Qupas Weekend

6 Film Tentang Perempuan Ini Asyik Ditonton untuk Merayakan International Women’s Day

08 March 2020, at 06:00
6 Film Tentang Perempuan Ini Asyik Ditonton untuk Merayakan International Women’s Day

Selamat Hari Perempuan Sedunia!

Hari Perempuan Sedunia atau International Women's Day diperingati setiap tanggal 8 Maret setiap tahunnya. Meskipun nggak dirayakan secara besar-besaran, akan tetapi hari ini tetap menjadi peringatan penting bagi sebagian besar orang.

Untuk merayakan hal tersebut, berikut ini Qupas rekomendasikan film tentang perempuan terbaik yang nggak boleh kamu lewatkan. Seru banget lho!

1. Captain Marvel (2019)

Film Perempuan (Foto: imdb.com)
imdb.com

Superhero atau penyelamat dunia biasanya lebih identik dengan laki-laki. Akan tetapi, kali ini Marvel menampilkan sosok perempuan hebat yang mampu menyelamatkan galaksi dalam film "Captain Marvel".

Bercerita tentang kisah hidup mantan pilot Angkatan Udara Amerika bernama Carol Danvers yang kemampuannya sering diremehkan oleh laki-laki, film ini kental akan feminisme.

Dibintangi aktris cantik Brie Larson, "Captain Marvel" menjadi salah satu film tentang perempuan terbaik yang mendapatkan penghasilan fantastis.

2. Hidden Figures (2016)

Film Tentang Perempuan (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Hidden Figures" merupakan salah satu film dengan tokoh perempuan yang sangat menginspirasi. Ceritanya sendiri berfokus pada tiga perempuan Asia-Afrika yang memiliki karir cemerlang di NASA.

Katherine Johnson (Taraji P. Henson), Dorothy Vaughan (Octavia Spencer) dan Mary Jackson (Janelle Monáe) memiliki misi untuk melakukan operasi terbesar dalam sejarah yaitu peluncuran astronot John Glenn (Glen Powell) ke jalur luar angkasa.

Wah, gimana ya kisah mereka dalam mendapatkan pencapaian menakjubkan tersebut?

3. Period. End of Sentence (2019)

Film Tentang Perempuan Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Merupakan film dokumenter, "Period. End of Sentence" menampilkan sekelompok perempuan dari Oakwood High Scool yang mendirikan organisasi non-profit bernama The Pad Project.

Di sini, kamu akan menyadari betapa menstruasi masih menjadi hal yang tabu dan mendapatkan stigma negatif dari berbagai masyarakat.

Kualitas yang bagus membuat film tentang perempuan yang satu ini menyabet Piala Oscar 2019 dalam kategori Best Short Documentary.

Baca juga: 'Perempuan Tanah Jahanam' dan 5 Film Tara Basro yang Pantang Kamu Lewatkan, Nonton Yuk!

4. Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak (2017)

Film Perempuan Terbaik (Foto: imdb.com)
imdb.com

Eits, karya Indonesia yang satu ini juga termasuk dalam daftar film tentang perempuan terbaik lho! "Marlina si Pembunuh dalam Empat Babak" menampilkan perjuangan Marlina (Marsha Timothy) untuk melawan perampok bernama Markus.

Setelah binatang ternaknya dirampok dan diperkosa, Marlina nggak tinggal diam. Ia berusaha menyelamatkan diri dengan membunuh dan menggorok leher Markus.

5. Lady Bird (2019)

Film Feminis (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Lady Bird" merupakan film drama komedi Hollywood yang bercerita tentang Christine McPherson (Saoirse Ronan), siswi SMA Katolik di Sacramento yang nggak akur dengan orang tuanya.

Selain keluarga, ia juga dihadapkan dengan berbagai masalah terkait persahabatan, pendidikan, bahkan percintaan.

Uniknya, penonton akan diajak melihat dari sisi pandang perempuan (female gaze) di momen-momen krusial. Bikin penasaran, kan?

6. Legally Blonde (2001)

Film Feminisme (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Legally Blonde" berkisah tentang Elle Woods (Reese Whiterspoon) yang ingin mendapatkan kekasihnya kembali yaitu Warner Huttington III (Matthew Davis), setelah berpisah karena keluarga Warner menganggap wanita pirang identik dengan "kebodohan".

Untuk membuktikan ia nggak bodoh, Elle berencana kuliah di jurusan hukum Harvard, tempat Warner menuntut ilmu. Mampukah ia melakukan hal tersebut?

Well, itu dia Sobat Qupas beberapa film tentang perempuan terbaik yang bisa kamu saksikan. Selamat menonton!