Qupas Family

6 Nama Bayi Laki-Laki yang Terinspirasi dari Tokoh Islam, Maknanya Indah!

11 May 2020, at 05:00
6 Nama Bayi Laki-Laki yang Terinspirasi dari Tokoh Islam, Maknanya Indah!

Di balik sebuah nama, terselip doa orang tua yang diberikan kepada anaknya. Maka dari itu, pemilihan nama bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan sembarangan karena ada yang banyak hal yang perlu diperhatikan terkait makna di dalamnya.

Meski demikian, orang tua nggak perlu bingung. Qupas telah merangkum beberapa rekomendasi nama bayi laki-laki yang terinspirasi dari tokoh Islam (selain Muhammad) yang bisa kamu gunakan. Daripada penasaran, yuk langsung simak ulasan berikut ini!

1. Khalid

Nama Bayi Laki-laki (Foto: parenting.firstcry.com)
parenting.firstcry.com

“Khalid” memiliki makna “abadi”. Tentu saja, memberikan nama tersebut kepada anak bukan berarti ingin buah hati hidup untuk selamanya. Namun, diharapkan kebaikan, ilmu, serta manfaat yang diberikan kepada lingkungan sekitar akan bersifat kekal.

Tokoh terkenal yang memiliki nama tersebut adalah Khalid bin Walid. Ia merupakan salah satu panglima perang terpenting dalam sejarah Islam.

Ada banyak kombinasi nama untuk “Khalid” yang bisa orang tua pilih. Misalnya “Khalid Dafa” yang bermakna “pembela abadi”, diharapkan bisa membawa kebaikan bagi orang lain dan membela kebenaran serta agamanya.

2. Rumi

Nama Bayi Laki-laki Islam (Foto: thoughtfulparent.com)
thoughtfulparent.com

Tokoh Islam terkenal lainnya yang namanya bisa menjadi insprasi untuk disematkan pada buah hati adalah Jalaluddin El Rumi. Ia merupakan ahli sufi dan penyair Persia yang hidup di abad ke-13. “Rumi” sendiri memiliki arti “yang berkata indah tentang Tuhan”.

Ada banyak kombinasi nama yang bisa orang tua pilih, seperti “Ar Rumi” yang maknanya “seseorang yang membuat keindahan lewat kata-kata” atau “Salman El Rumi” dengan arti “seseorang yang memberi kedamaian dengan kata-katanya”

3. Tsabit

Nama Bayi Laki-laki Islami (Foto: childrens.advil.com)
childrens.advil.com

“Tsabit” merupakan nama bayi laki-laki yang masih belum banyak digunakan di Indonesia. Kata tersebut sendiri memiliki makna “tetap”. Anak yang diberikan nama tersebut diharapkan bisa menjadi pribadi yang tangguh pendiriannya (terkait kebenaran dan kebaikan).

Tokoh Islam terkenal yang memiliki nama tersebut adalah Tsabit bin Qurra, seorang astronom, matematikawan, fisikawan, dan penerjemah dari Arab yang hidup pada abad ke-9.

“Tsabit” terdengar indah dipadukan dengan berbagai nama lain. Misalnya, “Tsabit Nasir Arafat” yang bermakna “laki-laki yang terkenal karena selalu memberi pertolongan”.

Baca juga: 10 Nama Bayi Laki-Laki Sansekerta dengan Makna yang Indah

4. Avicenna

Rekomendasi Nama Bayi (Foto: independent.co.uk)
independent.co.uk

“Avicenna” merupakan nama lain Ibnu Sina yang merupakan tokoh Islam yang melegenda di dunia kedokteran. Dalam bahasa Arab, nama “Avicenna” sendiri memiliki makna “mitos sebuah nama” yang menjadi doa agar anak menjadi pribadi yang baik hati, dermawan serta pintar.

Contoh rangkaian nama untuk “Avicenna” adalah “Aldric Avicenna” yang bermakna “laki-laki yang baik hati, pintar, dan bijaksana”.

5. Bilal

Nama Bayi Islami Modern (Foto: motherandbaby.co.uk)
motherandbaby.co.uk

Bilal Ibn Rabah merupakan salah satu sahabat Nabi Muhammad yang juga merupakan orang pertama yang mengumandangkan adzan. “Bilal” sendiri makna “titisan embun” atau “yang terpilih”.

Contoh rangkaian nama yang indah untuk “Bilal” adalah “Bilal Baihaqi” yang bermakna “laki-laki terpilih yang adil”.

6. Abizar

Nama Anak Laki-laki (Foto: motherandbaby.co.uk)
motherandbaby.co.uk

Abizar Al Ghifari merupakan salah satu orang yang masuk pertama masuk Islam tanpa paksaan. Nama “Abizar” sendiri bermakna “yang menyebarkan”.

Contoh rangkaian nama “Abizar” yaitu “Abizar Maroof Zayd” yang bermakna “laki-laki yang menyebarkan kebaikan demi kemajuan”.

Nah, itu dia Sobat Qupas beberapa rekomendasi nama bayi laki-laki dari tokoh Islam. Mana yang paling kamu suka? Bunda juga bisa mengkombinasikan nama-nama di atas dengan kata lainnya yang memiliki makna bagus lho!