6 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Yuk Buktikan!

13 November 2019, at 10:00
0
0
6 Manfaat Daun Sirsak Bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Yuk Buktikan!

Siapa sih yang nggak tahu buah sirsak? Memiliki rasa asam manis yang menyegarkan, buah tropis ini cukup diminati oleh masyarakat Indonesia.

Nggak hanya karena rasanya yang enak, sirsak juga dikonsumsi karena memiliki banyak nutrisi. Selain buahnya, daun sirsak juga ternyata punya sejuta khasiat bagi kesehatan lho.

Rebusan daun sirsak yang juga dikenal dengan sebutan teh Graviola memiliki kandungan alkaloid, asetogenin, antioksidan, vitamin A, B, dan C, kalsium, zat besi, kalium, anonol, serta asam gentisat. Lantas, apa saja ya manfaatnya?

1. Mencegah dan Mengobati Diabetes

manfaat daun sirsak rebus
independent.co.uk

Tahu nggak sih, rebusan daun sirsak dapat dijadikan sebagai salah satu obat tradisional bagi penderita diabetes lho.

Pasalnya, beberapa penelitian mengungkapkan bahwa daun sirsak dapat menstabilkan kadar gula darah pada kisaran normal yaitu 70 mg hingga 120 mg.

2. Mencegah Kanker

teh daun sirsak
pinterest.com

Manfaat daun sirsak lainnya adalah mencegah kanker. Kondisi tersebut dapat terjadi karena adanya acetogenins yang merupakan kelompok antibiotik bersifat antikanker.

Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Cheryl E. Green, dkk., disebutkan bahwa senyawa asam anti kanker dalam sirsak dapat melindungi sel-sel sehat saat menjalani kemoterapi. Hal tersebut dapat mengatasi rambut rontok, mual, dan penurunan berat badan.

3. Menurunkan Hipertensi dan Menghindari Serangan Jantung

manfaat daun sirsak bagi kesehatan
nbcnews.com

Selain itu, rebusan daun sirsak juga bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Senyawa aktif dan kadar kalium tinggi yang terkandung di dalamnya sangat baik dan efektif untuk penderita hipertensi.

Hal ini secara nggak langsung juga dapat mengurangi risiko serangan jantung, aterosklerosis, dan stroke.

Baca Juga: Manfaat Luar Biasa Daun Mangga yang Sering Dibuang Sia-sia

4. Memperbaiki Pencernaan

manfaat rebusan daun sirsak
ndnr.com

Memperbaiki sistem pencernaan juga termasuk dalam salah satu manfaat daun sirsak. Keseimbangan vitamin, mineral, serta senyawa anti inflamasi di dalamnya dapat mencegah berbagai kondisi seperti sembelit, kram, kembung, dan diare.

Selain itu, kalsium dalam rebusan daun sirsak juga dapat membantu tubuh menyerap zat besi secara lebih efektif.

5. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

manfaat daun sirsak
liverdoctor.com

Vitamin C yang cukup tinggi dalam teh daun sirsak ternyata dapat membantu merangsang produksi sel darah putih yang berperan sebagai antioksidan.

Maka dari itu, mengonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga mampu melawan radikal bebas, mengurangi stres oksidatif, dan lain sebagainya.

6. Baik untuk Kesehatan Kulit

daun sirsak bagi kesehatan
drgustavoponce.com

Rebusan daun sirsak ternyata juga bermanfaat untuk kesehatan kulit lho! Sifat astrigen di dalamnya dapat mengencangkan kulit dan membuat pori-pori mengecil.

Nggak hanya itu, kandungan vitamin C di dalamnya juga bisa mengurangi tanda-tanda penuaan seperti keriput, pigmentasi, jerawat, dan lain sebagainya.

Wah, ternyata cukup banyak ya manfaat daun sirsak yang selama ini jarang diketahui. Sobat Qupas sudah pernah mencobanya belum?

0 Comment