6 Kegiatan Nggak Terduga Ini Ternyata Bisa Mencerdaskan Otakmu

21 May 2019, at 00:00
1
0
6 Kegiatan Nggak Terduga Ini Ternyata Bisa Mencerdaskan Otakmu

Siapa sih yang ingin memiliki otak sehat dan cerdas? Memiliki pemikiran yang jernih, konsentrasi yang baik dan penalaran tajam merupakan idaman semua orang.

Ternyata hal ini nggak selalu dipengaruhi oleh faktor keturunan lho. Kamu bisa mewujudkan hal tersebut dengan menerapkan beberapa kebiasaan nggak terduga berikut.

Hal ini sudah dibuktikan dalam penelitian yang menyebutkan bahwa kekuatan otak yang hebat atau bahkan IQ tinggi nggak dipengaruhi sepenuhnya oleh genetika, melainkan juga gaya hidup.

Baca Juga: Penyakit Ini Bisa Muncul Jika Kamu Nggak Pernah Sarapan!

1. Sarapan

sarapan
pexels.com/@eira

Sarapan merupakan kegiatan di pagi yang sangat berpengaruh pada kesehatan, termasuk kecerdasan otak. Melewatkan makan pagi bisa membuat otak kekurangan nutrisi sehingga nggak bisa berkonsentrasi.

Selain itu, pemilihan menu sarapan juga sangat menentukan. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sarapan dengan makanan yang mengandung lemak dapat meningkatkan daya ingat.

2. Tidur Siang

tidur siang
pexels.com/@olly

Nggak disangka, tidur siang memiliki manfaat yang salah satunya adalah mencerdaskan otak.

Menurut sebuah studi yang dilakukan di University of California, Amerika Serikat, ketika tidur siang terjadi pemindahan informasi dari hipokampus ke dalam penyimpanan memori yang lebih permanen yaitu korteks.

Oleh sebab itu, tidur siang mampu meningkatkan kinerja otak. Kamu disarankan melakukan kegiatan tersebut selama 10-20 menit.

3. Jalan-jalan

jalan-jalan
pexels.com/@dodogr8

Ternyata jalan-jalan bukan sekadar kegiatan yang menyenangkan lho, hal ini juga bisa meningkatkan kecerdasan otak.

Kondisi tersebut terjadi karena ketika sedang berjalan-jalan, kamu akan menemukan berbagai hal yang baru. Secara nggak langsung kinerja otak terasah karena akan merekam, menginput, dan menyimpan semua informasi baru tersebut.

Baca Juga: Dampak Bermain Game Bagi Kesehatan yang Harus Kamu Ketahui

4. Bermain Game

bermain
pexels.com/@fotografierende

Bermain game nggak selamanya memberikan dampak negatif apabila kamu nggak melakukannya secara terus-menerus.

Permainan seperti puzzle, sudoku, catur, dan lain sebagainya justru bisa melatih dan mengasah kemampuan otak pada sistem kognitif sehingga dapat mencegah kepikunan.

5. Olahraga

olahraga
pexels.com/@timmossholder

Olahraga ternyata nggak hanya baik untuk kesehatan fisik dan mental saja, namun juga berpengaruh pada kecerdasan otak.

Nggak harus olahraga yang berat, berjalan kaki saja sudah bisa memberikan dampak yang besar seperti mengalirkan lebih banyak darah dan oksigen ke otak atau meningkatkan pertumbuhan sel-sel baru.

6. Bicara

bicara
pexels.com/@pixabay

Siapa sangka, bicara ternyata bisa meningkatkan kecerdasan otak. Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian yang melibatkan sebanyak 3.617 orang untuk mengetahui keterkaitan antara sosialisasi dan fungsi otak.

Hasilnya, orang yang paling banyak mengobrol mengalami gangguan kognitif yang paling rendah diantara lainnya.

Nah, itu dia Sobat Qupas kegiatan-kegiatan nggak terduga yang ternyata bisa menyehatkan dan mencerdaskan otak. Luar biasa mudah kan, yuk dilakukan!

0 Comment