6 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badanmu yang Berlebih

10 September 2018, at 09:27
0
0
6 Gerakan Yoga untuk Menurunkan Berat Badanmu yang Berlebih

Yoga adalah sebuah jenis olahraga yang dilakukan dengan cara mengatur pikiran pada satu titik fokus tertentu. Olahraga yang satu ini tidak hanya digunakan sebagai kebugaran tubuh saja, tapi juga sering dijadikan sarana rileksasi bagi mental seseorang.

Kabar punya kabar, yoga sudah ada sejak zaman nenek moyang, sekitar ratusan tahun lalu. Namun, karena segudang manfaat yang ditawarkan, olahraga yang satu ini masih tetap eksis sampai sekarang. Bahkan, ada banyak jenis yoga bermunculan yang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

yoga
pexels.com

Sebenarnya, konsep dari yoga adalah sederhana, yakni mengatur pola napas sembari melakukan berbagai gerakan-gerakannya. Secara sederhana, kamu harus bisa memadukan antara yin dan yang di dalam tubuhmu.

Dengan melakukan secara tepat, maka akan ada manfaat utama yang didapatkan, yaitu kelenturan, keseimbangan, ketenangan, kebugaran, dan kesehatan. Yap, ketika kamu melakukan yoga secara benar dan tepat, maka kamu akan mendapatkan berbagai macam manfaatnya.

gerakan yoga

Namun, tidak hanya berkutat pada hal itu saja, sebenarnya yoga juga masih memiliki manfaat lain, sesuai dengan gerakan yang kamu lakukan nantinya saat berlatih.

Yang sedang ramai digeluti saat ini adalah gerakan-gerakan untuk menurunkan berat badan. Seperti diketahui, berat badan berlebih adalah sebuah mimpi buruk bagi setiap wanita. Oleh karenanya, mereka akan melakukan segala cara untuk menurunkan berat badan, salah satunya adalah dengan melakukan yoga.

Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa gerakan yoga yang sangat efektif untuk menurunkan berat badanmu.

Baca juga : 8 Tips Memilih Olahraga Sesuai Karaktermu Biar Nggak Berhenti di Tengah Jalan

1. Pavanamuktasana

Pavanamuktasana
shazasidhu.com

Gerakan pertama adalah pavanamuktasana. Mungkin masih terdengar asing di telinga, tapi gerakan yang satu ini sangat ampuh dalam membakar lemak. Praktiknya mudah, pertama-tama kamu harus berbaring di atas matras dengan posisi terlentang. Kemudian, angkat kepala dan tarik kedua kaki sampai kamu bisa mencium lututmu.

Pavanamuktasana
praveenyoga.com

Setelah berhasil menggapai lutut, jangan lupa untuk tahan gerakan ini beberapa saat sampai terasa adanya kontraksi pada bagian perut dan pinggang, lalu kembali pada posisi semula. Lakukan beberapa kali dala satu sesi latihan untuk hasil yang maksimal.

2. Bhujangasana

Bhujangasana
yogajournal.com

Kalau gerakan yang satu ini sudah sangat familiar bagi kebanyakan orang. Yap, bhujangasana atau yang sering disebut sebagai pose kobra adalah salah satu gerakan yoga yang memang difungsikan untuk meluruhkan lemak pada beberapa bagian tubuh, seperti perut, pinggang, panggul, dan paha. Jadi, ketika kamu melakukan gerakan ini secara rutin, ada beberapa bagian tubuh yang akan terbentuk sekaligus.

Bhujangasana
liveyoganow.com

Praktiknya mudah, pertama-tama kamu harus berada pada posisi tidur telungkup dengan posisi tangan menempel pada matras layaknya ingin fitnes. Lalu, angkat kepalamu setinggi mungkin layaknya ular kobra yang ingin mengeluarkan racunnya. Tahan gerakan ini sampai terasa adanya kontraksi pada bagian perut, terutama pinggang, kemudian kembali pada posisi semula.

3. Dhanurasana

Dhanurasana
aboutyoga.in

Selanjutnya, gerakan yoga yang bisa kamu coba di rumah adalah dhanurasana. Gerakan yang satu ini sering disebut sebagai gerakan perahu sebab nantinya tubuhmu akan melakukan gerakan yang melengkung, layaknya perahu. Walau terkesan sulit, tapi sebenarnya gerakan ini cukup mudah dilakukan.

Dhanurasana
zoomzee.org

Pertama-tama, kamu perlu berada pada posisi berbaring dengan telungkup layaknya ingin melakukan pose kobra. Namun, yang membedakan adalah tanganmu tidak boleh menempel pada matras, tapi harus digunakan untuk meraih kaki yang diangkat. Sehingga, yang menempel pada matras hanya bagian perut saja.

4. Padahastasana

Padahastasana
i.pinimg.com

Gerakan selanjutnya adalah padahastasana. Gerakan yang satu ini telah ada sejak zaman dahulu, bahkan sering kamu lakukan untuk pemanasan sebelum olahraga. Ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan gerakan ini, seperti menurunkan berat badan, menghilangkan stres, dan melancarkan aliran darah.

Padahastasana
depositphotos.com

Cara melakukannya sangat mudah, pertama-tama kamu harus berdiri tegak terlebih dahulu. Kemudian setelah menghirup napas dalam-dalam, tarik kedua tangan ke bawg sampai telapak kaki sembari menghembuskan napas. Tahan posisi ini sekira 30 detik dan ulangi sampai terasa adanya kontraksi pada perut dan pinggul.

5. Uttanpadasana

Uttanpadasana
sheis.vn

Nah, kalau gerakan uttanpadasana sendiri adalah gerakan yang memang dikhususkan bagi wanita. Adapun manfaatnya mulai dari mengecilkan perut, mengecilkan paha, mengencangkan bokong, sampai memperbaiki postur atau bentuk kaki. Gerakannya pun sangat mudah.

Uttanpadasana
akamaihd.net

Pertama-tama, kamu harus berada pada posisi tidur terlentang. Kemudian, angkat kedua kakimu setinggi mungkin dan tahan beberapa saat. Kalau tidak kuat, kamu bisa menggunakan bantuan dinding sebagai tempat kaki bersandar.

6. Vrksasana

Vrksasana
pexels.com

Kalau gerakan vrksasana, memang lebih cenderung dilakukan oleh yang sudah berpengalaman. Sebab, gerakannya terbilang cukup sulit dan melelahkan. Tapi, tidak ada salahnya kamu mencoba dengan intensitas dan volume rendah. Sebab, ada banyak manfaat yang bisa kamu dapatkan selain menurunnya berat badan.

Vrksasana
www.pexels.com

Praktiknya dilakukan dengan posisi berdiri. Jadi, pertama-tama kamu harus berdiri terlebih dahulu. Kemudian, angkat satu kakimu dan sandarkan pada kaki sebelahnya sehingga membentuk sudut 45 derajat. Lantas, angkat kedua tangan ke atas kepala dan temukan sampai menyentuh telapak tangan. Tahan gerakan ini sekira 30 detik dan ulangi dalam satu sesi.

Itulah beberapa gerakan yoga yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan. Dicoba yuk!

0 Comment