6 Taman Nasional Ini Tawarkan Interaksi dengan Orangutan, Bikin Kamu Makin Sayang Binatang

02 August 2019, at 17:00
0
0
6 Taman Nasional Ini Tawarkan Interaksi dengan Orangutan, Bikin Kamu Makin Sayang Binatang

Beberapa waktu yang lalu, masyarakat digemparkan dengan penempakan orangutan bernama Hope yang pada tubuhnya ditemukan 74 peluru senapan angin. Dua orang pelaku yang masih remaja (usia 16 dan 17 tahun) mendapatkan hukuman yang relatif ringan.

Mereka dikembalikan kepada orang tua masing-masing dan hanya diberikan hukuman berupa kewajiban untuk mengumandangkan adzan saat Maghrib dan Isya. Padahal, orangutan merupakan salah satu hewan yang hampir punah dan dilindungi oleh pemerintah.

Kasus yang terjadi di Aceh tersebut sekaligus menunjukkan bahwa masih banyak orang bahkan anak-anak yang nggak memiliki rasa kecintaan terhadap hewan sehingga tega menyakiti dan melukai dengan cara brutal.

Baca Juga: Ini 8 Bukti Taman Nasional Baluran Cantiknya Bukan Main!

Untuk menumbuhkan kecintaan terhadap hewan dan mencegah kasus serupa terjadi, kamu bisa mengunjungi 6 Taman Nasional yang menawarkan interaksi langsung bersama orangutan berikut ini.

1. Taman Nasional Gunung Leuser

taman nasional gunung leuser
instagram.com/situngkirwilda

Taman Nasional Gunung Leuser merupakan salah satu wisata Aceh yang cocok dikunjungi untuk menumbuhkan kecintaan terhadap binatang, khususnya orangutan, gajah, dan hewan-hewan yang dilindungi lainnya.

Pasalnya, di area Taman Nasional ini terdapat Bukit Lawang yang merupakan tempat pengamatan orangutan Sumatera. Selain itu, objek wisata yang satu ini juga menjadi rumah bagi gajah dan beberapa jenis ikan tawar raksasa.

Alamat Taman Nasional Gunung Leuser: Hutan, Darul Hasanah, Kabupaten Aceh Tenggara, Aceh

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Leuser: Rp10 ribu (bisa berubah sewaktu-waktu)

2. Taman Nasional Gunung Palung

taman nasional gunung palung
instagram.com/natgeoindonesia

Taman nasional yang satu ini merupakan salah satu yang terbesar di Indonesia. Memiliki luas sekitar 90.000 hektar, Taman Nasional Gunung Palung mulai dibuka pada tahun 1990.

Areanya yang luas dan sangat terjaga membuat objek wisata ini memiliki banyak banyak hal dalamnya, termasuk burung, mamalia, serta tamanan-tanaman langka.

Meskipun demikian, salah satu yang menjadi daya tarik taman nasional ini adalah adanya penguasa hutan hujan Borneo yang nggak terbantahkan yaitu orangutan. Diperkirakan jumlah primata langka tersebut mencapai 2.000 ekor.

Alamat Taman Nasional Gunung Palung: Padu Banjar, Simpang Hilir, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat

Jam Buka: Setiap hari mulai pukul 08.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Taman Nasional Gunung Palung: Rp10 ribu (bisa berubah sewaktu-waktu)

3. Taman Nasional Gunung Kutai

taman nasional gunung kutai

Taman Nasional Gunung Kutai ini merupakan surga bagi berbagai jenis dan spesies orangutan, baik yang hidup di habitat alami maupun buatan.

Keberadaan orangutan tersebut mendapatkan perhatian khusus karena keberadaannya yang sudah mulai terancam.

Meskipun demikian, kamu tetap bisa mengujungi taman nasional ini untuk berinteraksi secara langsung bersama hewan dilindungi tersebut, kok.

