6 Masalah Kesehatan yang Dapat Diatasi dengan Rebusan Kulit Jeruk, Ampuh!

30 May 2019, at 00:00
0
0
6 Masalah Kesehatan yang Dapat Diatasi dengan Rebusan Kulit Jeruk, Ampuh!

Siapa sih yang nggak tahu jeruk? Buah yang satu ini terkenal dengan rasanya yang manis dan sedikit asam serta manfaatnya bagi kesehatan yang melimpah. Tapi tahukah kamu, nggak hanya daging jeruknya saja lho yang berkhasiat, tapi kulitnya juga.

Dilansir dari NDTV, sebanyak 100 gr bagian yang sering dibuang tersebut mengandung 72,5 air, 87 kkal energi, 1,50 gr protein, 0,20 gr lemak, 25 gr karbohidrat, 10,6 gr serat dan mineral lainnya.

Kamu bisa merebus kulit jeruk dan mengonsumsinya secara rutin untuk mengatasi 6 masalah kesehatan berikut ini.

Baca Juga: Sering Dibuang, 8 Bagian Makanan Ini Justru Baik untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

mencegah kanker
pexels.com/@murali-dharan-384677

Penelitian menyebutkan bahwa kulit jeruk memiliki sifat anti kanker. Hal tersebut karena di dalamnya terkandung polymenthoxflavones, sejenis flavonoid yang dapat melawan pertumbuhan sel-sel kanker.

Kulit jeruk mampu mencegah karsinogenesis dari penyebaran ke organ lain dan menurunkan kemampuan sel kanker dalam pergerakannya pada sistem peredaran darah.

2. Mengatasi Diabetes

mengatasi diabetes
ttnews.com

Selain kanker, mengonsumsi rebusan kulit jeruk secara rutin juga bisa mengatasi masalah kesehatan serius lainnya yaitu diabetes.

Hal tersebut diungkapkan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Journal Natural Product Research. Di dalamnya dikatakan bahwa kulit jeruk dapat membantu pengobatan nefropati diabetik.

3. Mengobati Gangguan Pencernaan

mengobati masalah pencernaan
honestdocs.id

Kulit jeruk kering ternyata dapat mengobati gangguan pencernaan karena memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi.

Kondisi tersebut juga telah dibuktikan dalam berbagai penelitian, termasuk yang telah dipublikasikan dalam Journal Food Chemistry.

Baca Juga: Manfaat Ajaib Cincau Hijau, Bisa Melancarkan Pencernaan!

4. Mengatasi Tukak Lambung

mengatasi tukak lambung
honestdocs.id

Selain gangguan pencernaan, kulit jeruk juga bisa mengatasi tukak lambung, yaitu luka yang disebabkan oleh terkikisnya lapisan dinding lambung.

Penyakit yang sering dialami oleh perokok dan peminum alkohol ini dapat diatasi dengan mengonsumsi rebusan kulit jeruk karena di dalamnya terkandung hesperidin yang memiliki aktivitas antiulcer.

5. Menghilangkan Radang

menghilangkan radang
1health.id

Mengonsumsi rebusan kulit jeruk dapat menghilangkan peradangan yang merupakan salah satu penyebab masalah kesehatan kronis.

Hal ini karena di dalam kulit jeruk terdapat sifat anti inflamasi, sehingga masalah kesehatan seperti diabetes, kanker, dan lain sebagainya dapat dihindari.

6. Menyehatkan Gigi

menyehatkan gigi
pexels.com/@ursula-madariaga-212978

Ternyata mengonsumsi rebusan kulit jeruk juga bisa membuat gigimu sehat lho. Sebuah penelitian yang dipublikasikan di Journal of Clinical and Experimental Dentistry menunjukkan bahwa ekstrak kulit jeruk ternyata efektif melawan patogen karies gigi.

Hal ini karena kulit jeruk memiliki sifat antibakteri dan antimikroba di dalamnya.

Setelah mengetahui manfaatnya yang luar biasa, kamu masih rela membuang kulit jeruk dan membuatnya menjadi sia-sia, Sobat Qupas?

0 Comment