6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu

29 October 2018, pada 02:03
0
0
6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu

Wisata di Jogja bukan hanya sekedar Malioboro atau Keraton saja. Pantai indah nan memikat pun ada di wilayah yang letaknya di bagian selatan Pulau Jawa ini.

Bahkan jarak antara Jogja dan pesisir pantai selatan juga nggak terlalu jauh, yakni membutuhkan waktu 1 sampai 2 jam perjalanan.

Menariknya lagi, di sekitar Kabupaten Gunung Kidul sendiri saja ada lebih dari 60 pantai yang bisa kamu kunjungi. Jadi wajar kan kalau Qupas menjuluki Jogja sebagai surganya para pemburu pantai di Pulau Jawa?

Apalagi kamu nggak hanya bisa menikmati betapa cantiknya hamparan laut dengan air yang jernih. Ada juga air terjun yang bisa kamu lihat persis di tepi pantai.

Penasaran dimana aja lokasi pantai yang recommended untuk kamu kunjungi saat ke Jogja? Let's check these out!

1. Pantai Wedi Ombo

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/adindaswr

Menikmati keindahan hamparan pasir putih, aroma laut yang khas serta deburan ombak saat ke pantai adalah hal biasa.

Tapi berbeda lagi saat kamu berkunjung ke Pantai Wedi Ombo yang terletak di Gunung Kidul. Sebab kamu juga bisa bermain ayunan sambil menikmati suasana lautan yang khas.

Nggak hanya itu, kamu juga bisa berendam di laut tanpa harus takut tersapu ombak. Lho, kok bisa?

Yap, hal ini karena di Pantai Wedi Ombo ada laguna alami yang dikelilingi oleh gugusan karang berjajar rapi.

Meski terlihat menyenangkan, sebaiknya tetap waspada saat berendam di laguna alami. Pasalnya ombak yang tinggi masih bisa mencapai kolam alami dan memungkinkan pula untuk menyeretmu ke laut.

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/roslindanoor

Perlu kamu ketahui, wisata pantai ini berjarak sekitar 64,3 kilometer dari pusat Jogja. Untuk bisa mencapainya, kamu perlu menuju ke Wonosari.

Ikuti jalan sampai tiba di Desa Mulo. Dari sini, ambil arah ke kiri hingga tiba di Jepitu.

Selanjutnya arahkan kendaraanmu ke kanan dan ikuti rute ke Pantai Wedi Ombo.

Cukup mudah kan? Yuk liburan ke pantai dengan harga tiket terjangkau ini!

Lokasi: Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang

2. Pantai Jogan

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/joeluluk

Pernah nggak sih membayangkan ada air terjun yang bisa dinikmati saat liburan ke pantai? Mungkin terdengar mustahil.

Tapi semuanya nyata kok. Coba saja datang ke Pantai Jogan!

Sebab di pantai yang letaknya tersembunyi di balik perbukitan kapur di kawasan Geopark Gunung Sewu ini, kamu bisa melihatnya eksotisnya air terjun.

Menariknya lagi, air terjun ini mengalir dengan indahnya langsung menuju ke laut. Letaknya diapit tebing-tebing tinggi khas pegunungan kapur pun pasti semakin memesonamu.

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/zulfart

Kamu juga nggak hanya bisa menikmati kecantikan pantai maupun air terjunnya dari atas kok. Turun ke bawah juga bisa, dengan catatan tetap waspada karena batuan yang akan kamu pijak kondisinya lumayan licin.

Setelah melihat kecantikan pantai ini, pasti kamu tertarik untuk berkunjung kan? Mudah saja, kamu perlu menuju ke Wonosari kalau berangkat dari pusat Kota Jogja.

Selanjutnya pilih arah ke selatan menuju Jalan Kasatrian hingga Pantai Siung.

Sesampainya di Pos Retribusi Pantai Siung, sekitar 400 meter kamu akan menemui papan petunjuk kayu yang mengarahkan ke tujuan utama wisatamu.

