Qupas Weekend

6 Film Prancis Romantis Ini Bisa Bikin Harimu Terasa Lebih Manis

09 June 2020, at 09:06
1
6 Film Prancis Romantis Ini Bisa Bikin Harimu Terasa Lebih Manis

Apa yang pertama terlintas di pikiranmu saat mendengar kata “Prancis”? Selain menara Eiffel, sebagian besar orang mungkin akan membayangkan adegan-adegan manis nan romantis. Ya, negara tersebut memang diidentikkan dengan cinta.

Selain identik dengan kisah romansa, Prancis juga dikenal sebagai negara yang memiliki film-film berkualitas lho! Hmm, jadi penasaran kan? Well, berikut ini beberapa film romantis Prancis yang wajib kamu tonton.

1. Amelie (2001)

Film Prancis (Foto: imdb.com)
imdb.com

Memiliki judul asli “Le Fabuleux Destin d'Amélie Poulain”, “Amelie” merupakan film komedi romantis karya sutradara Jean-Pierre Jeunet.

Film yang dirilis pada tahun 2001 ini menceritakan perjalanan gadis pemalu bernama Amelie Poulain (Audrey Tautou) yang sedang mencari makna kebahagiaan. Selama masa pencarian tersebut, ia sering melakukan hal-hal unik dan konyol yang pada akhirnya memberikan banyak pelajaran.

Dalam perjalanan tersebut, Amelie dipertemukan dengan Nino Quincampoix (Mathieu Kassovitz) yang kemudian menjadi cinta pertamanya.

2. Love Me If You Dare (2003)

Film Prancis Romantis (Foto: imdb.com)
imdb.com

“Love Me If You Dare” atau “Jeux d'enfants” merupakan salah satu film romantis Prancis yang memiliki kisah cinta cukup unik dan absurd. Hal tersebut membuat jalan ceritanya sulit ditebak dan menarik untuk diikuti.

Sophie Kowalsky (Marion Cotillard) dan Julien Janvier (Guillaume Canet) merupakan dua orang yang sudah bersahabat sejak kecil. Mereka berdua selalu melakukan permainan tantangan yang aneh dan nggak masuk akal.

Film Romantis Terbaik (Foto: pinterest.com)
pinterest.com

Sampai suatu hari, Sophie sadar bahwa ia memiliki perasaan yang jauh lebih dalam pada Julien dan menantang sahabatnya tersebut untuk mencintainya. Namun, Julien menolak dan mengatakan bahwa ia ingin berhenti bermain. Eits, tapi kisah mereka nggak berhenti di sini kok!

Penasaran kan sama endingnya? Coba deh nonton sendiri, dijamin kamu nggak bakal bisa nebak!

3. The Artist (2011)

Film Romantis Prancis Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Meskipun dirilis tahun 2011, “The Artist” merupakan film romantis Prancis yang disajikan dengan gaya film bisu hitam-putih. Walau demikian, karya sutradara Michel Hazanaviucs tersebut berhasil menyabet banyak penghargaan termasuk sebagai Film Terbaik di Academy Award lho!

Berlatar pada tahun 1927, “The Artist” bercerita tentang kehidupan dua aktor yang dihubungkan oleh nasib. George Valentin (Jean Dujardin) merupakan aktor film bisu yang karirnya sedang terancam, sedangkan Peppy Miller (Bérénice Bejo) merupakan aktris muda yang sedang bersinar.

Baca juga: Rekomendasi Film Komedi Romantis Terbaru untuk Ditonton Bersama Kesayangan

4. Amour (2012)

Film Prancis Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dari judulnya saja, orang pasti sudah bisa menebak bahwa “Amour” bercerita tentang cinta. Film ini merupakan karya sutradara terkemuka, Michael Haneka, yang dibintangi oleh aktor dan aktris veteran Jean Louis Trintignant dan Emmanuella Riva.

“Amour” bercerita tentang sepasang suami istri yaitu George dan Anne yang menghadapi kesulitan di masa tuanya. Keduanya diuji saat Anne terkena stroke. Film ini dianggap sebagai masterpiece dan memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes lho!

5. Rust and Bone (2012)

Film Prancis Paling Romantis (Foto: imdb.com)
imdb.com

Film romantis dari Prancis lainnya yang perlu kamu tonton adalah “Rust and Bone”. Meskipun sebenarnya sudah banyak film yang mengangkat cerita serupa, namun karya ini didukung oleh orang-orang yang mumpuni di bidangnya.

“Rust and Bone” bercerita tentang Stephanie (Marion Cotillard), seorang pelatih lumba-lumba yang kehidupannya hancur setelah mengalami kecelakaan. Dalam keterpurukan tersebut, ia bertemu dengan Ali (Matthias Schoenaerts) yang mencintainya dengan tulus.

6. Blue Is The Warmest Colour (2013)

Film Romantis Prancis (Foto: imdb.com)
imdb.com

Memiliki judul asli “La Vie d'Adèle”, “Blue Is The Warmest Colour” merupakan film tanpa banyak drama yang memberikan banyak makna. Ceritanya sendiri berfokus pada perncarian jati diri seorang remaja polos bernama Adèle (Adèle Exarchopoulos).

Dalam perjalanannya, ia bertemu dan jatuh cinta pada Emma (Léa Seydoux), lesbian yang memiliki rambut berwarna biru.

Terlepas dari kontroversi tentang kisah cinta sesama jenis di dalamnya, “Blue Is The Warmest Colour” berhasil memenangkan Palme d’Or di Festival Film Cannes.

Baca juga: 6 Film Indonesia yang Kontroversial Tapi Sukses di Mancanegara

Dari beberapa film romantis terbaik di atas, mana nih jadi kesukaanmu?