6 Penyebab Pilek Pada Bayi yang Wajib Diperhatikan Oleh Orang Tua

13 September 2018, at 08:50
0
0
6 Penyebab Pilek Pada Bayi yang Wajib Diperhatikan Oleh Orang Tua

Sebagai orang tua, khususnya ibu harus memerhatikan betul kondisi dan kesehatan bayinya. Sebab, bayi masih belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik sehingga mudah terserang bakteri dan virus yang akan memengaruhi kesehatannya.

Sampai saat ini, setidaknya ada sekitar 200 jenis virus yang mengancam kesehatan bayi dalam proses tumbuh kembangnya. Hal ini penting untuk diperhatikan, terutama bagi ibu-ibu muda yang belum berpengalaman dalam mengurus anak.

bayi pilek
hipwee.com

Namun, jangan khawatir. Jika orang tua bisa merawat dan menjaga bayi dengan baik, tidak akan ada virus yang bisa menyerang bayi itu. Bahkan, sang bayi akan tumbuh dengan sangat sehat tanpa ada gangguan kesehatan yang berarti.

Nah, bicara mengenai masalah kesehatan pada bayi, tentu saja ada begitu banyak. Mulai dari masalah kesehatan yang ringan sampai yang berat. Namun, dari semua masalah kesehatan itu, ada satu jenis masalah yang kerap dialami oleh bayi. Masalah tersebut adalah pilek.

Yap, bagi kamu yang sedang menyusui merasakan hal yang sama, bukan? Bayi memang sering sekali mengalami pilek secara tiba-tiba. Padahal, dia sedikitpun tidak pernah minum atau makan makanan yang aneh-aneh, melainkan ASI saja.

Lantas, apa penyebab pilek pada bayi? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut diantaranya.

Baca Juga : Bersin Karena Pilek Atau Tanda Alergi, Apa Ya Bedanya?

1. Infeksi Kuman

bayi pilek
meetdoctor.com

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bayi masih belum memiliki sistem imun yang kuat untuk menangkal kuman ataupun virus. Jadi, pilek itu sendiri bisa disebabkan oleh kuman yang menginfeksi bayi. Maka dari itu, perhatikan apapun yang menempel pada bayi agar terhindar dari kuman berlebih, misalnya popok, baju, ataupun aksesoris lainnya.

2. ASI

bayi pilek
hidoctor.ir

ASI adalah asupan utama dan terpenting bagi setiap bayi untuk kesehatan dan perkembangannya. Namun, kadang kala ASI juga bisa memberikan efek yang kurang baik, jika kualitasnya buruk. Nah, kualitas ASI sendiri bisa ditentukan dari pola makan ibu. Jadi, sebagai ibu menyusui, alangkah baiknya kamu menghindari konsumsi makanan atau minuman yang tidak sehat agar tidak berimbas pada bayi.

3. Suhu

bayi pilek
hellosehat.com

Penyebab pilek pada bayi adalah suhu ruangan. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa bayi tidak memiliki sistem imun yang baik sehingga dia membutuhkan suhu yang tidak terlalu dingin agar tubuhnya tidak menggigil. Sebab, ketika tubuhnya kedinginan, maka bayi akan mengalami pilek yang mengganggu pernapasannya.

4. Terlalu Sering di Dalam

penyebab bayi pilek
popmama.com

Mungkin bagi sebagian orang, menjaga bayi agar tetap di dalam rumah adalah keputusan yang tepat. Namun sayangnya anggapan itu tidak sepenuhnya benar. Sebab, bayi juga perlu diajak berjemur sesekali di pagi hari. Aktivitas ini bisa menstabilkan suhu tubuhnya. Namun, jangan terlalu lama, cukup 5 atau 10 menit saja.

5. Ruangan Berdebu

penyebab bayi pilek
orami.co.id

Jangankan bayi, orang dewasa pun akan mengalami pilek ketika berada pada ruangan berdebu, bukan? Jadi, debu juga menjadi salah satu penyebab kenapa bayi sering mengalami pilek. Oleh karenanya, pastikan bahwa bayi berada pada tempat yang benar-benar bersih, baik dari debu ataupun kotoran yang bisa mengganggu pernapasan.

6. Tertular Orang Lain

bayi pilek
alodokter.com

Dan yang jarang disadari adalah pilek pada bayi juga bisa ditularkan dari orang lain. Jadi, ketika kamu atau orang lain sedang flu, jangan mendekatkan diri pada bayi karena itu bisa menular dengan cepat. Kalau orang dewasa, mungkin bisa mengatasi pilek karena tubuhnya sudah kuat. Tapi, masalah ini terlalu berisiko untuk bayi.

Nah, itulah beberapa penyebab pilek pada bayi yang harus kamu ketahui, khususnya bagi orang tua baru yang belum berpengalaman.

0 Comment