Qupas Travel

6 Pantai di Pangandaran yang Jadi Primadona Generasi Milenial

12 March 2020, at 04:00
6 Pantai di Pangandaran yang Jadi Primadona Generasi Milenial

Dari dulu, pantai di Pangandaran memang dikenal menawan. Bukan hanya berpasir putih. Ada beragam karakteristik yang ditawarkan pantai Pangandaran.

Seperti beberapa tempat wisata berikut ini. Jangankan bermain-main di atas pasir putihnya saja. Menikmati keindahan karang maupun 'bersahabat' dengan ombaknya pun bisa kamu lakukan.

1. Pantai Pasir Putih Pangandaran

Pantai Pasir Putih Pangandaran (Foto: instagram.com/fakirpiknik)
instagram.com/fakirpiknik

Sesuai dengan namanya, hamparan pasir putih memang akan kamu saksikan di pesisir ini. Bahkan lebih dari itu, di sini juga terdapat bangkai kapal yang ikonik banget. Karena masih banyak koral, kamu juga bisa snorkeling di area Pantai Pasir Putih, lho.

Untuk menuju wisata di Pangandaran ini, kamu bisa jalan kaki dari pintu masuk cagar alam atau naik perahu dari Pantai Barat. Nah, kalau naik perahu, artinya nggak perlu bayar tiket masuk Cagar Alam Pananjung. Sebagai gantinya, kamu perlu menyediakan biaya untuk naik transportasi laut tersebut.

Lokasi Pantai Pasir Putih : Cagar Alam Pananjung

Tiket masuk Pantai Pasir Putih : Rp50 ribu untuk naik perahu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Pantai Barat Pangandaran

Pantai Barat Pangandaran (Foto: instagram.com/taminangga)
instagram.com/taminangga

Salah satu primadona wisata di Jawa Barat ini memiliki banyak keistimewaan. Bukan cuma hamparan pasir putih saja yang dimiliki oleh Pantai Barat.

Berada di wisata pesisir ini, kamu pun bisa menyaksikan sunrise hingga sunset yang eksotis. Kegiatan seperti berenang, memancing, atau hanya sekadar keliling di area pantai juga aman dilakukan di sini.

Kalau beruntung, kamu bisa melihat acara tradisional seperti Hajat Laut, yaitu upacara yang dilakukan nelayan Pangandaran sebagai perwujudan rasa syukur pada Sang Pencipta. Biasanya, kegiatan ini dilakukan setiap bulan Muharam.

Lokasi Pantai Barat Pangandaran : Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Pangandaran

Tiket masuk Pantai Barat Pangandaran : Rp3 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Pantai Madasari

Pantai Madasari (Foto: instagram.com/jhe_ridzwan17)
instagram.com/jhe_ridzwan17

Pantai di Pangandaran ini sedikit berbeda dari pesisir di atas. Karena saat berada di sini, kamu justru akan melihat barisan karang yang cantik.

Camping groung pun tersedia di area Pantai Madasari, lho. Jadi kalau bosan mendirikan tenda di gunung, kamu bisa meluncur ke wisata satu ini.

Lokasi Pantai Madasari : Jl. Pantai Wisata, Masawah, Cimerak, Pangandaran

Tiket masuk Pantai Madasari : Rp2.500 (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca juga: Pantai Batu Hiu, Wisata Pangandaran yang Konon Jadi Petilasan Pasukan Kerajaan Mataram

4. Pantai Batu Karas

Pantai Batu Karas (Foto: instagram.com/bitchpickle)
instagram.com/bitchpickle

Penggemar surfing alias olahraga selancar bisa menjadikan tempat wisata di Pangandaran ini sebagai tujuan.

Tapi nggak perlu khawatir untukmu yang nggak berani surfing di pantai ini. Karena kamu bisa melihat pemandangan sekitar sambil menyaksikan para peselancar sedang menaklukkan ombak laut selatan yang menantang di Batu Karas.

Lokasi Pantai Batu Karas : Desa Batu Karas, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandara

Tiket masuk Pantai Batu Karas : Rp6 ribu (info bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Pantai Karang Nini

Pantai Karang Nini (Foto: instagram.com/restikanrhdyh)
instagram.com/restikanrhdyh

Namanya yang unik ini ternyata menyimpan makna Pekarangan Nini. Bukan tanpa alasan, sebutan ini dipilih karena di sekitar wisata ini ditemukan batu karang yang menyerupai seorang nenek yang sedang menunggu kakek.

Selain menawarkan pemandangan khas pantai yang menawan, biasanya pengunjung yang datang ke sini bertujuan untuk memancing. Jadi nggak perlu heran kalau di waktu-waktu tertentu kamu akan menemui para mancing mania.

Lokasi Pantai Karang Nini : Kecamatan Kalipucang, Pangandaran

Tiket masuk Pantai Karang Nini : Rp7.500 (info bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Pantai Lembah Putri

Pantai Lembah Puteri (Foto: instagram.com/roydinata_)
instagram.com/roydinata_

Bukan cuma bisa merasakan halusnya pasir putihnya saja. Pantai ini juga bisa dinikmati dari atas bukit yang letaknya di sekitar bibir pesisir. Lembah Putri namanya.

Setelah melewati jalanan aspal yang menanjak, kamu bisa menyaksikan langsung luasnya Samudera Hindia dari puncak bukit. Selain itu, pemandangan sawah yang hijau juga bisa kamu lihat.

Lokasi Pantai Lembah Putri : Putrapinggan, Kalipucang, Pangandaran

Tiket masuk Pantai Lembah Putri : Rp2 ribu untuk parkir motor dan Rp5 ribu untuk mobil (info bisa berubah sewaktu-waktu)

Nah, itulah sederet pantai di Pangandaran yang nggak perlu diragukan lagi keindahannya. Pernah mampir ke salah satunya belum?