6 Langkah Mudah Ajari Anak Minta Maaf, Mulai Sejak Dini Ya!

03 September 2019, at 17:00
0
0
6 Langkah Mudah Ajari Anak Minta Maaf, Mulai Sejak Dini Ya!

Meminta maaf bukanlah hal yang mudah bagi beberapa orang. Bukan hanya anak kecil, orang dewasa saja terkadang masih enggan untuk melakukannya.

Oleh sebab itu, sebagai orang tua kamu harus mengajarkan kepada buah hati untuk terbiasa meminta maaf dengan tulus dan mengakui kesalahan yang diperbuat.

Berikut ini beberapa langkah mudah ajari anak minta maaf yang telah tim Qupas rangkum untukmu. Lakukan sejak dini ya!

1. Bersikap Netral

bersikap netral
edition.cnn.com

Ego anak masih tinggi, sehingga saat menghadapi masalah biasanya belum terlalu memahami dan merasa kesulitan untuk menentukan siapa yang harus meminta maaf. Hasilnya, mereka akan cenderung saling menyalahkan.

Melihat hal tersebut, Bunda sebaiknya tetap bersikap netral dan nggak membeli siapapun. Berikan pengertian kepada buah hati bahwa nggak harus bersalah untuk meminta maaf dan melakukan hal tersebut bukan berarti mengalah.

2. Lakukan Bersama

lakukan bersama
gigglemagazine.com

Bagaimana pun, meminta maaf dan mengakui kesalahan memang bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Oleh sebab itu, anak-anak terkadang merasa takut dan ragu saat akan melakukannya.

Untuk membuat anak lebih berani, orang tua bisa menawarkan untuk melakukannya bersama-sama. Selain itu, Bunda juga bisa mengajak buah hati untuk menulis surat permintaan maaf apabila ia tetap merasa kesulitan.

3. Jangan Memaksa

jangan memaksa
todaysparent.com

Meminta maaf dan mengakui kesalahan memang harus dibiasakan sejak dini. Akan tetapi, bukan berarti Bunda boleh memaksa buah hati untuk melakukannya ya!

Pasalnya, hal tersebut justru akan membuat perasaannya terluka dan merasa malu. Lagi pula, melakukan permintaan maaf yang terpaksa berarti anak masih belum bisa mengakui kesalahannya secara tulus.

Baca Juga: Kakak dan Adik Suka Bertengkar? Ternyata Ada Manfaatnya Lho Bunda

4. Jangan Emosi

jangan emosi
hellosehat.com

Selain nggak boleh memaksa, kamu juga nggak seharusnya emosi dan marah-marah saat meminta anak untuk meminta maaf kepada teman atau saudaranya.

Jika hal ini terjadi, buah hati hanya akan melakukan hal tersebut karena takut dimarahi atau mendapatkan hukuman darimu.

5. Memberi Contoh

memberi contoh
licesquad.com

Apabila anak masih belum mau meminta maaf, entah karena masih emosi atau hal lain, Bunda harus siap sedia melakukan hal tersebut untuknya.

Permintaan maaf yang kamu lakukan secara nggak langsung akan menjadi contoh yang baik untuk anak dan membuatnya merasa lebih baik.

6. Pastikan Permintaan Maafnya Tulus

permintaan maaf nggak tulus
bigthink.com

Selain mengajarkan anak untuk minta maaf, orang tua juga perlu memastikan bahwa permintaan maaf tersebut tulus dan buah hati memang sudah memahami apa kesalahannya.

Apabila si kecil sangat mudah meminta maaf akan tetapi kemudian masih mengungkit hal tersebut, sepertinya Bunda membutuhkan waktu yang lebih untuk memberikan penjelasan kepadanya.

Jadi 6 langkah mudah di atas bisa Sobat Qupas terapkan kepada buah hati untuk belajar minta maaf ya. Jangan mudah menyerah dan lakukan secara rutin agar anak mudah mengerti.

0 Comment