6 Makanan Fermentasi Asal Indonesia, Ada yang Sudah Mendunia Lho!

21 September 2019, at 09:00
0
0
6 Makanan Fermentasi Asal Indonesia, Ada yang Sudah Mendunia Lho!

Ada banyak kuliner khas Indonesia yang lezat, nikmat, dan harganya murah meriah. Dari Sabang sampai Merauke, ratusan ribu kuliner siap disajikan untuk siapa saja. Dari yang punya racikan turun temurun hingga kuliner hasil perpaduan dengan negara lain, semuanya tersaji dalam seporsi menu yang menggoyang lidah.

Selain itu, ada pula kuliner Indonesia berdasarkan cara pengolahannya yang juga menjadi favorit. Seperti dengan cara fermentasi. Seperti 7 makanan tradisional Indonesia hasil fermentasi berikut ini. Kira-kira kamu pernah coba atau belum?

1. Oncom

makanan fermentasi di indonesia
instagram.com/yendia.js

Bahan dasar pembuatan oncom yaitu dari limbah makanan yang berasal dari ampas tahu, ampas singkong, dan ampas kelapa. Ada dua macam oncom, yaitu oncom merah dan onco, hitam.

Oncom merah terbuat dari ampas tahu. Sedangkan oncom hitam terbuat dari bungkil kacang tanah.. Biasanya kedua jenis makanan ini diolah menjadi sambal atau keripik yang gurih.

2. Sambal Tempoyak Durian

sambal tempoyak durian
tastemade.com

Tempoyak adalah durian yang difermentasi. Biasanya disajikan sebagai menu santap nasi di beberapa daerah seperti, Bengkulu, Palembang, dan Lampung.

Cara pembuatannya yaitu daging durian diberi garam dan dimasukkan ke dalam toples selama 3-5 hari. Rasanya pun sangat asam.

3. Lemea

lemea
instagram.com/des_amanda

Kuliner khas Bengkulu ini merupakan olahan aneka jenis ikan. Bahan dasarnya adalah rebung.

Kemudian, rebung dicincang dan dimasukkan ke dalam wadah yang ditutupi dengan daun pisang untuk difermentasikan. Lama proses fermentasi bisa memakan waktu hingga 3 hari.

Baca juga: 5 Cara Tepat Mengurangi Porsi Makan Tanpa Harus Menahan Lapar

4. Tempe

makanan fermentasi indonesia tempe
fullofplants.com

Makanan khas Indonesia yang sudah mendunia ini memiliki tekstur menyerupai daging. Nggak salah kalau banyak pelaku vegan yang sering kali mengganti olahan daging sapi dengan tempe.

Tempe juga hasil dari fermentasi yang terbuat dari kedelai kuning. Konon, makanan ini sudah ada di Indonesia sejak abad ke-16 yang lalu lho.

5. Brem

makanan hasil fermentasi brem
omiyago.com

Makanan tradisional khas Indonesia ini juga makanan fermentasi yang dibuat dari sari tape beras ketan. Tentunya dengan bantuan jamur Saccharomyces cerevisiae yang menghasilkan balok padat berwarna putih.

Dengan rasa yang asam manis, brem ini biasa dijadikan oleh-oleh dari beberapa daerah di Nusantara. Khususnya Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

6. Ampiang Dadih

ampiang dadih
instagram.com/yose_hendradi

Makanan khas Minang ini punya rasa yang juara. Ampiang Dadiah juga biasanya disebut dengan yoghurt tradisional Minangkabau.

Dibuat dari susu kerbau yang difermentasikan dalam tabung bambu. Lalu ditutup dengan daun pisang. Mikroorganisme yang ada dalam pembuatan dadih adalah asam laktat yang secara alami ada di susu dan bambu.

Itu dia makanan Indonesia yang dibuat dengan cara fermentasi ini beberapa sudah umum di lidah masyarakat. Kalau kamu pernah makan semuanya nggak nih?

0 Comment