Lokasi: Dusun Duwet, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Lima ribu rupiah

3. Pantai Watulawang

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/masmeya

Ini nih pantai cantik di Jogja yang nggak akan membuatmu rugi saat kamu menyempatkan diri untuk mampir.

Pantai Watulawang sendiri terbagi menjadi dua bagian oleh gua batu yang kecantikannya nggak kalah memukau. Apalagi kalau kamu bisa mencapai puncaknya.

Tapi kenapa ya namanya bisa Watulawang? Perlu kamu ketahui, hal ini karena ada batu yang terletak di mulut gua dan berbentuk seperti pintu.

Oleh karenanya, Watulawang yang berarti "Pintu Batu" mulai dikenal.

Di sini, kamu bisa menemui kawasan berbeda. Area pantai di bagian barat tidak terlalu luas dan bisa dibilang lebih private.

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/callmeandre

Sedangkan di bagian timur jauh lebih luas dan bisa kamu gunakan untuk melakukan aktivitas seru di air.

Saat menyusuri bibir pantai, kamu pun bisa menemui sejumlah cekungan yagn menyerupai kolam pribadi. Nggak ada salahnya juga kalau kamu mencoba berendam di area ini.

Untuk bisa sampai ke area Pantai Watulawang, kamu bisa memulainya dengan menuju ke Wonosari dari arah Kota Jogja.

Selanjutnya kamu akan menemukan petunjuk arah ke Pantai Indrayanti. Ikuti saja rutenya karena kedua wisata tersebut terletak di lokasi yang berdekatan.

Cukup mudah kan? Yuk langsung liburan ke Pantai Watulawang mumpung tarif tiketnya super murah.

Lokasi: Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.30-17.00 WIB

Tiket masuk: Lima ribu rupiah

Baca juga: Hits! Teras Kaca Pantai Nguluran, Destinasi Favorit ABG Jaman Sekarang walau Bikin Jantung Dagdigdug

4. Pantai Nglambor

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/dominiquepramuditta

Jangan hanya membayangkan kalau kamu hanya bisa menikmati keindahan panorama sekitarnya saja saat berada di Pantai Nglambor. Rugi banget deh!

Pasalnya di pantai ini kamu juga bisa melakukan aktivitas seru lain, seperti berenang hingga snorkeling.

Bayangkan saja, kamu bisa menikmati kecantikan panorama bawah laut di Pantai Nglambor. Mulai dari ikan-ikan kecil hingga terumbu karang beraneka warna bisa kamu saksikan di sini.

Bahkan kamu pasti akan merasa seolah berada di akuarium raksasa. Sebab dengan air laut yang jernih, kamu bisa menyaksikan ikan-ikan kecil, bintang laut hingga penghuni samudera lainnya.

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
.instagram.com/nglambor_beach

Dari pusat Kota Jogja, kamu bisa mengarahkan kendaraanmu ke Wonosari. Lalu beloklah ke selatan melewati Jalan Kasatrian menuju Pantai Siung.

Kurang dari 2 kilometer setelah pos retribusi Pantai Siung, ambil jalan ke kanan dan ikuti petunjuk arah menuju tujuan wisata utamamu.

Tapi perjuanganmu nggak berhenti sampai di sini saja. Kamu juga masih perlu berjalan kaki sejauh beberapa ratus meter untuk bisa sampai ke Pantai Nglambor.

Meski aksesnya terbilang sulit untuk ditempuh, justru hal inilah yang membuat Pantai Nglambor spesial. So, jangan sampai melewatkannya ya!

Lokasi: Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Jam operasional: Setiap hari mulai pukul 08.00-18.00 WIB

Tiket masuk: Lima ribu rupiah per orang; lima puluh ribu untuk snorkeling (sudah termasuk sewa masker, snorkel, sepatu karet, life jacket, guide, foto underwater, welcome drink, dan penitipan barang)

5. Pantai Dadap Ayam

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/ratihsukmaresi

Letak Pantai Dadap Ayam memang terpencil. Tapi jangan salah dengan pemandangan yang ada di salah satu wisata Gunung Kidul ini.

