6 Kuliner Nusantara yang Bisa Kamu Jajal di Sepanjang Jalur Mudik Cirebon – Brebes

24 May 2019, at 19:00
0
0
6 Kuliner Nusantara yang Bisa Kamu Jajal di Sepanjang Jalur Mudik Cirebon – Brebes

Mudik sudah menjadi budaya orang Indonesia menjelang hari raya Idul Fitri. Banyak perantau yang memboyong serta keluarganya dan mengunjungi kampung halaman hanya untuk bertemu orang tua dan keluarga besar.

Nah, khusus buat sobat Qupas yang akan melewati jalur mudik Cirebon-Tegal-Brebes, nggak ada salahnya lho untuk mencicipi rekomendasi kuliner enak di sejumlah tempat. Seperti beberapa rekomendasi kuliner Nusantara berikut ini.

1. Empal Gentong

empal gentong cirebon
instagram.com/elizasetiawan

Kuliner khas Cirebon ini memiliki tampilan mirip dengan gulai. Dimasak dengan cara tradisional menggunakan kayu bakar di dalam gendong. Isiannya berbagai macam jeroan sapi, seperti babat dan usus.

Dijual dengan harga Rp23.000,00 per porsinya. Selain empal gentong, kamu juga bisa mencicipi menu tahu gejrot yang bisanya disajikan untuk pendamping masakan berkuah santan ini.

Lokasi Empal Gentong : Disepanjang Jalan Ir.H. Juanda, Cirebon

Buka dari : 09:00-21:00 WIB

2. Nasi Lengko

nasi lengko cirebon
​​​​​​​instagram.com/imndt98

Kamu juga bisa mencicipi kuliner legendaris di Cirebon yang sudah ada sejak tahun 1986 yang lalu ini. Dengan isian nasi putih hangat dan irisan daun bawang melimpah, selera makanmu pasti makin bertambah.

Cita rasa pada masakan ini nggak pernah berubah lho. Satu porsi nasi lengko dijual dengan harga Rp13.000,00 saja.

Lokasi Nasi Lengko : Nasi Lengko H.Barno.

Buka dari : 08:00-22:00 WIB

3. Sate Blengong

sate blengong brebes
instagram.com/bubueataway

Buat kamu yang ingin mencicipi menu masakan khas Brebes juga bisa lho, dengan mengunjungi salah satu rumah makan sate Blengong. Blengong sendiri merupakan hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok.

Tekstur dagingnya seperti daging bebek namun lebih mudah dikunyah dan nggak banyak serat. Biasanya disajikan dengan kupat glabed lengkap dengan kerupuk warna warni.

Lokasi Sate Blengong : Pondok Kupat Sate Blengong Bapak Katsuri Rajak.

Buka dari : 15:00-19:00 WIB

Baca juga : 8 Kuliner Tegal yang Memanjakan Perut, Yahud!

4. Kupat Glabed

kupat glabed
instagram.com/pawon_mbak_iwed

Menu masakan yang bisa kamu coba di Brebes selanjutnya adalah Kupat Glabed. Sekilas warnanya seperti opor yang punya kuah lebih kuning dan tambahan bumbu kencur ataupun jahe.

Glabed merupakan sebuah kata untuk menggambarkan menu masakan berkuah kental. Memiliki isian tempe dan tahu rebus, lengkap dengan irisan daging ayam yang empuk.

Lokasi Kupat Glabed : Daerah Kauman, Brebes.

Buka dari : 15:00-23:00 WIB

5. Soto Tauco Senggol

soto tauco senggol
instagram.com/rizkajohari

Soto khas Tegal ini sekilas mirip dengan soto pada umumnya. Hanya saja bumbu yang digunakan adalah bumbu tauco.

Nggak heran kalau namanya Sauto atau Soto Tauco. Isiannya ada daging ayam suwir dan daun bawang yang melimpah. Masakan ini bisa mengurangi rasa pusing di kepala karena kehangatan kuahnya, lho.

Lokasi Soto Tauco Senggol : Kawasan Pasar Senggol

Buka dari : 09:00-23:00 WIB

6. Lontong Cap Go Meh

lontong cap go meh
instagram.com/filipusverdi

Kuliner Tegal yang selalu menjadi santapan saat perayaan Imlek ini juga bisa kamu cicipi. Kuah bumbunya mirip dengan sayur lodeh.

Tapi ada tambahan isian telur bumbu merah dan suwiran ayam. Bumbunya pun terasa lezat dengan irisan ketupat berukuran jumbo. Harganya hanya Rp15.000,00 saja lho.

Lokasi Lontong Cap Go Meh : Warung Bu Wing

Buka dari : 08:00-20:00 WIB

Itulah enam kuliner khas Tanah Air yang bisa kamu coba cicipi saat melintas jalur mudik dari Cirebon-Tegal-Brebes. Tentunya dengan sajian berkuah dan nasi yang hangat bisa meredakan mabuk perjalanan.

0 Comment