6 Rekomendasi Kuliner Sepanjang Jalur Mudik Selatan Jawa yang Nggak Bikin Nyesel

30 May 2019, at 13:00
1
0
6 Rekomendasi Kuliner Sepanjang Jalur Mudik Selatan Jawa yang Nggak Bikin Nyesel

Ada dua jalur mudik yang cukup ramai dilewati di Pulau Jawa, Jalur Pantura dan Jalur Selatan. Kalau sobat Qupas biasanya mudik melalui jalur yang mana nih?

Nah kalau kamu sering melewati jalur mudik selatan Jawa, nggak ada salahnya untuk mencoba incip-incip masakan yang nggak bakal bikin nyesel karena kelezatannya.

Tenang saja, Qupas punya rekomendasinya nih! Catat deh, lokasi dan menu makan andalannya.

1. Sate Maranggi

sate maranggi haji yetty
instagram.com/tonguestories

Tahukah kamu kalau Sate Maranggi masuk dalam jajanan kaki lima favorit di dunia menurut World Street Food Congress 2016 yang lalu? Jadi, kalau kamu sedang melewati Purwakarta nggak boleh sampai keletawan untuk mencicipinya deh.

Ada satu rumah makan yang menyajikan menu sate istimewa dengan bumbu kecap dan potongan tomat berukuran jumbo. Selain itu juga ada menu gado-gado, nasi tutug oncom, dan cobek nila yang mengenyangkan.

Lokasi Sate Maranggi : RM. Sate Maranggi Haji Yetty Purwakarta

Buka dari : 07:30-21:00 WIB

2. Mie Ongklok

mie ongklok pak mahmudi
instagram.com/dwie.wu

Menu makanan istimewa yang satu ini juga cukup populer di Wonosobo. Mie ongklok terbuat dari rebusan mi kuning, irisan kol, kucai iris.

Semua bahan itu dimasukkan ke dalam keranjang anyaman bambu lalu dicelupkan dalam air yang mendidih. Setelah sayur menjadi layu, barulah bahan tersebut disiram dengan kuan kental yang terbuat dari gula jawa dan tepung sagu.

Lokasi Mie Ongklong : Mie Ongklok Pak Muhadi

Buka dari : 10:00-20:00 WIB

3. Sop Senerek

sop senerek
instagram.com/tukangngider

Saat lelah setelah melalui perjalanan panjang, kamu pasti menginginkan menu makan berkuah untuk mengembalikan lagi stamina.

Nah, sop senerek bisa kamu santap lengkap dengan isian bayam, wortel, kacang merah, dan kuah merica bubuk yang terasa lezat di tenggorokan.

Lokasi Sop Senerek : Sop Senerek Bu Atmo

Buka dari : 07:00-16:00 WIB

Baca juga : 8 Kuliner Mojokerto dari yang Legendaris hingga Kekinian

4. Gudeg Mataram

ilustrasi gudeg mataram
instagram.com/romantic_resto1313

Menikmati sajian gudeg yang disajikan dalam sebuah kendil, cita rasa manis pada masakan yang nikmat. Selain itu, isiannya pun terbilang cukup melimpah.

Krecek, lodeh nangka, telur ayam bumbu kecap, dan opor yang dibungkus dengan daun pisang sebelum dimasukkan dalam kecil agar nggak tercecer. Bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh juga lho.

Lokasi Gudeg Mataram : Rumah Makan Gudeg Mataram

Buka dari : 08:00-22:00 WIB

5. Pindang Ikan Mas

pindang ikan mas
instagram.com/cc_haili_food

Keluar dari exit toll Cileunyi, kamu akan disambut banyak rumah makan lezat nan menggugah selera. Salah satunya di RM Mak Ecot, Bandung.

Disana kamu bisa memesan pindang ikan mas yang disajikan lunak tanpa duri tulang. Warna masakannya cenderung berwarna hitam kecokelatan dan aroma kemiri sangrai yang mengundang nafsu makan.

Lokasi Pindang Ikan Mas : Pindang Ikan Mas Mak Ecot

Buka dari : 24 jam

6. Nasi Liwet Gepuk

nasi liwet gepuk
instagram.com/hartatiyunie

Menikmati nasi liwet gepuk yang hangat dan bumbu masakan yang gurih, bisa jadi obat yang ampuh untuk menghilangkan mabuk perjalanan.

Nasi yang digepuk dihidangkan dengan irisan daging sapi goreng, sayur asam, dan sepotong ikan asin jambal. Paket menu nasi liwet ini bisa kamu nikmat bersama tiga orang lainnya, porsi jumbo yang bikin kenyang sampai di rumah.

Lokasi Nasi Liwet Gepuk : RM Gentong

Buka dari : 07:00-21:00 WIB

Itulah enam kuliner khas daerah yang bisa kamu cobain di sepanjang jalur mudik selatan Jawa. Menu makanan lezat yang bisa bikin mabuk perjalanan langsung “GO AWAY”.

0 Comment