6 Kuliner Mudik Jalur Pemalang-Pekalongan-Batang yang Lezatnya Susah Dilupakan

29 May 2019, at 06:00
1
0
6 Kuliner Mudik Jalur Pemalang-Pekalongan-Batang yang Lezatnya Susah Dilupakan

Yeah....Asyik! Lebaran sebentar lagi tiba. Itu artinya jalanan bakal ramai dengan pemudik. Berbondong-bondong buat pulang ke kampung halaman.

Rasanya nggak lengkap kalau mudik nggak mencicipi kuliner yang ada di sepanjang jalur yang dilewati. Nah, Qupas punya 6 rekomendasi kuliner untuk jalur mudik Pemalang-Pekalongan-Batang nih.

Catat lokasi tempat makannya ya, biar nggak kelewatan!

1. Lontong Dekem

lontong dekem pemalang
instagram.com/duhlaperbanget

Masakan khas daerah yang bisa kamu cicipi saat berada di Pemalang. Dipadukan antara kuah soto yang gurih dan taoge rebus dengan cita rasa yang khas. Sensasi krenyes-krenyesnya bikin kamu ketagihan banget nih.

Kuah beningnya mirip sekali dengan kuah soto, kuning dan menyegarkan. Ada potongan lontong dan parutan kelapa sangrai, lengkap dengan kerupuk mie warna-warni.

Lokasi Lontong Dekem : Lontong Dekem Pak Drajat

Buka dari : 10:00-22:00 WIB

2. Nasi Grombyang

nasi grombyang pemalang
instagram.com/venijulianti

Kuliner khas Pemalang selanjutnya ini sekilas mirip rawon dengan kuah hitamnya yang terbuat dari kluwek. Tapi cita rasanya terbilang cukup berbeda, nasi grombyang punya rempah yang kuat dan kelapa sangrai yang khas.

Ada irisan daging sapi atau kerbaunya yang melimpah dan teksturnya pun terasa empuk. Tambahkan kecap dan sambal agar lebih terasa nikmat.

Lokasi Nasi Grombyang : Nasi Grombyang Bapak Haji Warso

Buka dari : 09:00-21:00 WIB

3. Pindang Tetel

pindang tetel pekalongan
instagram.com/pekalonganrame

Makanan khas Pekalongan yang punya menu isian nggak sesuai dengan namanya. Mungkin yang terlintas di pikiranmu adalah pindang iris, ternyata bukan lho.

Isiannya adalah daging sapi, jeroan sapi, dan tulang muda yang diiris kecil dan diberi kuah bumbu kluwek yang menghasilkan warna hitam. Ada sayur-mayur dan parutan kelapa sangrai ditambahkan untuk menu masakan istimewa.

Lokasi Pindang Tetel : Warung Pindang Tetel "Bu Ning"

Buka dari : 09:00-20:00 WIB

Baca juga : 8 Kuliner Solo dengan Rasa Sejuta Rempah-Rempah

4. Soto Tauto

soto tauto pekalongan
resepkoki.id

Soto khas Pekalongan ini bisa kamu coba masak di rumah dengan bumbu sederhana lho. Bumbu manis tauco yang bikin ketagihan dan daging sandung lamur serta renyahnya emping goreng.

Irisan daun seledrinya pun melimpah. Begitu pula cita rasa pedas, manis, masam, bisa kamu rasakan.

Lokasi Soto Tauto : Soto Tauto Bang Dul

Buka dari : 06:30-22:00 WIB

5. Lontong Lemprak

lontong lemprak
instagram.com/gez_0909

Sekilas tampilannya seperti opor ayam kampung, namun tambahan tahu rebus dan kuah santan kuning yang melimpah. Membuat banyak orang merasa kenyang saat memakannya walau hanya satu porsi saja.

Cita rasa gurih pedas dengan tambahan sambal terasi yang lezat dan nikmatnya terasa walau tinggal suapan terakhir saja.

Lokasi Lontong Lemprak : Lontong Lemprak Mbak Mur

Buka dari : 17:00-21:00 WIB

6. Serabi Tangkep

serabi tangkep
instagram.com/santhiserad_food

Serabi khas Batang ini punya rasa gurih dan manis dari parutan kelapa ataupun gula merah yang bisa bikin kamu ketagihan saat memakannya.

Apalagi dengan ukurannya yang jumbo hingga mencapai 30 cm, wah pas banget tuh kalau dimakan bareng-bareng satu keluarga.

Lokasi Serabi Tangkep : Desa Wisata Pandan Sari 

Buka dari : 06:00-12:00 WIB

Itulah makanan daerah yang bisa kamu nikmat selama perjalanan di jalur mudik Pemalang-Pekalongan-Batang yang khas. Dijamin deh, enaknya nggak kalah dari kuliner di daerahmu.

0 Comment