Hamparan koral yang menghijau akibat tertutup ganggang dan rumput laut bisa kamu saksikan saat berada di sini. Bahkan mungkin kamu akan teringat dengan Pantai Padang Padang di Bali.

Wah, bisa nih untuk alternatif liburan selain harus ke Pulau Dewata!

Apalagi dengan kondisinya yang masih sepi pengunjung membuat Pantai Dadap Ayam semakin menarik untuk dikunjungi. Jadi terasa seperti wisata pribadi ya?

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/wachidab

Dari pusat Kota Jogja, kamu bisa menuju ke Wonosari. Selanjutnya arahkan saja kendaraanmu ke Paliyan, Trowono hingga mencapai Pantai Ngobaran.

Di sini, kamu pun bisa memarkirkan kendaraanmu. Perjalanan pun bisa dilanjutkan dengan melewati jalan setapak ke arah rimur kira-kira sejauh 700 meter.

Nggak jauh dari area ini, kamu akan menemukan belokan kiri yang mengarahkanmu ke Pantai Dadap Ayam.

Jadi bagaimana? Yakin nih nggak penasaran dengan kecantikan wisata pantai di Gunung Kidul ini? Mumpung masih sepi, lho.

Lokasi: Desa Kanigoro, Kecamatan Saptosari, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.30 WIB

Tiket masuk: Lima ribu rupiah

6. Pantai Wohkudu

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/kerisjawa

Pantai Wohkudu bisa dibilang surganya bagi pecinta ketenangan. Pasalnya lokasi wisata ini terbilang tersembunyi dan jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Hal ini bukan karena panorama wisata pantai ini kurang menarik. Bayangkan saja, di sini kamu bisa melihat perpaduan keindahan laut, pasir putih serta tebing-tebing menjulang tinggi.

Siapa sih yang nggak tertarik untuk berkunjung? Tapi sayang, untuk bisa mencapai Pantai Wohkudu memang butuh perjuangan.

Dari pusat Kota Jogja, kamu perlu waktu sekira 2 jam dengan rute Imogiri-Panggang.

Saat memasuki Kecamatan Panggang, kamu akan menemui jalan berliku dan medan yang cukup berat. Bahkan hanya ada pohon di sisi kanan maupun kiri.

6 Pantai Indah di Jogja, Biar Nggak ke Bali Melulu
instagram.com/retnoram

Semakin lama, jalan akan menyempit sehingga membuatmu harus memarkirkan kendaraan dan melanjutkan perjalanan dengan jalan kaki.

Sepanjang perjalanan, kamu akan melewati jalan setapak dan melewati ladang pertanian warga. Bahkan ada pula semak belukar yang akan menghadangmu.

Meski medan yang kamu lalui terbilang sulit, tapi semua itu akan terbayar lunas saat sudah sampai di area pantai. Terlebih lagi kamu juga bisa camping dan hunting foto.

So, jangan ragu lagi untuk berkunjung ke wisata ini!

Lokasi: Desa Nglaos, Dukuh Wiroso, Kecamatan Panggang, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Jam buka: Setiap hari selama 24 jam

Tiket masuk: Gratis, tapi sediakan budget untuk parkir kendaraan senilai tiga ribu rupiah (motor) dan lima ribu rupiah (mobil)

Itulah beberapa pantai indah di Jogja yang bisa kamu kunjungi untuk sekedar mencari ketenangan atau hunting foto.

Bahkan wisata dengan medan menantang pun bisa kamu dapatkan. Siap bertualang? Dijamin liburanmu akan terasa lengkap saat berkunjung ke pantai yang sudah Qupas rekomendasikan.

0 Komentar