6 Manfaat Mengonsumsi Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja Ya?

13 August 2019, at 10:00
0
0
 6 Manfaat Mengonsumsi Telur Asin Bagi Kesehatan Tubuh, Apa Saja Ya?

Memiliki rasa gurih yang khas, telur asin menjadi salah satu makanan kesukaan masyarakat Indonesia. Oleh-oleh khas Brebes ini biasanya terbuat dari telur bebek yang diawetkan menggunakan garam sehingga bisa bertahan cukup lama.

Selain rasanya yang enak, ternyata telur asin juga memiliki manfaat bagi kesehatan lho. Apa saja sih manfaat telur asin bagi kesehatan? Simak yuk biar makin nambah pengetahuan!

1. Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

mengatasi hipertensi
shutterstock.com

Salah satu manfaat telur asin bagi kesehatan adalah mengatasi tekanan darah tinggi. Kondisi tersebut dipengaruhi oleh kandungan nutrisi di dalamnya yang dapat mempertahankan serta meningkatkan tekanan darah secara normal.

Kandungan protein yang cukup tinggi di dalam telur asin juga mampu menurunkan tekanan darah terhadap dinding arteri. Meskipun demikian, mengonsumsinya terlalu banyak juga nggak dianjurkan.

2. Baik Bagi Pertumbuhan Otak

baik untuk pertumbuhan otak
medium.com

Siapa sangka, telur asin ternyata bermanfaat untuk pertumbuhan otak lho. Kandungan omega 3 yang terdapat di dalamnya bisa membantu pertumbuhan sel-sel otak dan mencegah kerusakan.

Oleh sebab itu, mengonsumsi telur asin sangat disarakan bagi ibu hamil dan anak yang berusia 1 sampai 3 tahun.

3. Menyehatkan Mata

menyehatkan mata
coavision.com

Ternyata telur asin memiliki banyak kandungan nutrisi, termasuk vitamin A dan B. Oleh sebab itu, mengonsumsinya secara rutin dapat membantu menyehatkan mata dan menjadikan penglihatan membaik.

Kamu bisa mengonsumsi telur asin beberapa hari sekali untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan mata.

Baca Juga: Vitamin A Saja Tidak Cukup, Lakukan 8 Kebiasaan Ini untuk Menjaga Kesehatan Mata

4. Mencegah Anemia

mencegah anemia
hellosehat.com

Kandungan zat besi dalam telur asin dapat mencegah gejala anemia yang seringkali membuat penderitanya merasakan mual, sakit kepala, kelelahan, dan lain sebagainya.

Selain itu, mengonsumsi telur asin juga dapat melindungi tubuh dari radikal bebas karena kandungan antioksidan di dalamnya. Sehingga kamu nggak akan mudah terserang penyakit.

5. Menyehatkan Tulang

menyehatkan tulang
hachealthclub.blog

Mengandung fosfor dan kalsium dalam jumlah yang cukup, telur asin dapat menjaga dan membantu pertumbuhan tulang lho. Nggak hanya itu, mengonsumsinya juga bisa mencegah penyakit tulang seperti osteoporosis.

Bukan hanya fosfor dan kalsium, kandungan protein dalam telur asin juga dapat membantu tulang menjadi lebih kuat.

6. Menyehatkan Kulit

menyehatkan kulit
hellosehat.com

Manfaat lain dari telur asin adalah menjaga kesehatan kulit. Hal tersebut dipengaruhi oleh kandungan vitamin E yang cukup tinggi di dalamnya.

Vitamin E sendiri bermanfaat untuk meningkatkan kecerahan dan kehalusan kulit. Selain itu, mengonsumsi telur asin juga akan membuat kulit terhindar dari jamur, gatal-gatal, iritasi dan lain sebagainya.

Ternyata telur asin memiliki banyak manfaat bagi kesehatan ya Sobat Qupas. Akan tetapi, kamu tetap perlu membatasi konsumsi makanan gurih tersebut supaya nggak justru menyebabkan penyakit.

0 Comment