6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Traveling, Kamu Pernah Nggak?

16 July 2019, at 17:00
0
0
6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Traveling, Kamu Pernah Nggak?

Traveling atau jalan-jalan sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian besar orang. Nggak hanya bersenang-senang, kegiatan tersebut juga bisa memperbarui energi dan memiliki dampak yang baik bagi kesehatan.

Melakukan perjalanan ke suatu kota atau destinasi wisata memiliki tantangan tersendiri. Nggak jarang, wisatawan melakukan hal yang ceroboh dan salah.

Oleh sebab itu, kamu perlu memerhatikan beberapa kesalahan yang sering dilakukan oleh wisatawan berikut ini agar nggak terulang lagi.

Baca Juga: Nggak Harus Mahal, Begini Tips Traveling Hemat yang Bisa Kamu Terapkan

1. Nggak Mematuhi Adab dan Peraturan Tempat Tersebut

nggak mematuhi peraturan
pexels.com/@pixabay

Kesalahan pertama yang sering dilakukan oleh wisatawan saat traveling adalah nggak mematuhi peraturan dan adab dari tempat yang dikunjungi.

Bagaimana pun juga, sebuah tempat selalu memiliki peraturan apalagi jika objek wisata tersebut merupakan situs bersejarah dan sudah tua.

Pihak pengelola pasti membuat aturan tersebut dengan alasan yang kuat dan demi kebaikan. Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang diperbolehkan dan dilarang dari tempat yang kamu kunjungi.

2. Terlalu Banyak Membawa Uang Tunai

terlalu banyak membawa uang tunai
pexels.com/@pixabay

Salah satu kesalahan saat traveling selanjutnya adalah terlalu banyak membawa uang tunai. Saat mengunjungi tempat baru, ada baiknya jika kamu menyimpan uang di bank atau aplikasi pembayaran online.

Hal tersebut dilakukan agar nggak menarik perhatian, terutama penjahat, agar liburanmu tetap aman. Akan tetapi jika kamu berlibur ke tempat yang cukup terpencil, usahakan untuk menyimpan uang di tempat yang paling aman dan dipisah-pisahkan.

3. Selalu Sibuk dengan Gawai

sibuk dengan gawai
pexels.com/@giftpundits-com-551816

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh wisatawan saat traveling adalah terlalu fokus pada gawainya. Pasalnya, hal tersebut akan membuatmu kehilangan banyak momen menarik dalam perjalanan tersebut.

Selain itu, hal ini juga bisa menambah risiko terjadinya kejahatan dan kecelakaan selama perjalanan lho.

Baca Juga: Sering Bingung Milih Oleh-Oleh Saat Traveling? Lakukan Trik Mudah Ini

4. Nggak Memiliki Informasi yang Cukup Tentang Tujuan Wisata

nggak memiliki informasi tentang tujuan wisata
pexels.com/@element5

Sebelum pergi ke suatu tempat untuk traveling, ada baiknya jika kamu mencari informasi tentang destinasi wisata tersebut sedetail mungkin.

Nggak hanya terkait fasilitas dan letaknya, namun juga tentang rata-rata harga makanan, transportasi, penginapan, dan lain sebagainya. Hal ini penting dilakukan agar kamu nggak mudah tertipu dan menjadi lebih aman di tempat asing tersebut.

5. Berbicara Sembarangan

berbicara sembarangan
pexels.com/@rawpixel

Saat berada di tempat baru, tentu saja ada paling nggak sedikit budaya dan tata krama yang berbeda dari daerah asalmu.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kamu nggak berbicara sembarangan saat traveling karena nggak semua orang paham apa yang kamu maksud. Berusahalah untuk tetap sopan kepada siapapun agar nggak terjadi kesalahpahaman.

6. Asal Mengambil Gambar dan Video Tanpa Izin

asal mengambil gambar dan video tanpa izin
pexels.com/@henry-marsh-11559

Beberapa tempat wisata, terutama situs bersejarah, nggak memperbolehkan pengunjung untuk mengambil foto maupun video dengan maksud menghargai.

Oleh sebab itu, kamu sebaiknya nggak melakukan hal ceroboh seperti asal memotret atau merekam tanpa izin sebelum mengetahui peraturan yang berlaku karena hal tersebut akan merugikanmu.

Baca Juga: 8 Tipe Traveler Zaman Now, Hayo Ngaku Kamu yang Mana?

Traveling nggak hanya tentang bersenang-senang, kamu tetap harus menaati segala peraturan dan menghargai kebudayaan destinasi wisata tersebut.

Berusahalah untuk menjadi wisatawan yang bijak agar traveling lebih nyaman, dompet tetap aman, dan mendapatkan pengalaman yang maksimal ya Sobat Qupas!

0 Comment