Qupas Beauty

6 Perubahan Baik yang Terjadi pada Wajah Kalau Kamu Berhenti Pakai Makeup, Coba deh!

17 February 2020, at 06:00
6 Perubahan Baik yang Terjadi pada Wajah Kalau Kamu Berhenti Pakai Makeup, Coba deh!

Siapa sih sekarang ini yang lepas dari polesan makeup saat pergi ke luar rumah? Entah hanya sekedar goresan pensil alis, pulasan bedak, atau lipstik, pasti hadir dalam keseharian wanita.

Padahal, meski hasilnya bisa bikin cantik, menghabiskan banyak waktu dengan makeup efeknya juga nggak baik bagi wajah lho. Jadi ada baiknya kamu sesekali istirahat dari riasan.

Terlebih lagi, berhenti memakai makeup bisa mendatangkan manfaat luar biasa bagi wajahmu lho. Apa saja ya?

1. Wajah jadi lebih segar

Ilustrasi Wajah Segar dan Cerah (Foto: instagram.com/somethincofficial)
instagram.com/somethincofficial

Tahu nggak sih, mengaplikasikan berlapis-lapis makeup sama saja menghalangi kulit untuk bernapas. Selain membuat sirkulasi terganggu, pori-pori yang tersumbat juga bisa memicu timbulnya berbagai macam masalah.

Mulai dari komedo hingga jerawat. Sudah jelas kan, dengan berhenti memakai makeup, wajahmu bakalan bisa bernapas lega dan tampak lebih segar jadinya.

2. Terbebas dari kulit kusam

Ilustrasi Wajah Glowing (Foto: instagram.com/laneige_kr)
instagram.com/laneige_kr

Bahan kimia yang dipakai untuk meracik makeup pastinya banyak banget. Nah, sisa bahan kimia yang nggak dibersihkan secara tuntas dan menumpuk bisa menghambat proses regenerasi sel kulit.

Itulah mengapa, hobi memakai makeup bisa membuat kulit lebih cepat kering dan kusam. Dengan rehat dari produk kosmetik, proses regenerasi sel kulit wajah bisa lebih maksimal.

Wajah pun akan terlihat glowing dan bebas dari kulit kusam.

3. Wajah tampak lebih muda

Ilustrasi Wajah Awet Muda (Foto: instagram.com/laneige_kr)
instagram.com/laneige_kr

Efek berhenti memakai makeup yang bisa dilihat dengan nyata adalah, wajah akan tampak lebih muda. Wah, bagaimana bisa ya?

Meski makeup mampu menutupi tanda-tanda penuaan seperti garis halus, kerutan, hingga flek hitam, tapi di sisi lain, kandungan kurang baik di dalamnya juga bisa merusak kesehatan kulit wajahmu lho.

Jadi bayangkan saja, bila diaplikasikan setiap hari, produk makeup tentunya akan membuat kulit jadi cepat menua.

Baca juga: Terlalu Sering Memakai Makeup Waterproof Bisa Merusak Wajah, Hoax atau Fakta?

4. Pori-pori tersamarkan

Ilustrasi Wajah Tanpa Pori-pori (Foto: instagram.com/lorealskin)
instagram.com/lorealskin

Seperti yang telah disinggung di poin pertama, polesan produk makeup seperti foundation, BB cream, dan masih banyak lainnya, bisa menyumbat pori-pori. Bila terakumulasi, tampilan pori juga akan semakin membesar.

Kalau kamu nggak mau tampilan pori-porimu semakin membesar, coba deh berhenti sejenak dari makeup. Sebab, langkah ini secara nggak langsung akan mengurangi besaran kotoran yang menumpuk di dalamnya.

Dengan begitu, ukuran pori-pori akan mengecil dan membuat wajahmu tampak lebih mulus.

5. Mengurangi risiko alergi

Ilustrasi Wajah yang Alergi Makeup (Foto: caneandaustin.com)
caneandaustin.com

Nggak cuma skincare, kandungan dalam produk makeup juga bisa memicu reaksi alergi, iritasi, dan jerawat. Terlebih lagi kulit wajah yang sensitif.

Oleh karena itu, jangan pernah lupa untuk membeli produk kosmetik yang aman dan perhatikan komposisinya, supaya risiko alergi bisa dihindari. Dan akan lebih baik lagi, kalau kamu bisa mengurangi penggunaan makeup secara bertahap.

6. Menurunkan risiko iritasi mata

Memakai Maskara Waterproof (Foto: instagram.com/armanibeauty)
instagram.com/armanibeauty

Siapa sih yang nggak tergoda dengan kebolehan eyeliner dan maskara waterproof? Ya, kedua item makeup ini paling sering dipakai untuk memperindah tampilan mata sehari-hari.

Sayangnya, penggunaan eyeliner juga maskara setiap hari juga bisa menimbulkan infeksi. Apalagi kalau kamu sering saling pinjam produknya dan kurang teliti saat membersihkan sisa tintanya dari bulu mata.

Untuk itu, coba deh kurangi pemakaian eyeliner juga maskara dari sekarang. Supaya area mata bisa lebih sehat dan terhindar dari infeksi.

Baca juga: Sering Coba Tester Makeup? Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Biar Nggak Kena Herpes

Nah, itulah yang bakal terjadi kalau kamu berhenti memakai makeup. Kalau nggak percaya, coba deh buktikan sendiri.