Qupas Weekend

6 Film Jepang Paling Sedih dan Bikin Nangis Sesenggukan

08 February 2020, at 10:00
6 Film Jepang Paling Sedih dan Bikin Nangis Sesenggukan

Selain film dewasa dan anime, Jepang juga mengangkat cerita sedih ke dalam karya visualnya. Kisah yang tertuang pun recommended untuk ditonton.

Bukan cuma cerita sedih yang tertuang. Dipermanis dengan adegan romantis maupun persahabatan, membuat film-film Jepang berikut ini semakin menarik.

Apa saja sih judulnya? Simak deh ulasan berikut ini. Beberapa ada yang diadaptasi dari anime, lho.

1. Let Me Eat Your Pancreas (2018)

Let Me Eat Your Pancreas (Foto: imdb.com)
imdb.com

Nggak seseram judulnya, "Let Me Eat Your Pancreas" ternyata merupakan salah satu film Jepang sedih yang cukup menyayat hati.

Kisahnya tentang 12 tahun setelah Sakura Yamauchi meninggal dunia karena penyakit pankreas. Haruki Shiga yang menghabiskan banyak waktu bersama Sakura, kini menjadi guru di sekolah menengah tempat ia menempuh pendidikannya dulu.

Sementara Kyoko, salah seorang sahabat Sakura yang kini akan menikah, juga mengingat memori saat mereka masih bersama.

2. Sekai Kara Neko ga Kieta Nara (2016)

Sekai Kara Neko ga Kieta Nara (Foto: subscene.com)
subscene.com

Dikenal pula dengan judul "If Cats Disappeared from the World" atau "Seka Neko", film live action Jepang yang diadaptasi dari judul sama juga siap bikin kamu mewek.

Ceritanya tentang pemuda yang bekerja sebagai tukang pos. Ia didiagnosa mengidap penyakit serius dan membuatnya nggak bisa hidup lebih lama lagi. Suatu hari, ia mendapat tawaran menarik, yaitu menukar sesuatu yang bisa membuat dirinya berumur panjang. Tapi, hal yang ditukarkannya itu akan menghilang selamanya.

Pemuda itu pun sempat berpikir untuk menukar kucing kesayangan sang ibu untuk memenuhi syarat tersebut. Di tengah jalan, ia membatalkan niatnya karena ia sadar ada hal menyedihkan lagi kalau sampai ia melakukan hal tersebut.

3. Shigatsu wa Kimi no Uso (2015)

Shigatsu wa Kimi no Uso (Foto: twitter.com)
twitter.com

Film Jepang paling sedih selanjutnya ini diadaptasi dari manga dan anime. Dikenal juga dengan judul "You Lie in April", kisahnya tentang pianis berbakat bernama Arima Kousei yang memutuskan untuk berhenti mengikuti kompetisi pasca ibunya meninggal.

Sejak peristiwa itu, Kousei menjadi kurang bersemangat, sampai ia bertemu dengan Kaori Miyazono, pemain biola berbakat sedang bersama teman-temannya.

Perlahan Kosei pun mampu bermain piano lagi. Sementara itu, Kaori ternyata punya rahasia yang mungkin bakal mengingatkan Kosei akan luka yang pernah dialaminya di masa lalu. Siap-siap mewek deh!

Baca juga: 5 Film dan Drama Jepang yang Dibintangi Erika Karata Sebelum Bermain di Arthdal Chronicles

4. A Summer Day, Your Voice (2015)

A Summer Day, Your Voice (Foto: themoviedb.org)
themoviedb.org

Film romantis dan sedih ini punya alur mundur. "A Summer Day, Your Voice" mengisahkan tentang Tetsuo Togami yang mengenang masa lalu saat ia masih kelas 2 SMA. Saat itu, ia dirawat di rumah sakit setelah berkelahi.

Di sana, Tetsuo pun bertemu gadis tuna rungu sekaligus tuna wicara bernama Maiko. Gadis ini ternyata juga mengidap penyakit langka dan nggak bisa disembuhkan.

Awalnya malu, sampai akhirnya Tetsuo mulai bertukar pesan dengan Maiko dan jatuh cinta pada gadis tersebut. Sampai keluar rumah sakit, Tetsuo tetap mengunjungi Maiko. Namun, ketika keduanya berjanji keluar saat ulang tahun Maiko, kondisi gadis ini justru memburuk.

5. The Girl in the Sun (2013)

The Girl in the Sun (Foto: matome.naver.jp)
matome.naver.jp

"The Girl in the Sun" menceritakan tentang Kosuke dan Mao yang saling cinta saat SMP tapi nggak pernah mengungkapkan. Bahkan ketika Kosuke pindah sekolah lain, mereka sudah nggak saling menghubungi lagi.

Selang 10 tahun, Kosuke dan Mao dipertemukan kembali. Keduanya pun menikah dan memiliki kehidupan bahagia. Namun setelah suatu insiden, kehidupan yang awalnya berjalan baik justru berubah.

Pasca 'insiden' tersebut, Mao Menghilang. Segalanya menjadi salah karena semua orang perlahan mulai melupakan Mao. Kosuke yang putus asa, kemudian mencari tahu "Rahasia" apa yang disembunyikan Mao.

6. Bokura ga Ita: Zenpen (2012)

Bokura ga Ita Zenpen (Foto: fdb.pl)
fdb.pl

Film romantis Jepang yang juga dikenal dengan judul "We Eere Here" ini diadaptasi dari manga dengan judul sama, yaitu "Bokura ga Ita: Zenpen".

Ceritanya tentang sepasang kekasih, Motoharu Yanu dan Nanami Takahashi yang awalnya romantis dan harmonis. Tapi semuanya berujung menyedihkan setelah kecelakaan berupa tabrakan mobil terjadi.

Nah, itu dia sederet film Jepang paling sedih yang bakal bikin kamu nangis bombay. Sudah nonton salah satunya belum?