6 Makanan Khas Kendal yang Pedasnya Nggak Kenal Ampun

25 June 2019, at 19:00
0
0
6 Makanan Khas Kendal yang Pedasnya Nggak Kenal Ampun

Sesampainya di Jawa Tengah, bukan hanya kuliner Semarang atau Solo saja lho yang harus dinikmati. Tapi juga ada berbagai makanan khas Kendal yang punya racikan bumbu menggugah selera.

Mulai dari makanan berkuah hingga sajian bakar nggak boleh kamu lewatkan begitu saja. Seperti enam makanan khas Kendal berikut ini. Apa saja?

1. Sate Bumbon

sate bumbon khas kendal
instagram.com/ny.rempong

Kuliner khas Kendal ini cukup istimewa, dengan sajian daging sapi bakar khas. Bumbu racik yang digunakan sebalum membakarnya terdiri dari, irisan jahe, kemiri, bawang merah, dan bawang putih yang melimpah.

Istimewanya lagi ada irisan tomat merah segar di setiap sajiannya. Di Kendal sendiri ada salah satu tempat makan legendaris sate bumbon yang sudah buka sejak tahun 1970an, yaitu Sate Sapi Siti Sa'adah.

Lokasi Sate Bumbon : Sate Sapi Siti Sa'adah

Buka dari : 08:00-17:00 WIB

2. Brongkos

brongkos khas kendal
instagram.com/isnasutanto

Menu sarapan andalan yang bisa kamu cicipi saat pagi hari ini disajikan dengan kuah hitam yang berasal dari ulekan keluak dan irisan daging sapi yang empuk.

Yang membuatnya tambah istimewa adalah cabai merah utuh yang direbus menambah garang pedas masakan. Biasanya dijual dengan harga Rp.35.000,00 per porsinya.

Lokasi Brongkos : Brongkos Kikil Bu Topo

Buka dari : 08:00-22:00 WIB

3. Mangut Lele

mangut lele khas kendal
instagram.com/jogjaseni

Masakan mangut di Kendal ini nggak menyajikan menu ikan laut seperti di daerah lainnya. Tapi digantikan dengan ikan lele yang harganya lebih murah.

Disajikan dengan irisan cabai hijau melimpah yang membuat wajah penikmatnya menjadi merah. Cocok nih buat kamu yang suka sekali dengan rasa pedas.

Lokasi Mangut Lele : Mangut Lele Sepanjang Jalan Pantura Kaliwungu

Buka dari : 24 jam

Baca juga : 5 Kuliner Khas Rembang yang Nggak Bakal Kamu Dapat dari Daerah Lain

4. Pecel Kembang Turi

pecel kembang turi kendal
instagram.com/dilahpuspa

Kendal juga punya masakan pecel khas yang disiram dengan saus bumbu kacang. Dengan tambahan kembang turi yang pahit ini membuatnya berbeda dengan pecel dari daerah lain.

Tapi rasa pahit itu berkurang dengan tambahan kacang panjang, kol, bayam rebus, dan taoge. Agar lebih nikmat, kamu bisa menambahkan tempe goreng tepung atau ayam kremesan.

Lokasi Pecel Kembang TuriPasar Pagi Kaliwungu

Buka dari : 08:00-16:00 WIB 

5. Momoh

momoh khas kendal
kotakendal.com

Kuliner legendaris khas Kendal ini juga memiliki rasa pedas dengan isian yang cukup ekstrem. Olahan jeroan sapi dan rempah-rempah yang kuat membuat siapa pun penikmatnya menjadi ketagihan.

Hidangan istimewa ini cocok disajikan dengan nasi putih hangat dan gorengan tahu isi untuk meriahkan sensasi makan yang kriuk-kriuk.

Lokasi Momoh : Warung Makan Farchat

Buka dari : 06:00-16:30 WIB

6. Rica Rica Mentok

rica rica mentok khas kendal
instagram.com/waosansurakarta

Masih dengan sajian pedas, masakan khas Kendal yang satu ini memiliki rasa yang akan mengigit lidahmu. Tenang buat yang nggak suka dengan rasa pedas, kamu bisa meminta tambahan kuah santan sebagai penetralisir rasa.

Irisan daging mentok yang sudah diolah dengan bumbu ini baunya nggak akan tercium kuat. Apalagi jenis yang digunakan adalah mentok petelur.

Lokasi Rica Rica Mentok : Warung Rica Rica Entok

Buka dari : 08:00-22:00 WIB

Itulah enam makanan khas Kendal yang nggak boleh kamu lewatkan. Tentu masakan pedas ini bisa jadi menu penambah stamina karena membuatmu ketagihan dan menghabiskan banyak nasi.

0 Comment