6 Macam Bentuk Makeup Sponge yang Harus Kamu Kenali Kegunaannya

30 November 2019, at 18:00
0
0
6 Macam Bentuk Makeup Sponge yang Harus Kamu Kenali Kegunaannya

Tanpa aplikator yang tepat, foundation dengan kualitas sebagus apapun nggak akan terlihat sempurna di wajah. Karena masalah inilah, kemudian makeup sponge hadir untuk memudahkan beauty enthusiast.

Saat ini, makeup sponge atau beauty blender yang dijual di pasaran punya beragam warna yang menggoda. Selain itu, bentuknya pun berbeda-beda hingga terkadang bikin bingung.

Nah, kalau kamu berniat membeli aplikator makeup yang satu ini, kenali dulu yuk jenis beauty blender berikut kegunaannya berikut ini!

1. Egg Shape Makeup Sponge

Egg Shape Makeup Sponge
instagram.com/etudehouseofficial

Bentuknya seperti telur, ini adalah jenis makeup sponge yang paling terkenal dan mudah ditemui di mana-mana. Fungsi utamanya adalah untuk mengaplikasikan produk bertekstur cair, gel, ataupun cream. Misalnya seperti foundation, concealer, hingga pelembap wajah.

Selain itu, egg shape makeup sponge juga dibutuhkan saat melakukan teknik baking makeup. Biasanya, cara penggunaannya dengan dibasahi terlebih dahulu.

2. Flat Ended Makeup Sponge

Flat Ended Makeup Sponge
instagram.com/masamishouko

Bentuk beauty blender ini sedikit mirip dengan egg shape makeup sponge. Hanya saja, bagian bawahnya dibuat rata.

Dengan bentuk seperti ini, flat ended makeup sponge dikenal punya 3 fungsi. Sisi cembungnya untuk mengaplikasikan base makeup pada area yang luas.

Sisi bawahnya yang rata dipakai untuk contouring. Sedangkan ujungnya yang runcing dimanfaatkan untuk meratakan base makeup di bagian-bagian sempit yang sulit dijangkau. Seperti area di sekitar hidung dan mata.

3. Pear Shape Makeup Sponge

Pear Shape Makeup Sponge
instagram.com/elfcosmetics

Dinamai pear shape makeup sponge, bentuknya dibuat cekung di bagian tengahnya. Tujuannya adalah untuk memudahkan pemakainya saat memegangnya.

Dengan begitu hasil riasan diharapkan bisa lebih sempurna. Terlebih lagi, bagian lancipnya juga bisa dipakai untuk meratakan base makeup hingga di bagian paling sempit.

Baca juga: Rekomendasi Beauty Blender Lokal yang Bagus dan Ramah di Kantong

4. Micro Mini Makeup Sponge

Micro Mini Makeup Sponge
instagram.com/lamicabeauty

Bentuknya memang sama persis seperti egg shape makeup sponge. Tapi, beauty blender yang satu ini ukurannya jauh lebih kecil.

Fungsinya sendiri adalah untuk meratakan concealer di area tersempit di sekitar mata dan hidung. Selain itu, kamu bisa memakainya untuk mengaplikasikan cream blush dan mengoreksi riasan yang belepotan.

5. Cosmetic Wedges Makeup Sponge

wedges makeup sponge
amazon.com

Cosmetic wedges makeup sponge bisa dikenali dari sisinya yang bersudut. Bentuknya bisa bermacam-macam, misalnya seperti segitiga, trapesium, dan masih banyak lainnya.

Dari macam beauty blender lainnya, bentuk yang satu ini diklaim nggak banyak menyerap produk makeup. Selain itu, biasanya hadir dalam jumlah banyak karena memang ditujukan untuk sekali pemakaian.

6. Silicone Sponge

silicone sponge
instagram.com/masamishouko

Secara penampilan, bahan makeup sponge ini jelas berbeda dari ragam beauty blender lainnya. Hadir sekitar awal 2017 lalu, aplikator makeup ini nggak akan menyerap produk makeup.

Kabar baiknya lagi, silicone sponge sangat mudah untuk dibersihkan dan anti jamur. Dari review penggemarnya, beauty blender ini juga disebut-sebut mampu memberi hasil yang lebih merata.

Baca juga: 4 Cara Mencuci Beauty Blender Biar Awet Dipakai Berkali-kali

Nah, itulah ragam bentuk makeup sponge berikut masing-masing kegunaannya. Kamu bisa coba yang mana saja lho, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan pilih yang paling nyaman untukmu.

0 Comment