Qupas Travel

6 Pantai dengan Karang Bolong di Indonesia yang Seolah Membawamu ke Dunia Lain

22 March 2020, at 06:00
6 Pantai dengan Karang Bolong di Indonesia yang Seolah Membawamu ke Dunia Lain

Pada umumnya, pantai digambarkan sebagai wisata yang punya pasir putih, cokelat keemasan, maupun hitam. Tapi nggak menutup kemungkinan jika destinasi ini punya keunikan tersendiri. Misalnya saja memiliki tebing yang berlubang, sehingga disebut sebagai 'karang bolong'.

Tersebar di Indonesia, pantai-pantai dengan karang bolong ini siap membuatmu terpesona. Simak deh ulasan singkat berikut ini. Siapa tahu setelah wabah corona berakhir, kamu minat untuk liburan ke sana!

1. Pantai Mbawana

Pantai Mbawana (Foto: instagram.com/jm_adventour)
instagram.com/jm_adventour

Tempat wisata di Sumba ini menyajikan pemandangan tebing berlubang. Letak spot ini pun di sekitar bibir pantai, sehingga tampak eksotis. Selain 'turun' ke pasir, kamu juga bisa menyaksikan keindahan pantai ini dari atas bukit.

Lokasi Pantai Mbawana sendiri bisa ditempuh sekitar 1 jam dari pusat Kota Tambolaka (ibu kota Kabupaten Sumba Barat Daya). Kamu bisa menggunakan kendaraan bermotor ataupun jasa travel agar liburanmu lebih lancar.

Lokasi Pantai Mbawana : Panenggo Ede, Kodi Bangedo, Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur

Tiket masuk Pantai Mbawana : Rp10 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Pantai Karang Bolong Pacitan

Pantai Karang Bolong Pacitan (Foto: instagram.com/wiiyaah08_)
instagram.com/wiiyaah08_

Selain Pantai Klayar atau Pantai Banyutibo, Pacitan juga punya Pantai Karang Bolong yang menawarkan panorama sunset serta sunrise. Destinasi ini cukup populer di kalangan millennials.

Meski nggak memungkinkan untuk bermain dengan ombak dan pasir, namun wisata di Pacitan ini menyajikan hamparan sabana yang bisa digunakan untuk bersantai. Selain itu, ada pula air terjun yang mengalir dari tebing menuju ke lautan.

Lokasi Pantai Karang Bolong Pacitan : Kendal, Sendang, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur

Tiket masuk Pantai Karang Bolong Pacitan : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Pantai Karang Bolong Kebumen

Pantai Karang Bolong Kebumen (Foto: instagram.com/ambu_radhul)
instagram.com/ambu_radhul

Pantai dengan Karang Bolong selanjutnya ada di Kebumen, Jawa Tengah. Berada di sini, kamu bisa menyaksikan pantai dengan kontur landai dan luas, serta dibatasi oleh perbukitan batuan sedimen klastik yang konon berasal dari gunung api.

Wisata di Kebumen ini identik dengan karang besar dan terdapat gua besar dan menghadap ke laut. Kabarnya, tempat ini menjadi habitat walet, lho.

Lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen :  Karangbolong, Buayan, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah

Tiket masuk Pantai Karang Bolong Kebumen : Mulai Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Pantai Menganti, Wisata Kebumen yang Diselimuti Kisah Penantian Seorang Kekasih

4. Pantai Karang Bolong Malang

Pantai Karang Bolong Malang (Foto: instagram.com/whiempy)
instagram.com/whiempy

Sesuai dengan namanya, di wisata Malang ini terdapat batu karang yang berlubang. Menariknya lagi, Pantai Karang Bolong ini masih jarang dikunjungi banyak orang. Mungkin karena akses untuk menjangkaunya sedikit susah.

Dari pusat Kota Malang pun jaraknya cukup jauh, yaitu sekitar 80 kilometer. Atau jika menggunakan kendaraan, kamu perlu waktu kurang lebih 3 jam perjalanan agar bisa menjangkaunya.

Lokasi Pantai Karang Bolong Malang : Gajahrejo, Gedangan, Malang, Jawa Timur

Tiket masuk Pantai Karang Bolong Malang : Gratis (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Pantai Batu Bolong Bali

Pantai Batu Bolong Bali (Foto: instagram.com/trashbird)
instagram.com/trashbird

Keindahannya seperti Tanah Lot, Pantai Batu Bolong juga pantang kamu lewatkan. Wisata Bali ini selain menyuguhkan karang berlubang, ada pula pura yang membuat view di sini semakin cantik. Terlebih lagi saat sunset mulai tiba.

Bukan cuma keberadaan pura di atas karang besar yang membuat tempat ini unik. Fenomena seperti tirtha pakuluh, yaitu mata air tawar di karang berlubang tersebut membuatnya berbeda dari destinasi lain. Biasanya air tersebut digunakan sebagai upacara keagamaan yang perlangsung di Pura Batu Bolong Canggu.

Lokasi Pantai Batu Bolong : Kawasan Canggu, Kecamatan Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali

Tiket masuk Pantai Batu Bolong : Gratis, tapi perlu menyediakan biaya parkir sekitar Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Pantai Karang Bolong Banten

Pantai Karang Bolong Banten (Foto: instagram.com/wiiyaah08_)
instagram.com/wiiyaah08_

Sebelumnya, destinasi ini dikenal dengan nama Pantai Karang Suraga. Sebutan ini diambil dari Suryadilaga, orang sakti yang konon dulu bertapa di sini sampai akhir hayatnya.

Selain batu karang yang berlubang, saat cuaca pantia ini sedang cerah, kamu bisa melihat pemandangan Anak Gunung Krakatau dari kejauhan, lho. Dari tangga di sekitar sini, kamu juga bisa menyaksikan Pantai Carita dan lautan lepas.

Lokasi Pantai Karang Bolong Banten : Jl. Anyer-Carita, Cinangka, Serang, Banten

Tiket masuk Pantai Karang Bolong Banten : Rp5 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Wah, pantai dengan karang bolong di Indonesia ternyata cukup banyak ya? Mungkin setelah kondisi stabil dan penyebaran virus corona sudah bisa diatasi, kamu bisa liburan ke tempat-tempat wisata di atas.