Alamat Taman Nasional Kutai: Bontang Baru, Bontang Utara, Kota Bontang, Kalimantan Timur

Jam Buka: Senin-Kamis pukul 08.00-17.00 dan Jumat pukul 14.00-17.00 WIB

Tiket Masuk Taman Nasional Kutai: Rp15 ribu (bisa berubah sewaktu-waktu)

Baca Juga: Beberapa Taman Nasional Ini Jadi Warisan UNESCO, Lho!

4. Taman Nasional Tanjung Puting

taman nasional tanjung puting
instagram.com/cesardwip

Taman Nasional Tanjung Puting merupakan salah satu habitat alami orangutan Kalimantan dan di sanalah tempat pelatihan serta pelepasan primata tersebut ke alam liar dilakukan.

Apabila berkunjung ke taman nasional ini, ada banyak hal menyenangkan yang dapat kamu lakukan, seperti menyusuri menyusuri sungai Sekonyer, mandi di Kali Hitam, dan berinteksi bersama orangutan.

Selain orangutan, kamu juga bisa menemukan primata lain seperti monyet, bekantan, babi hutan, buaya, dan lain sebagainya.

Alamat Taman Nasional Tanjung Puting: Teluk Pulai, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Taman Nasional Tanjung Puting: Rp5 ribu (bisa berubah sewaktu-waktu)

5. Taman Nasional Betung Kerihun

betung kerihun
instagram.com/sintangorangutancenter

Meskipu nggak seterkenal taman nasional lainnya, akan tetapi Taman Nasional Betung Kerihun merupakan objek wisata yang indah dan patut dikunjungi.

Pasalnya, di dalam taman nasional tersebut terdapat keanekaragaman hayati yang luar biasa dan memiiki delapan tipe ekosistem hutan yaitu dataran rendah, sekunder tua, dipterocarpus, sub-montana, dan montana.

taman nasional betung kerihun
instagram.com/sintangorangutancenter

Taman Nasional Betung Kerihun juga merupakan salah satu yang sangat cocok untuk menumbuhkan kecintaan terhadap hewan, termasuk orangutan.

Hal tersebut karena menjadi habitat bagi 48 jenis mamalia, 301 jenis burung, 112 jenis ikan, 52 jenis reptilian, 51 jenis amfibia, 170 jenis insekta, 24 jenis endemik Kalimantan, serta 15 jenis burung migran.

Alamat Taman Nasional Betung Kerihun: Jl. Piere Tendean, Putussibau Utara, Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat

Jam Buka: Senin-Jumat pukul 08.00-16.00 WIB

Tiket Masuk Taman Nasional Betung Kerihun: Rp10.000 (bisa berubah sewaktu-waktu)

6. Taman Nasional Bukit Tiga Puluh

taman nasional bukit tiga puluh
instagram.com/theorangutanproject

Taman Nasional Bukit Tiga Puluh yang memiliki luas 508.000 hektar merupakan tempat perlindungan bagi satwa Sumatera yaitu orangutan, gajah, harimau, beserta 250 spesies burung dan mamalia.

Oleh sebab itu, taman nasional ini juga merupakan salah satu yang cocok untuk dikunjungi demi menumbuhkan rasa cinta terhadap hewan terutama orangutan.

Alamat Taman Nasional Bukit Tiga Puluh: Batang Gansal, Kabupaten Indragiri Hulu, Riau

Jam Buka: 24 jam

Tiket Masuk Taman Nasional Bukit Tiga Puluh: Rp15 ribu (bisa berubah sewaktu-waktu)

Jadi Sobat Qupas bisa datang sendiri atau mengajak keluarga serta anak-anak ke 6 objek wisata alam di atas untuk melihat kehidupan liar serta berinteraksi secara langsung dengan orangutan, gajah, dan lain sebagainya.

Hal tersebut diharapkan dapat menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan rasa cinta terhadap hewan agar nggak mudah menyakitinya, apalagi yang sudah hampir punah.

0 Comment