6 Gunung di Jawa Tengah dengan Ketinggian Sedang, Cocok Buat Pendaki Pemula

30 November 2019, at 11:00
0
0
6 Gunung di Jawa Tengah dengan Ketinggian Sedang, Cocok Buat Pendaki Pemula

Awal tahun 2020 mendatang, semua jalur pendakian di Gunung Prau ditutup sampai 3 bulan lamanya. Tepatnya dari tanggal 5 Januari sampai 5 April 2020.

Penutupan itu sendiri punya beberapa alasan yang menyertai. Diantaranya karena untuk pemulihan jalur, pembersihan sampah, reboisasi, pendataan ekosistem, dan evaluasi.

Kegiatan itu pun sebenarnya sudah dilakukan rutin setiap tahunnya, demi perbaikan jalur pendakian sekaligus melakukan penghijauan. Selain itu, datangnya musim hujan juga dinilai membuat kondisi jalur pendakian lebih rawan.

gunung prau
instagram.com/andreefendi_

Baik pendaki, biro tour, maupun guide 'nakal' yang ketahuan mendaki saat penutupan jalur akan dikenai denda. Besarannya pun berbeda-beda, tergantung dari pelanggarannya.

Nah, kalau sudah terlanjur punya rencana untuk mendaki Gunung Prau awal tahun 2020 nanti, mending atur ulang tujuanmu deh.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi gunung di Jawa Tengah lainnya yang punya ketinggian sedang. Seperti beberapa destinasi berikut ini.

1. Gunung Andong

gunung andong via pendem
instagram.com/arichaniago

Nama Gunung Andong pasti sudah nggak asing lagi bagi para pendaki. Gunung dengan ketinggian 1.726 mdpl ini pun cocok untuk mereka yang baru belajar menaklukkan area dataran tinggi. Melalui puncaknya, kamu bisa menyaksikan Gunung Merapi, Merbabu, Sindoro, Sumbing, Prau, Ungaran, hingga Telomoyo.

Untuk bisa sampai di puncak, pendaki butuh waktu sekitar 1,5 jam hingga 2 jam. Jalurnya pun cukup landai, apalagi kalau kamu melalui Dusun Sawit. Dari gerbang pendakian, ada jalur berupa makadam yang ditata rapi menuju jalur tangga.

Begitu masuk ke kawasan hutan pinus, jalur berganti menjadi jalan setapak dan mulai menanjak. Dari Pos 2 Dewandaru menuju Pos 3 Watu Wayang, ada pegangan berupa tali yang sudah disediakan.

Tiket masuk Gunung Andong: Rp5 ribu, sudah termasuk biaya parkir (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Dari 5 Wisata di Jawa Tengah Ini, Kamu Bisa Saksikan Gunung Sindoro dan Sumbing

2. Gunung Besek

gunung besek
instagram.com/tunggalsatuajak

Ketinggian Gunung Besek yang cuma sekitar 850 mdpl memang nggak sebanding dengan Gunung Andong. Meski begitu, destinasi yang terletak di antara Wonogiri dan Pacitan ini worth it buat dikunjungi. Apalagi saat berkunjung ke sini, pemandangan seperti kawasan perbukitan di Sumba bisa kamu lihat.

Untuk menuju ke puncaknya, kamu pun nggak perlu bersusah payah. Kamu cuma perlu mengendarai motor ke rumah warga yang memang letaknya di ketinggian. Setelah memarkirkannya, kamu bisa berjalan melewati kediaman masyarakat sekitar.

Tiket masuk Gunung Besek: Belum ada (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Gunung Sepikul

gunung sepikul
instagram.com/sbncrnns

Nggak harus Gunung Prau. Buat pendaki pemula, kamu bisa kok mampir di Gunung Sepikul untuk melatih kemampuanmu dalam mendaki.

Berada di ketinggian 350 mdpl, destinasi wisata di Sukoharjo ini bisa ditempuh sekitar 30 menit perjalanan dari pusat kota. Rute termudahnya melewati jalan utama Sukoharjo-Wonogiri ke selatan. Sementara untuk menuju puncaknya, dibutuhkan waktu sekitar 10 sampai 15 menit dengan medan cukup menanjak.

Beda dari gunung lain, fasilitas objek wisata ini terbilang komplet. Mulai kamar mandi, musala, tempat parkir, saung untuk istirahat, sampai warung makan sudah tersedia.

Tiket masuk Gunung Sepikul: Rp2 ribu untuk parkir dan tarif masuk seikhlasnya (info bisa berubah sewaktu-waktu)

4. Gunung Ungaran

gunung ungaran
instagram.com/theozavenza

Mungkin bisa dibilang Gunung Ungaran adalah satu-satunya wilayah dataran tertinggi di Semarang. Dari puncaknya, kamu bisa melihat gagahnya Gunung Andong, Merbabu, Telomoyo, Sindoro, Sumbing, hingga Prau.

Dengan ketinggian 2.050 mdpl, gunung di Jawa Tengah ini memang cocok untuk para pendaki pemula. Tapi bukan berarti bisa diremehkan. Karena medannya cukup sulit. Beberapa jalurnya bahkan menanjak dan cukup licin.

Untuk menuju destinasi ini, ada 3 jalur yang bisa dipilih, yaitu Jalur Promasan, Mawar, dan Gedongsongo. Datang dengan rombongan? Kamu bisa memilih Jalur Mawar yang jadi favoritnya para pendaki.

Tiket masuk Gunung Ungaran: Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Ini Lho Deretan Gunung Eksotis di Pulau Jawa yang Cocok Buat Pemula!

5. Gunung Gandul

gunung gandul
instagram.com/arief_patrick

Saat Gunung Prau ditutup sementara, bukan berarti kamu nggak bisa mendaki. Salah satu alternatifnya adalah Gunung Gandul yang ketinggiannya cuma sekitar 600 mdpl.

Berada di Wonogiri, kamu pun cuma butuh waktu kurang lebih selama 30 menitan dari pusat kota. Untuk mencapai puncaknya, kamu pun cuma butuh waktu 15 menitan. Meski singkat, sensasi menyenangkan tetap bisa kamu dapatkan. Medan berupa anak tangga hingga area berbatu pun akan kamu lalui.

Sampai di puncaknya, panorama Gunung Gajah Mungkur, Waduk Tandon, Waduk Gajah Mungkur, atau bahkan Gunung Lawu bisa kamu saksikan.

Tiket masuk Gunung Gandul: Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Gunung Gajah Mungkur

gunung gajah mungkur
instagram.com/febrianfebriana

Selain waduk, nama Gajah Mungkur juga tersemat di gunung. Wilayah dataran tinggi ini berada di perbatasan Kabupaten Wonogiri dan Sukoharjo.

Menuju puncaknya, diperlukan waktu sekitar 15 menit saja. Medannya pun nggak terlalu ekstrem. Setelah sampai di area tertingginya, kamu pun bisa melihat pemandangan alam sebagian wilayah Wonogiri hingga Sukoharjo. Bahkan saat cuaca cerah, Kota Surakarta juga bisa kamu saksikan, lho.

Tiket Gunung Gajah Mungkur: Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Well, selain Gunung Prau, ternyata kamu masih bisa menjelajahi beberapa gunung di Jawa Tengah seperti yang sudah disebutkan di atas. Cocok deh buat pemula!

0 Comment