Qupas Beauty

6 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari, Jangan Salahin Hormon Terus

07 February 2020, at 06:00
6 Penyebab Jerawat yang Jarang Disadari, Jangan Salahin Hormon Terus

Rutin membersihkan wajah dan memakai semua skincare tapi jerawat masih muncul? Ya, hal ini memang sering terjadi dan kemudian hormon lah yang akan disalahkan. Kamu juga begitu?

Hormon memang bisa jadi penyebab jerawat pada pria dan wanita. Tapi, banyak juga kebiasaan sehari-hari dan hal-hal sepele lainnya yang biasanya nggak kamu sadari tapi ternyata jadi biang kerok jerawatmu.

Nah, biar skincaremu bekerja dengan maksimal dan nggak nyalahin hormon terus, intip 7 penyebab jerawat yang jarang disadari dan cara mengatasinya berikut ini yuk!

1. Sarung Bantalmu Kotor

Penyebab Jerawat di Pipi (Foto: whyyouneedsleep.com)
whyyouneedsleep.com

Setelah beraktivitas, semua kotoran, sisa makeup, dan minyak bakal berkumpul di wajahmu. Sayangnya, terkadang kamu langsung rebahan tanpa mencuci muka dulu.

Hal itu tentunya membuat semua kotoran tadi berpindah ke sarung bantal dan akan kembali lagi ke wajahmu yang bersih saat kamu tidur di malam hari.

Dikutip dari cosmopolitan.com, seorang dermatologis bernama Joshua Zeichner, MD pun membernarkan kalau gesekan antara wajah dan sarung bantal yang kotor ini jadi salah satu penyebab jerawat di pipi yang jarang disadari orang.

Maka dari itu, jangan malas untuk mengganti sarung bantal setidaknya seminggu sekali dan pilihlah bahan yang lembut di wajah.

Baca juga: Jerawat Pasir Sering Muncul? Yuk Kenali Penyebab dan Cara Tepat untuk Menghilangkannya

2. Overdosis Skincare Jerawat

Memakai Skincare Anti Acne (Foto: llipaniskincare.com)
lipaniskincare.com

Saat jerawat mulai terlihat, banyak yang langsung panik lalu mengaplikasikan semua skincare anti-acne miliknya ke area yang bermasalah itu. Tujuannya, biar jerawat nggak semakin meradang dan membesar.

Tapi tahu nggak sih, bahan-bahan seperti salicylc acid, benzoyl peroxide, dan sulphur yang banyak ditemukan dalam skincare anti-acne nyatanya malah bikin jerawatmu makin parah lho kalau diaplikasikan secara bersamaan dan terlalu sering.

Menurut pakar kecantikan, Samantha Wright, mengaplikasikan acne spot treatment setiap malam sebenarnya sudah cukup lho untuk menghentikan peradangan dan mengatasi kemerahan karena jerawat.

3. Face Scrub Terlalu Kasar

Scrub Wajah Penyebab Jerawat (Foto: instagram.com/thebodyshopindo)
instagram.com/thebodyshopindo

Jarang melakukan eksfoliasi akan membuat sel kulit mati menumpuk dan bisa jadi penyebab jerawat bertebaran dimana-mana. Tapi, scrub dengan butiran yang kasar juga bisa merusak skin barrier dan membuat wajahmu semakin sensitif alias gampang jerawatan.

Untuk menghindari hal itu, kamu bisa memilih chemical exfoliator dengan kandungan yang lembut, daripada memakai physical exfoliator seperti scrub atau cleansing brush yang cukup rentan membuat kulitmu iritasi.

4. Komposisi Skincare

Penyebab Jerawat dan Cara Mengatasinya (Foto: instagram.com/elsheskin)
instagram.com/elsheskin

Bahan yang bisa mengobati jerawat sejatinya sangat banyak. Tapi, kamu juga perlu waspada, beberapa tambahan dalam skincare terkadang justru bisa memicu timbulnya jerawat baru.

Sebut saja sodium lauryl sulfate dan parfum. Kemudian, waspadai juga mineral oil, karena bahan ini termasuk agen pelembab dengan tekstur 'berat' yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan wajahmu jerawatan.

Oleh karena itu, kamu harus lebih selektif saat membeli skincare dan pastikan produk yang kamu pilih bebas dari bahan iritan.

5. Produk Perawatan Rambut

Shampo Penyebab Jerawat di Kulit Kepala (Foto: instagram.com/pantene)
instagram.com/pantene

Banyak yang nggak tahu, bahan-bahan penyumbat pori-pori juga bisa ditemukan dalam shampo, conditioner, dan produk perawatan rambut lainnya lho. Bisa jadi inilah yang jadi penyebab jerawat di dahi, dada, kulit kepala, bahkan punggungmu.

Untuk itu, pastikan selalu membilas sisa shampo ataupun conditioner hingga benar-benar bersih dan nggak meninggalkan residu di kulit kepala, wajah, dan tubuh.

Baca juga: Penyebab dan Cara Mengatasi Jerawat di Kepala yang Bikin Nggak Bisa Tidur

6. Detergent

Ilustrasi Mencuci Baju (Foto: demandstudios.com)
demandstudios.com

Pernah terpikirkan nggak sih kalau penyebab jerawatmu ternyata adalah detergent? Ya, meskipun nggak langsung bersentuhan dengan wajah, residunya yang menempel di baju atau handukmu juga bisa memicu jerawat.

Nah, kalau kamu baru ganti detergent dan jerawatmu kemudian ikut muncul. Bisa tuh dicurigai.

Nah, itulah 6 penyebab jerawat yang jarang diketahui karena terlihat sangat sepele. Hmm, makannya jangan nyalahin hormon melulu ya.