6 Hal Penting yang Dibutuhkan Anak Laki-laki dari Ayahnya, Apa Saja Ya?

23 October 2019, at 17:00
0
0
6 Hal Penting yang Dibutuhkan Anak Laki-laki dari Ayahnya, Apa Saja Ya?

Ayah memiliki peran yang penting dalam perkembangan dan pembentukan karakter buah hati. Pada anak laki-laki, sosok ayah menjadi panutan atau role model dalam segala hal.

Oleh sebab itu, berikut ini beberapa hal yang dibutuhkan oleh anak laki-laki dari ayahnya. Kira-kira apa saja ya?

1. Kehadiran Sosok Ayah

ayah dan anak
pexels.com/@margemedia

Kehadiran sosok ayah merupakan salah satu hal penting yang dibutuhkan oleh anak laki-laki. Bukan hanya di saat-saat tertentu saja, namun juga disetiap momen dalam hidupnya.

Adanya ayah dalam segala kondisi akan memberikan dukungan yang kuat pada kehidupan anak. Hal ini secara nggak langsung juga memberikan contoh kepada si kecil bahwa keluarga merupakan sesuatu yang penting dan berharga.

2. Melihat Kepemimpinan Ayahnya

sosok ayah
pexels.com/@florian-koppen-1435482

Selain kehadiran, anak laki-laki juga perlu melihat bagaimana ayah dalam menjadi pemimpin dalam keluarga kecil mereka.

Jika kepemimpinan si kecil akan terasah sejak dini apabila terbiasa melihat ayahnya dapat diandalkan, tegas, dan dapat memenuhi tugasnya dengan baik.

3. Melihat Ayah Mencintai Ibunya

keluarga
pexels.com/@vidalbalielojrfotografia

Tahu nggak sih, menunjukkan rasa cinta kepada istri (ibu anak) merupakan salah satu hal yang diperlukan oleh si kecil lho. Pasalnya, hal tersebut bisa menjadi contoh bagi buah hati dalam menghadapi dan memperlakukan pasangannya kelak saat sudah dewasa.

Memberikan pelukan atau kecupan manis saat berangkat dan pulang kerja, membantu istri mengerjakan tugas rumah, berbicara dengan suara lembut, dan lain sebagainya merupakan hal-hal yang bisa ayah lakukan di depan anak.

Baca Juga: Nggak Cuma Ibu, Ayah Juga Punya Peranan Penting dalam Perkembangan Si Kecil

4. Melihat Sisi Kegagalan Ayah

pendidikan anak
pexels.com/@leah-kelley-50725

Sebagai sosok pemimpin dalam keluarga, mungkin ayah nggak ingin menunjukkan kelemahan atau kegagalannya kepada anak. Padahal, sisi tersebut merupakan salah satu yang dibutuhkan oleh si kecil lho.

Pepatah mengatakan bahwa guru terbaik adalah kegagalan. Melihat kegagalan dan cara ayah mengatasi hal tersebut akan membuat anak belajar bagaimana cara mengatasi masalah atau tantangan yang nantinya mungkin akan muncul dalam hidupnya sebagai orang dewasa.

5. Mendapatkan Pujian dan Kritikan dari Ayah

peran ayah
pexels.com/@baphi

Ibu memang biasanya menjadi sosok yang lebih dekat dan ada di setiap momen penting anak. Meskipun demikian, bukan berarti ayah nggak bisa memberikan pujian maupun kritikan yang membangun untuk buah hati.

Memberikan pujian dengan mengatakan bahwa anak hebat karena sudah membantu ibu megambil piring, atau dengan tegas mengatakan bahwa yang dilakukan buah hati merupakan sebuah kesalahan sehingga lebih baik ia nggak mengulanginya adalah sesuatu yang penting untuk dilakukan.

6. Mendapatkan Perhatian dan Kehangatan dari Ayah

anak bermain dengan ayah
pexels.com/@mariana-kurnyk-844465

Anak laki-laki juga butuh mendapatkan perhatian serta kehangatan dari sosok ayah. Meskipun mungkin nggak bisa selembut ibu, ayah bisa menunjukkan kasih sayang dengan hal-hal yang sederhana.

Sesekali memeluk si kecil, mengelus kepalanya, dan lain sebagainya bisa membuat anak merasa dicintai dan dilindungi.

Nah, itu dia Sobat Qupas 6 hal penting yang perlu ditunjukkan oleh ayah kepada anak laki-laki agar menjadi pedoman saat dewasa kelak.

0 Comment