Qupas Weekend

6 Film Korea Kriminal yang Diangkat dari Kisah Nyata, Ngeri dan Sedih Banget!

16 January 2020, at 12:00
6 Film Korea Kriminal yang Diangkat dari Kisah Nyata, Ngeri dan Sedih Banget!

Tindak kejahatan yang sadis bisa terjadi dimana pun dan kapanpun. Termasuk di negara maju seperti Korea Selatan.

Bahkan beberapa kasusnya ada yang nggak berhasil dipecahkan selama puluhan tahun lho. Hal ini pun kemudian menarik minat para sineas untuk mengangkat kisahnya menjadi film kriminal.

Nah, kali ini Qupas sudah merangkum 6 film Korea kriminal yang ceritanya diangkat dari kisah nyata. Intip daftarnya yuk!

1. Children (2011)

children 2011
imdb.com

Cerita "Children" diangkat dari kasus hilangnya lima anak di Bukit Waryong pada tahun 1991 silam. Mereka yang berpamitan pergi ke gunung untuk mencari salamander justru nggak pernah kembali.

Barulah pada tahun 2002, jasad mereka ditemukan terkubur di dekat pohon Eak. Sayangnya, kasus yang memilukan ini nggak berhasil terpecahkan hingga sekarang.

2. Silenced (2011)

silenced 2011
imdb.com

"Silenced" atau dikenal juga dengan judul "The Crucible" bisa dibilang sebagai salah satu film kriminal terbaik dengan kisah yang sangat menyentuh. Ceritanya berfokus pada seorang guru di sekolah khusus siswa tunarungu bernama Kang In Ho (Gong Yo).

In Ho yang selalu berusaha dekat dengan semua muridnya justru menemukan fakta mencengangkan. Ternyata, siswanya banyak yang mengalami kekerasan fisik bahkan seksual.

3. Confession of Murderer (2012)

confession of murderer 2012
reelgood.com

Kalau film Korea kriminal ini berdasarkan kisah nyata pembunuhan berantai di Hwaseong yang baru saja terpecahkan tahun 2019 kemarin.

Cerita "Confession of Murderer" diawali dari peristiwa pembunuhan berantai di tahun 1986-1991 yang sulit untuk dipecahkan. Tapi siapa sangka, setelah 17 tahun berlalu seorang laki-laki bernama Lee Doo Seok muncul dan mengaku sebagai pelakunya.

Pengakuannya ini justru membuat detektif yang menangani kasus Hwaseong curiga. Kira-kira benarkah Lee Doo Seok pelakunya?

Baca juga: Deretan Film dan Drama Korea yang Terinspirasi dari Kasus Pembunuhan Berantai Hwaseong

4. Hope (2013)

film hope 2013
rorypnm.com

Mau menyaksikan salah satu film Korea paling sedih? Coba deh nonton "Hope" yang kisahnya terinspirasi dari peristiwa pilu yang menimpa gadis kecil berusia 8 tahun bernama Sowon ini.

Saat perjalanan menuju sekolahnya, Sowon mengalami kekerasan seksual hingga membuatnya trauma parah. Kejadian ini seakan menjadi tamparan hebat bagi kedua orang tuanya.

5. The Classified File (2015)

the classified file 2015
reelgood.com

"The Classified File" adalah film bertema penculikan yang mengangkat kasus di Korea Selatan yang bikin gempar pada 1978 silam. Lebih tepatnya penculikan anak pengusaha ikan di Busan.

Bahkan untuk menemukan anaknya, sang pengusaha nggak cuma mengandalkan polisi. Tapi juga meminta bantuan pada paranormal.

6. A Taxi Driver (2017)

a taxi driver  2017
kdramazone.com

Film Korea kriminal terbaru ini mengambil setting di tahun 80-an. Saat kediktatoran pemerintah Gwangju sukses membuat warganya naik pitam.

Nah, "A Taxi Driver" melihat peristiwa tersebut dari seorang supir taksi bernama Kang Ho. Ia yang seharusnya hanya mengantarkan wartawan jerman untuk meliput, ternyata juga nggak mau tinggal diam.

Itulah 6 film Korea berdasarkan kisah nyata yang wajib kamu tonton. Ceritanya nggak cuma mengerikan, tapi juga bikin sedih lho.