6 Perawatan Kecantikan Tradisional ala Wanita India yang Bisa Kamu Coba di Rumah

01 July 2019, at 11:00
0
0
6 Perawatan Kecantikan Tradisional ala Wanita India yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Selain film-film Bollywood, ada hal menarik yang dimiliki India. Yakni perawatan kecantikan tradisional yang dilakukan para wanita di sana.

Nggak perlu beli skincare mahal, wanita India mengandalkan resep perawatan kulit turun temurun dengan memanfaatkan bahan-bahan dari dapur. Hal ini juga dilakukan oleh aktris cantik Priyanka Chopra lho.

Nah, kali ini Qupas akan membagikan 6 resep perawatan kecantikan tradisional ala wanita India yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Simak langsung yuk!

1. Lulur kunyit

kunyit
stylecraze.com

Kunyit termasuk bumbu dapur yang punya segudang manfaat untuk kecantikan. Bahan inilah yang biasanya dipakai oleh Priyanka Chopra untuk membuat masker yang disebut Ubtan.

Untuk membuat ubtan, kunyit dicampur dengan tepung gandum, kunyit, jus limau, yoghurt full-cream, dan air mawar. Setelah itu balurkan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15-20 menit.

Baca juga: 7 Manfaat Kunyit untuk Kecantikan Ini Dijamin Bikin Kamu Takjub

Masker wajah dari kunyit mampu mengangkat sel-sel kulit mati hingga menghilangkan keriput. Kalau rutin melakukan ritual ini, wajah akan terlihat cerah bercahaya dan awet muda.

2. Minyak kelapa

minyak kelapa
ubudbotany.com

Wanita India dan Pakistan biasanya memakai minyak kelapa untuk melembabkan kulit dan menghitamkan rambut. Nggak perlu dicampur dengan bahan lain, cukup aplikasikan bahan alami ini ke area yang membutuhkan.

Selain membuat rambut jadi lebih hitam berkilau, rambut juga semakin tebal dan sehat.

3. Madu

madu
remediesforme.com

Resep perawatan kecantikan alami dari wanita India selanjutnya adalah dengan madu. Cairan lebah yang sangat manis ini memang punya serangkaian manfaat yang luar biasa.

Mulai dari menyehatkan kulit badan, wajah, rambut, hingga bibir. Cara memanfaatkan madu untuk mempercantik diri pun sangat mudah.

Kamu bisa memakainya langsung atau dicampur dengan bahan alami lainnya seperti kunyit, gula, dan bubuk kayu manis.

Baca juga: Ragam Perawatan Kecantikan dengan Memanfaatkan Madu, Yuk Coba di Rumah!

4. Lulur kayu cendana

bubuk kayu cendana
ebayimg.com

Kayu cendana atau sandalwood extract seringkali ditemukan dalam produk skincare. Seperti wanita India, kamu pun bisa memanfaatkannya untuk merawat kecantikan di rumah.

Caranya adalah dengan membuat lulur dari kombinasi bubuk kayu cendana, bubuk beras, susu, dan air mawar. Campuran ini ampuh untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk.

Selain itu, bubuk cendana juga bisa membasmi sebum di wajah lho.

5. Jeruk Nipis

jeruk nipis
honestdocs.id

Untuk menghilangkan komedo, wanita India lebih percaya pada khasiat jeruk nipis. Terlebih lagi, buah yang rasanya masam ini juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan mencerahkan wajah.

Kalau mau memanfaatkan jeruk nipis untuk perawatan kecantikanmu, cukup belah buahnya jadi dua lalu gosokkan ke wajah. Tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air sampai bersih.

6. Henna

henna
tokomehndi.com

Di negara kita, henna biasanya dipakai untuk mewarnai kuku atau menghias tangan. Tapi siapa sangka, daunnya ternyata juga sering dimanfaatkan wanita India untuk mewarnai rambut sendiri.

Selain membuat warna rambut jadi makin cantik, henna mampu menghilangkan ketombe dan memperkuat akar rambut untuk mencegah kerontokan.

Nah, itulah beberapa resep perawatan wajah alami dari wanita India yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Mudah kan?

0 Comment