6 Minuman Pengganti Susu Sapi Buat Kamu yang Alergi, Sama-sama Bernutrisi!

09 September 2019, at 10:00
0
0
6 Minuman Pengganti Susu Sapi Buat Kamu yang Alergi, Sama-sama Bernutrisi!

Susu sapi seringkali diandalkan oleh banyak orang untuk melengkapi kebutuhan nutrisi sehari-hari. Selain enak, minuman ini juga mudah ditemukan, tersedia dalam berbagai rasa, dan bisa diolah atau menjadi campuran apa saja.

Nggak hanya itu, susu sapi juga mengandung banyak protein berkualitas tinggi dan vitamin serta mineral tinggi. Dilansir dari liputan6, dalam setiap 240 ml-nya, terdapat 146 kalori, 13 gram karbohidrat, 8 gram lemak, dan 8 gram protein.

Akan tetapi meskipun enak dan bernutrisi tinggi, beberapa orang ternyata mengalami alergi terhadap susu sapi lho. Berikut ini beberapa minuman yang bisa menggantikannya.

1. Susu Almond

susu almond
nydailynews.com

Salah satu minuman yang dapat menjadi pengganti susu sapi buat kamu yang alergi adalah susu almond. Rasanya yang sedikit manis dan gurih membuat minuman ini cukup digemari dan dijadikan campuran berbagai olahan.

Selain itu, dalam satu cangkir susu almond berukuran 240 ml, terkandung sekitar 30 kalori, 1 sampai 2 gram karbohidrat, 1 gram protein, dan 2,5 gram lemak.

2. Susu Kedelai

susu kedelai
hellosehat.com

Susu kedelai biasanya dibuat dengan isolat protein kedelai yang ditambahkan dengan minyak nabati dan pengental untuk meningkatkan rasa. Memiliki rasa yang lembut dan ringan, minuman ini cocok menjadi pengganti susu sapi.

Kandungan gizi dalam secangkir susu kedelai pun nggak kalah menarik. Kamu bisa mendapatkan sekitar 80 kalori, 7 sampai 9 gram protein, 4 gram karbohidrat, serta 4 gram lemak. Selain itu, minuman ini juga mengandung semua asam amino esensial yang baik untuk tubuh.

3. Susu Mete

susu mete
thealternativedaily.com

Pengganti susu sapi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah susu mete. Terbuat dari campuran kacang mete dan air, minuman ini memiliki rasa yang lembut dan manis.

Pada setiap satu cangkir susu mete, terdapat 25 sampai 50 kalori, 1 sampai 2 gram karbohidrat, 2 sampai 4 gram lemak dan 0 sampai 1 gram protein. Kandungan protein yang rendah membuat susu ini kurang cocok bagi kamu yang memiliki kebutuhan protein tinggi.

Baca Juga: Alergi Makanan bisa Dihilangkan, Mitos atau Fakta?

4. Susu Gandum

susu gandum
hellosehat.com

Tahukah kamu, susu gandum juga bisa menjadi pengganti susu sapi lho. Meskipun demikian, minuman ini mungkin nggak terlalu familier bagi masyarakat Indonesia.

Susu gandum murni mengandung 140 sampai 170 kalori, 5 gram lemak, 19 sampai 29 gram karbohidrat, dan 2,5 sampai 5 gram protein dalam setiap 240 ml-nya.

5. Susu Beras

susu beras
dailymotion.com

Susu beras biasanya terbuat dari beras dan air serta tambahan pengental untuk meningkatkan tekstur dan rasa. Minuman ini merupakan pilihan tepat bagi kamu yang alergi atau nggak toleran terhadap susu sapi, gluten, dan kacang-kacangan.

Dalam setiap cangkirnya, terkandung 130 sampai 140 kalori, 1 gram protein, 27 sampai 38 gram karbohidrat, dan 2 sampai 3 gram lemak.

Jadi buat Sobat Qupas yang alergi terhadap susu sapi, nggak perlu takut kekurangan nutrisi ya. Minuman pengganti di atas juga punya banyak kandungan gizi kok.

0 Comment