Qupas Beauty

6 Manfaat Stroberi untuk Kecantikan Wajah dan Rambut yang Wajib Kamu Tahu

29 January 2020, at 06:00
6 Manfaat Stroberi untuk Kecantikan Wajah dan Rambut yang Wajib Kamu Tahu

Bila dikonsumsi, stroberi bisa meningkatkan kekebalan tubuh, menguatkan memori otak, hingga mencegah kanker. Tapi di samping itu, buah dengan sensasi manis, asam, dan segar ini ternyata juga membawa banyak manfaat untuk kecantikan lho.

Bahkan stroberi nggak cuma bermanfaat untuk kecantikan wajah dan kulit tubuh, bila diubah menjadi masker atau scrub, kandungannya juga bagus untuk merawat rambut yang bermasalah. Hmm, cukup banyak ya khasiatnya?

Maka dari itu, simak dulu yuk 6 manfaat stroberi untuk wajah dan rambut berikut ini!

1. Mencegah jerawat

Ilustrasi Wajah Berjerawat (Foto: selfhack.com)
selfhack.com

Produksi minyak berlebih membuat bakteri penyebab jerawat semakin senang. Untungnya, kondisi ini bisa diminimalisir dengan asam malat dan vitamin C dalam buah stroberi yang ternyata mampu mengurangi sebum.

Mau memanfaatkan stroberi untuk wajah berjerawat? Kamu bisa menghancurkan tiga buahnya lalu campur dengan satu sendok perasan lemon.

Kalau sudah menjadi pasta, aplikasikan pada wajah selama kurang lebih 15 menit lalu bilas.

2. Mencerahkan kulit kusam

Ilustrasi Wajah Kusam (Foto: pexels.com/@moose)
pexels.com/@moose

Selain vitamin C, stroberi diketahui punya kandungan Alpha Hydroxy Acids (AHA) yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Bila dipakai untuk merawat wajah, kedua senyawa tersebut tentunya bakal berhasil mencerahkan kulit yang kusam.

Untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengoleskan langsung stroberi yang dihaluskan ke kulit yang kusam tanpa campuran apapun. Mudah bukan?

3. Mencegah penuaan

Ilustrasi Penuaan Dini (Foto: alicdn.com)
alicdn.com

Manfaat stoberi untuk wajah selanjutnya adalah bisa mencegah penuaan. Sifat anti aging ini datang dari kandungan antioksidan yang dimilikinya.

Ditambah lagi, antoisanin di dalamnya juga bermanfaat melindungi kulit dari proses oksidasi sehingga tanda-tanda penuaan bisa dicegah. Oh ya, selain dibuat masker, kamu bisa merasakan khasiatnya ini dengan rajin-rajin mengonsumsi stroberi lho.

Baca juga: Terasa Sepele, 6 Kebiasaan Penyebab Penuaan Dini Ini Bikin Kamu Cepat Keriput

4. Mengatasi mata panda

Manfaat Stroberi untuk Menghilangkan Mata Panda (Foto: lululunusa.com)
lululunusa.com

Seperti yang disinggung sebelumnya, stroberi punya kandungan AHA dan vitamin C yang tinggi. Keduanya ternyata cukup bagus untuk menghilangkan mata panda dengan cara menghaluskan dan mencerahkan kulit.

Kabar baiknya lagi, kamu nggak perlu ribet mengolah buah ini menjadi masker ataupun scrub. Untuk menghilangkan mata panda cukup belah stroberi yang telah didinginkan menjadi dua bagian.

Setelah itu tinggal tempelkan pada mata selama beberapa menit. 

5. Memerahkan bibir

Manfaat Stroberi untuk Memerahkan Bibir (Foto: herworldvietnam.vn)
herworldvietnam.vn

Bibir kamu hitam dan bikin nggak pede? Tenang, kandungan vitamin C dan antioksidan pada stroberi bisa kamu manfaatkan untuk memerahkan bibir secara alami.

Supaya bibirmu kembali merona alami, belah buah stroberi jadi dua bagian dan oleskan ke bibir selama kurang lebih 15 menit. Untuk hasil yang maksimal, lakukan ritual ini 2-3 kali dalam seminggu secara rutin.

6. Mengatasi rambut rontok

Manfaat Stroberi untuk Rambut Rontok (Foto: mynetdiary.com)
mynetdiary.com

Manfaat masker stroberi untuk wajah dan bibir luar biasa banget ya? Eits, tapi masih ada lagi. Karena buah berwarna merah ini juga bisa kamu pakai sebagai perawatan rambut alami untuk mengatasi ketombe hingga kerontokan.

Caranya pun nggak kalah mudah. Haluskan stroberi hingga menjadi pasta lalu usapkan pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan selama 10 menit lalu tutup kepala dengan handuk hangat supaya sari buahnya meresap dengan sempurna. Setelah 30 menit, buka handukmu lalu cuci rambut hingga bersih.

Baca juga: 8 Cara Mudah Merawat Rambut Kering yang Bisa Kamu Lakukan di Rumah

Nah, itulah 6 manfaat stroberi untuk kecantikan wajah, bibir, dan rambut yang wajib kamu tahu. Gimana, tertarik untuk memanfaatkan buah ini sebagai perawatan alami di rumah?