Qupas Weekend

6 Film Tentang Perjuangan Penderita Kanker yang Menginspirasi, Bukan Sekedar Bikin Nangis

04 February 2020, at 10:00
6 Film Tentang Perjuangan Penderita Kanker yang Menginspirasi, Bukan Sekedar Bikin Nangis

Setiap tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Ini untuk meningkatkan kesadaran dan mendorong pencegahan, deteksi, hingga pengobatan kanker.

Meningkatkan kesadaran terhadap kanker dan mendorong pencegahannya sebenarnya bisa dilakukan melalui banyak cara. Termasuk dengan menonton film tentang penyakit mematikan ini.

Untuk itu, Qupas akan memberimu rekomendasi film tentang perjuangan penderita kanker yang nggak cuma bikin nangis tapi juga menginspirasi. Intip daftarnya yuk!

1. Irreplaceable You (2018)

Irreplaceable You (Foto: imdb.com)
imdb.com

"Irreplaceable You" mengikuti kisah Abbie dan tunangannya yang bernama Sam. Mereka yang notabene sudah bersahabat sejak kecil harus menerima kenyataan pahit saat Abbie divonis menderita kanker.

Untuk menikmati sisa waktunya, Abbie justru melakukan hal yang nggak terduga. Yaitu berusaha mencarikan pasangan untuk Sam, supaya tunangannya ini bisa terus bahagia meski tanpa kehadirannya.

2. I Am Hope (2016)

I Am Hope (Foto: dvdplanetstore.pk)
dvdplanetstore.pk

Film Indonesia tentang kanker ini menceritakan tentang Mia, seorang penulis yang punya mimpi untuk membuat pertunjukan teater bersama ayahnya. Namun sayang, harapannya ini harus pupus saat ia divonis menderita kanker paru-paru.

Terlebih lagi, penyakit ini juga telah merenggut nyawa ibunya. Semangat Mia pun semakin padam, apalagi kalau mengingat sang ayah yang pasti akan kembali terpuruk karenanya.

3. The Fault In Our Stars (2014)

The Fault In Our Stars (Foto: imdb.com)
imdb.com

Kamu mungkin sudah familer dengan film barat tentang kanker yang satu ini. Diangkat dari novel karya John Green, ceritanya mengikuti kisah cinta Hazel Grace yang mengidap kanker tiroid stadium 4 dengan Augustus, penderita osteosarcoma.

Keadaan ini membuat Hazel Grace wajib membawa tabung oksigen kemanapun ia pergi. Sedangkan Augustus harus merelakan salah satu kakinya untuk diamputasi.

Baca juga: 6 Film Romantis Tentang Penyakit Mematikan Ini Kisahnya Sungguh Tragis, Awas Mewek!

4. Now Is Good (2012)

Now Is Good (Foto: filmblerg.com)
filmblerg.com

"Now Is Good" diadaptasi dari novel berjudul "Before I Die" karangan Jenny Downham. Ceritanya berfokus pada kisah Tessa Scott (Dakota Fanning) yang menderita kanker darah atau leukemia akut.

Suatu hari, Tessa berkenalan dengan Adam (Jeremy Irvine), tetangga barunya. Lama kelamaan, rasa sayang Adam pun tumbuh meski mengetahui keadaan Tessa.

Bahkan Adam berusaha mewujudkan semua hal dalam bucket list Tessa untuk membuatnya bahagia.

5. Surat Kecil untuk Tuhan (2011)

Surat Kecil untuk Tuhan (Foto: imdb.com)
imdb.com

Dibintangi oleh Dinda Hauw, film Indonesia dari kisah nyata ini mengikuti perjuangan Gita Sesa Wanda Cantika. Gadis cantik yang akrab disapa Keke ini memang cukup beruntung, karena lahir dari keluarga berada yang sangat menyayanginya.

Bahkan, Keke juga punya Andy, kekasih yang selalu setia disampingnya. Namun sayang, remaja 13 tahun ini diketahui harus berjuang melawan kanker mematikan yang disebut dengan Rabdomiosarcoma.

6. Wedding Dress (2010)

Wedding Dress Korea Movie (Foto: hancinema.net)
hancinema.net

"Wedding Dress" menceritakan kisah sedih seorang perancang busana pengantin sekaligus single parent bernama Seo Go Woon yang memiliki satu putri kecil bernama Jang So Ra.

Awalnya, So Ra termasuk putri yang sedikit manja. Namun gadis kecil ini harus menerima kenyataan pahit setelah mengetahui kalau ibunya menderita kanker lambung.

Film sedih Korea yang menyoroti perjuangan seorang pekerja keras juga kisah cinta seorang ibu dan anaknya ini dijamin membuatmu berderai air mata.

Baca juga: 5 Film Tentang Ibu dan Anak yang Bikin Emosimu Bergejolak

Itulah 6 film tentang kanker yang nggak cuma bikin sedih tapi juga menyajikan kisah perjuangan yang menginspirasi. Kamu sudah pernah nonton yang mana?