. Cinematon

cinematon
amazing.zone

"Cinematon" yang merupakan karya eksperimental buatan seorang sutradara Prancis bernama Gerard Courant durasinya juga nggak tanggung-tanggung, yaitu 9.000 menit atau setara dengan 6 hari lebih 6 jam.

Film yang dirilis pada tahun 2009 ini terdiri dari potongan-potongan sketsa diam yang jumlahnya lebih dari 3.039. Setiap potongannya berdurasi sekitar 3 menit 25 detik, dimana berisi kegiatan sehari-hari banyak orang dengan latar pekerjaan berbeda. Selama beberapa menit, tokoh dalam film ini bebas melakukan apapun.

5. Modern Times Forever

modern times forever
amazing.zone

Film yang dirilis pada tahun 2011 ini bisa dibilang durasi tayangnya terlama nomor dua sepanjang sejarah. Bayangkan saja, selama 14.400 menit atau sekitar 10 hari penonton bakal dihibur dengan beragam adegan di "Modern Times Forever" ini.

"Modern Times Forever" mengisahkan tentang markas Stora Enso yang ada di Helsinki, dimana beberapa ribu tahun ke depan bakal hancur. Film karya sekelompok seniman dari Denmark Superflex ini adalah proyeksi tentang kokohnya bangunan itu sendiri.

6. Ambiance

ambiance
imdb.com

Nah, kalau film terbaru ini durasi tayangnya nggak nanggung, yaitu sampai 720 jam atau setara dengan 30 hari, Sobat! Menurut info, "Ambiance" bakal dirilis pada 31 Desember 2020 mendatang. Sebenarnya trailer film ini sudah tayang pada April 2016 lalu dan durasinya juga nggak kalah panjang, yaitu 7 jam 20 menit.

Film karya seniman Swedia bernama Anders Weberg ini menceritakan tentang perjalanan di antara waktu dan ruang angkasa yang surealis. Uniknya lagi, setelah "Ambiance" ditayangkan satu bulan penuh di bioskop seluruh dunia, konon sang sutradara berencana memusnahkan karyanya ini.

Itulah sederet film dengan durasi tayang terpanjang sepanjang masa. Kira-kira di antara Sobat Qupas ada yang minat untuk menontonnya?

2 Comment
Vania Prima
10/06 - 04:20
open recruitment buat editor nggak nih sutradaranya?
Andhika Maheva Wicaksono
06/06 - 14:01
30 hari gimana cara beli tiketnya 😱😱😱😱