6 Makanan Khas Pulo Cinta Gorontalo, Kuliner Enak dari Kembarannya Maldives yang Memukau

03 August 2019, at 19:00
0
0
6 Makanan Khas Pulo Cinta Gorontalo, Kuliner Enak dari Kembarannya Maldives yang Memukau

Nggak perlu jauh-jauh liburan ke Maldives, Indonesia ternyata punya destinasi wisata yang nggak kalah cantiknya. Sebut saja, Pulo Cinta yang ada di Gorontalo. Pemandangannya luar biasa cantik dan fasilitas penginapan yang ditawarkan nggak kalah apik dengan resort luar negeri.

Selain itu, karena lokasinya yang berada di Gorontalo, kamu pun nggak boleh melewatkan kuliner khas yang bisa dicicipi sesampainya di Pulo Cinta. Apa saja ya itu?

1. Binte Biluhuta

binte biluhuta
instagram.com/hestihhakim

Gorontalo terkenal sebagai daerah penghasil jagung yang melimpah. Nggak heran kalau ada banyak sekali menu masakan yang mengolah jagung.

Salah satunya Binte Biluhuta. Terbuat dari jagung yang sudah dipipil dan direbus, kemudian dicampur dengan parutan kelapa, udang, dan suwiran ikan cakalang. Kuahnya terbuat dari bumbu rempah yang lezat.

2. Ayam Iloni

resep ayam iloni
instagram.com/magfirahh_

Sepertinya daging ayam selalu menjadi santapan favorit masyarakat Indonesia. Nggak heran kalau banyak sekali menu olahan daging hewan unggas ini.

Di Gorontalo pun ada menu masakan khas yang mengolah dada ayam dengan campuran rempah dan santan kental. Lalu dipanggang hingga matang dan disajikan dengan sambal bawang merah yang pedas.

3. Ilabulo

ilabulo
instagram.com/vidi_sehat

Sekilas ilabulo memiliki tampilan seperti pepes pindang yang sudah dibakar. Dibungkus dengan daun pisang, bedanya menu yang satu ini memiliki sajian sagu dengan isian ampela ati ayam.

Sebelum dibakar, ati ayam lebih dulu dimsak dengan bumbu khas Gorontalo dan dicampurkan dengan tepung sagu. Diberi tambahan kuning telur ayam rebus dan dibakar di atas kompor.

Baca juga: 5 Kuliner Khas Jepara, Menu Istimewa dari Tanah Kelahiran R.A Kartini

4. Sayur Putungo

sayur putungo
instagram.com/trikanayatour

Masih dengan menu makanan yang dibungkus dengan daun pisang. Kamu juga bisa menikmati sajian sayur putungo, yaitu olahan jantung pisang menjadi tumisan.

Ada banyak cara untuk mengolah jantung pisang, bisa ditumis, dibuat lalapan, atau pun dimasak dengan santan. Kalau di Gorontalo, biasanya jantung pisang dimasak dengan milu rebus.

5. Perkedel Nike

perkedel nike
instagram.com/manado.favorit

Selain menu masakan, ada sederet menu camilan yang nggak boleh kamu lewatkan juga lho. Salah satunya perkedel nike yang terbuat dari ikan nike kecil-kecil seperti ikan teri.

Dicampurkan dengan adonan tepung dan digoreng seperti membuat perkedel pada umumnya. Kamu bisa membelinya di warung makan atau pun membuatnya sendiri di rumah.

6. Duduli

duduli
twipu.com/makanankemasanwar

Camilan khas Gorontalo ini sepertinya cocok untuk dijadikan buah tangan. Terlihat mirip dengan dodol, oleh-oleh ini terbuat dari gula merah dengan campuran ketan dan santan.

Selain itu, rasanya yang manis legit membuat teksturnya menjadi lengket. Hal itu yang membuat banyak wisatawan yang berkunjung ke Pulo Cinta nggak sedikit yang membawa duduli pulang ke daerah asal.

Enam kuliner daerah itulah yang bisa kamu cobain selama berwisata di Pulo Cinta. Mau mencoba makanan yang mana dulu nih?

0 Comment