Qupas Travel

6 Gunung di Jawa Timur untuk Pendaki Pemula dan Punya Jadwal Padat

09 March 2020, at 06:00
6 Gunung di Jawa Timur untuk Pendaki Pemula dan Punya Jadwal Padat

Kegiatan mendaki gunung sepertinya masih menjadi favorit berbagai kalangan, termasuk mereka yang punya jadwal padat. Bahkan kini mulai banyak pendaki pemula yang juga ingin mencoba untuk menikmati keindahan alam dari ketinggian.

Sayang, kebanyakan orang mungkin berpikir kalau ingin mendaki gunung di Indonesia perlu banyak waktu dan hanya dilakukan oleh para profesional. Padahal nggak selalu begitu, lho.

Seperti sederet gunung di Jawa Timur berikut ini. Buat para pendaki pemula maupun mereka yang sudah rindu akan kabut dan lautan awan bisa mengunjunginya. Check it out untuk yang penasaran dimana saja tempatnya!

1. Gunung Penanggungan

Gunung Penanggungan (Foto: instagram.com/putrabanega_87)
instagram.com/putrabanega_87

Berada di antara dua kabupaten, yaitu Pasuruan dan Mojokerto, gunung di Jawa Timur dengan ketinggian 1.653 mdpl ini cocok untuk para pendaki pemula.

Meski begitu, bukan berarti Gunung Penanggungan minim tantangan. Ini karena selama pendakian, kamu akan kesulitan menemukan sumber air.

Jalur pendakian Gunung Penanggungan yang sering dilewati yaitu via Tamiajeng karena lebih singkat. Kamu juga bisa melalui jalur Jolodundo meski perjalanan yang dibutuhkan sekitar 6 jam. Tapi, melalui rute ini, kamu bisa menemukan berbagai situs sejarah yang sangat menarik.

2. Gunung Ranti

Gunung Ranti (Foto: instagram.com/refaann_)
instagram.com/refaann_

Sempat ditutup karena kebakaran hutan, pendakian Gunung Ranti di Banyuwangi kembali dibuka sekitar November 2019 lalu. Gunung yang bersebelahan dengan Wisata Ijen ini tingginya sekitar 2.601 mdpl, sehingga masih cocok untuk pemula.

Dari wisata menantang di Banyuwangi ini, kamu bisa menyaksikan sunrise dan lautan awan yang menawan. Hanya saja perlu waktu yang tepat untuk mulai mendaki. Yaitu berangkat dari sekitar pukul 00.00 dari Paltuding, basecamp Gunung Ranti dan Ijen Banyuwangi.

Karena selama perjalanan kamu akan banyak menemui tanjakan, jangan lupa untuk siapkan logistic yang cukup. Begitu juga dengan fisik, harus tetap fit.

3. Gunung Lemongan

Gunung Lemongan (Foto: instagram.com/novi_iindah)
instagram.com/novi_iindah

Gunung di Jawa Timur selanjutnya ada di Kabupaten Lumajang dengan ketinggian 1.651 mdpl. Berada di puncaknya, kamu bisa melihat keindahan Ranu Klakah, Ranu Pakis, hingga Gunung Semeru di dekatnya.

Tapi sebelum itu, perjalanan yang cukup menantang perlu kamu lalui. Dimulai dari Pesanggrahan Mbah Citro, rumah mendiang juru kunci Gunung Lemongan. Kemudian melewati pos Watu Gede, jalur dengan bebatuan padas dan pasir, vegetasi hutan, Pos Guci tempat sumber air berada, hingga sampai di puncak.

Waktu terbaik untuk mendaki gunung di Lumajang ini sekitar bulan Mei sampai Oktober atau ketika musim kemarau.

Baca juga: Jelajah 5 Ranu di Lumajang yang Keindahannya Bak Surga Tersembunyi

4. Gunung Butak

Gunung Butak (Foto: instagram.com/anisatuszahro)
instagram.com/anisatuszahro

Eksistensinya memang nggak lebih tinggi dari gunung di Indonesia lainnya. Tapi jangan salah, karena Gunung Butak yang memiliki tipe stratovocano ini menawarkan keindahan alam yang sangat cantik. Untuk pemula, gunung dengan ketinggian 2.868 mdpl ini bisa ditaklukkan.

Selama pendakian, salah satu padang savana di Jawa Timur yang keren bakal kamu saksikan. Bahkan sekitar bulan Juli hingga Agustus, kamu bisa melihat hamparan bunga edelweiss di sini. Sedangkan saat di puncaknya, pemandangan Gunung Arjuno, sunrise, dan lauta awan siap memanjakan matamu.

Beberapa jalur seperti Panderman dan via Sirah Kencong bisa kamu lalui. Tapi yang paling populer adalah jalur Panderman karena lebih landai meski jauh. Sedangkan via Sirah Kencong memang membutuhkan waktu singkat, hanya saja trek yang dilalui lebih ekstrem.

5. Gunung Pundak

Gunung Pundak (Foto: instagram.com/indyel_karim)
instagram.com/indyel_karim

Memiliki ketinggian 1.547 mdpl, Gunung Pundak juga cocok untuk para newbie. Jalur pendakiannya ringan, rute pendek, tapi pemandangan yang ditawarkan tetap menakjubkan.

Merupakan bahu dari Welirang, nggak heran kalau kamu bisa melihat kegagahan gunung aktif dengan ketinggian 3.339 mdpl tersebut. Selain itu, panorama Gunung Penanggungan juga bisa kamu saksikan dari puncaknya.

Jalur pendakian ke Gunung Pundak menyediakan banyak area camping. Kamu bisa menempuh destinasi di Mojokerto ini melalui jalur Puthuk Siwur dan Tahura.

6. Gunung Panderman

Gunung Panderman (Foto: instagram.com/elvirrr__)
instagram.com/elvirrr__

Dengan ketinggian 2.045 mdpl, sudah jelas gunung di Kota Batu ini bisa didaki oleh para pemula. Cuma butuh waktu kurang lebih 2 sampai 3 jam untuk menuju puncaknya. Jalurnya pun ringan dan terdapat sumber air di Pos 1.

Kalau kamu mendaki saat malam hari dan mengincar sunrise, pemandangan gemerlap lampu Kota Batu dan sekitarnya bisa kamu saksikan selama perjalanan. Keren deh pokoknya!

Nah, itu dia sederet gunung di Jawa Timur yang cocok untuk pendaki pemula dan mereka yang punya jadwal padat. Gimana, sudah siap untuk melihat sunrise atau lautan awan? Eits, setelah sampai puncaknya, jangan lupa bawa kembali sampah-sampahmu ya!