6 Kebiasaan Sederhana untuk Wajah Bebas Pori Menganga Lebar

04 October 2018, at 14:01
0
0
6 Kebiasaan Sederhana untuk Wajah Bebas Pori Menganga Lebar

Pori-pori wajah yang membesar bisa jadi persoalan yang cukup menghantui. Selain membuat kulit tidak mulus, masalah ini bisa memicu timbulnya jerawat dan komedo.

Tapi tahukah kamu, cara mengecilkan pori-pori ternyata bisa dimulai dari kebiasaan yang paling sederhana lho. Seperti membersihkan area wajah secara rutin dan benar.

Bila kamu sedang bermasalah dengan pori-pori wajah yang membesar, pas banget nih. Qupas telah merangkum 6 kebiasaan sederhana yang bisa membuat lubang pori-pori menutup. Seperti berikut ini.

1. Membersihkan Wajah Secara Benar

wajah berminyak
tstatic.net

Salah satu pemicu yang bisa membuat pori-pori melebar adalah produksi sebum (zat minyak pada wajah) yang berlebihan dan tidak mendapatkan perawatan yang benar. Maka dari itu, membersihkan wajah secara rutin bisa menghindarkan kamu dari masalah yang satu ini.

membersihkan wajah dengan sabun
visoko.co.ba

Gunakanlah sabun muka yang bebas minyak dan selalu bilas dengan air dingin. Sabun ini akan menghilangkan minyak, debu, dan kotoran lainnya yang menempel penyebab pori-pori wajah membesar.

Jangan lupa untuk membilasnya dengan air dingin. Sebab air dingin akan menutup pori-pori di wajahmu.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Komedo yang Membandel, Biar Nggak Balik Lagi!

2. Memakai Masker Alami

kompres es batu untuk mengecilkan pori-pori
lifealth.com

Cara alami yang paling umum dilakukan untuk mengecilkan pori-pori adalah dengan kompres es batu. Suhu dinginnya akan membuat pori-pori menutup, namun cara ini hanya bertahan sementara.

Untuk hasil yang lebih permanen, kamu bisa menggunakan masker wajah alami. Caranya adalah dengan membuat masker dari buah-buahan yang bisa kamu temukan dirumah, salah satunya lemon.

masker putih telur
arabicpost.net

Kandungan vitamin C dan antioksidan dalam lemon dikenal memiliki manfaat yang baik untuk kulit. Dengan membuat masker dari campuran lemon dengan putih telur, dipercaya bisa mengencangkan kulit dan mengecilkan pori-pori.

Langkahnya adalah:

- kocok putih telur dengan campuran lemon

- oleskan pada wajah dan tunggu hingga mengering

- bilas dengan air dingin hingga bersih

Dengan rajin menggunakan masker alami ini, wajahmu bisa mulus bebas dari pori-pori yang membesar.

3. Memakai Clay Mask

mengaplikasikan clay mask
bigcartel.com

Selain masker alami, kamu bisa menggunakan clay mask (masker tanah liat) yang bisa kamu beli di pasaran. Produk perawatan kecantikan yang satu ini ampuh untuk mengecilkan pori-pori.

Tekstur dari clay mask mampu menerobos masuk ke dalam pori-pori yang tersumbat dan mengangkat kotorannya. Sehingga tampilan pori-pori akan lebih kecil.

clay mask
christinamossnaturals.com

Carilah clay mask yang memiliki kandungan bentonit dan tanah liat kaolin di dalamnya. Bentonit adalah lumpur yang mengandung berbagai mineral dan sifat detosifikasi. Sedangkan tanah kaolin adalah tanah liat yang berfungsi mencegah peradangan pada kulit.

Dua elemen tersebut sangat bagus untuk pori-pori dan jerawat. Untuk hasil yang maksimal, gunakan clay mask 1-2 kali dalam seminggu, yang bagus biasanya keluaran merek skin care Korea.

4. Perhatikan Pola Makan

makan sembarangan
parents.com

Salah satu penyebab pori-pori di wajah terus muncul adalah karena pola makan yang buruk. Makanan yang tidak sehat dan mengandung banyak lemak akan memicu produksi minyak berlebih penyebab pori-pori terlihat besar.

ilustrasi mengonsumsi sayur dan buah
nit.pt

Untuk itu, kurangi konsumsi makanan berlemak dan perbanyak asupan buah dan sayur. Buah dan sayur yang bisa membantu mengcilkan pori-pori diantaranya.

-sayuran yang mengandung zinc dan vitamin c

-mentimun

-wortel

Selain itu, kurangi mengonsumsi minuman ringan yang manis dan jaga agar tubuh tetap terhidrasi dengan banyak minum air putih.  

5. Hindari Memencet Jerawat dan Komedo

memencet Jerawat
hellomagazine.com

Jerawat dan komedo adalah dua masalah yang bisa sangat menjengkelkan. Banyak perempuan yang secara tidak sadar memencet jerawat dan komedo mereka menggunakan tangan. Kalau kamu memiliki kebiasaan itu, stop mulai sekarang ya.

penyebab pori-pori tersumbat
wapa.pe

Tangan yang kotor akan membuat bakteri dan kotoran masuk ke dalam bekas luka jerawat atau komedo. Akibatnya pori-pori akan tersumbat dan membuatnya semakin terlihat besar.

Baca juga: Yuk Ketahui Perbedaan Penggunaan dan Manfaat Peeling dengan Scrub!

6. Hindari Paparan Sinar Matahari

paparan sinar matahari di wajah
dianewaldermd.com

Paparan sinar matahari langsung tidak hanya bisa merusak kulit. Tapi juga akan memperbesar pori-pori di wajah lho.

ilustrasi kulit semakin menipis karena sinar matahari
vkool.com

Sinar UV akan masuk ke dalam kulit kemudian menghancurkan kolagen dan elastin. Akibatnya, kulit semakin menipis dan pori-pori semakin terlihat jelas.

Untuk itu, jangan lupa untuk menggunakan sun block sebelum kamu beraktivitas di luar ruangan.

Nah, itulah 6 kebiasaan sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memperkecil pori-pori. Sudah siap untuk tampil mulus bebas pori?

0 Comment