6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis

23 September 2018, pada 03:00
0
0
6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis

Berbagai tempat wisata di Korea Selatan belakangan ini tengah populer di kalangan turis lokal maupun mancanegara. Demam K-pop hingga drama Korea pun menjadi salah satu alasan mengapa negara ini diminati para wisatawan. Apakah termasuk kamu?

Sayangnya, budget mungkin masih menjadi momok yang ditakuti oleh sebagian besar turis yang ingin berkunjung ke sini. Biaya untuk menginap, tiket pesawat maupun masuk tempat wisata bisa menjadi salah satu alasannya. Tapi, tahukah kamu kalau di Korea Selatan ada beberapa objek wisata yang harga tiket masuknya sangat terjangkau? Bahkan, ada yang gratis juga, lho.

Bukan cuma khayalan, beberapa tempat tersebut memang ada. Pemandangan hingga spot foto cantik pun tetap bisa kamu nikmati di objek wisata murah di Korea Selatan ini. Mau tahu lokasinya dimana saja? Yuk, simak ulasan Qupas berikut ini!

Baca juga: 6 Tempat Wisata di Kuala Lumpur Murah dan Fotogenik

1. Istana Deoksugung

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/alymaharani

Salah satu lokasi wisata populer di Negeri Ginseng adalah Istana Deoksugung, salah satu dari 5 kerajaan utama Dinasti Joseon. Nggak hanya bisa menikmati kemegahan bangunannya, kamu pun bisa menyaksikan proses penggantian penjaga istana yang memiliki jadwal tiga kali dalam sehari, yakni 11.00, 14.00 dan 15.30 waktu setempat. Acara ini pun berlangsung selama 30 menit serta selalu mengikuti aturan baku.

Kecuali hari Senin, istana yang juga memiliki bangunan bergaya barat ini buka mulai pukul 09.00 sampai 21.00 waktu setempat. Untuk bisa sampai ke objek wisata ini, kamu perlu menggunakan transportasi subway dari Hapjeong Station selama kurang lebih 30 menit. Selain itu, ada juga subway line 1 dari Seoul Station dan turun di City Hall, Exit-2 yang akan mengantarmu ke lokasi. Dari sana, kamu hanya perlu mengikuti petunjuk arah yanga sangat jelas.

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/modoshuffle

Soal hargat tiket, kamu pun hanya perlu menyediakan budget seribu won atau sektiar tiga belas ribuan rupiah (dewasa) dan lima ratus won atau enam ribuan rupiah (anak-anak). Menariknya lagi, kamu juga bisa menggunakan hanbok secara gratis yang tersedia di stand kecil dalam istana. Pengingapan dengan harga mulai dari 746 ribuan rupiah pun bisa kamu dapatkan di area wisata. Yuk, nabung supaya bisa liburan ke sini!

2. Bukchon Hanok Village

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/dminrok

Di tengah kehidupan modern Korea Selatan, banyak bangunan tradisional yang tetap dipertahankan. Salah satunya adalah Bukchon Hanok Village. Area perkampungan dengan deretan rumah tradisional ini terletak di sebelah utara Cheonggyecheon Stream dan Jongno.

Untuk bisa sampai ke wilayah ini, kamu bisa menggunakan subway line 3, Exit-2 dan jalan lurus sejauh 300 meter. Akses untuk menuju ke lokasi pun nggak terlalu sulit karena petunjuk jalan sudah jelas dan terdapat huruf latin. Saat tiba di tempat ini, sebaiknya jangan terlalu berisik dan menganggu ketenangan warga lokal. Pasalnya, area ini memang bukan objek wisata.

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/themadmusings

Meski begitu, ada beberapa rumah yang menyediakan jasa foto dengan Hanbok, belajar kerajinan tradisional Korea hingga belajar menulis nama dengan Hangeul yang tentu memerlukan biaya. Kamu perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu rupiah hingga tiga puluh ribu rupiah untuk menyewa hanbok tradisional. Durasinya pun beragam, mulai dari 1,5 jam, 2,5 jam, 4 jam atau satu hari penuh.

Tapi, jangan khawatir untuk kamu yang tetap nggak ingin mengeluarkan biaya. Berkeliling menjelajah area perkampungan yang menurut sejarah dulunya merupakan tempat tinggal para pejabat dan anggota keluarga kerajaan ini pun tetap asyik. Apalagi, ada beberapa rumah yang menyediakan jasa penginapan di sini dengan harga mulai 730 ribuan rupiah. Menarik, kan?

3. Namsangol Hanok Village

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/jwalkercreative

Tempat wisata di Korea Selatan yang juga menawarkan nuansa tradisional adalah Namsangol Hanok Village. Kalau berangkat dari Hongdae, kamu bisa menggunakan subway line 2 yang berasal dari st. Hongik University ke st. Eujiro ga-3. Lalu ganti subway line 3 ke st. Chungmuro dan keluar melalui Exit-3. Selanjutnya, kamu bisa mengikuti petunjuk lokasi dengan berjalan kaki sekira 5 menit.

Untuk bisa memasuki desa mini yang hanya terdiri dari 5 rumah tradisional ini, kamu pun nggak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Bayangkan, dengan budget minim, kamu sudah bisa melihat bangunan sekaligus perabotan yang diatur layaknya masa periode Dinasti Joseon. Ada pula taman tradisional yang dihiasi dengan pohon cantik, kolam hingga paviliun.

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/putriianggie

Area ini buka setiap hari kecuali hari Selasa. Menariknya, jam operasionalnya pun beragam, dimana pada bulan November hingga Maret buka mulai pukul 09.00 sampai 18.00 waktu setempat. Juni sampai Agustus buka lebih lama, yakni sampai pukul 19.00 waktu setempat.

Pun demikian dengan bulan September sampai Oktober. Jam operasional tempat ini lebih lama satu jam, yakni hingga pukul 20.00 waktu setempat. Tertarik untuk berkunjung? Mumpung hotel di dekat lokasi harga sewanya mulai dari 655 ribuan rupiah, lho.

Baca juga: 6 Desa Terindah Ala Negeri Dongeng, Ada di Indonesia Juga

4. Namsan Park

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/nelafilipek

Namsan Park terletak di Ibukota Korea Selatan, Seoul. Tepatnya di Gunung Namsan, salah satu gunung terpopuler di Korea Selatan, kamu bisa melihat pemandangan cantik di taman ini. Menariknya lagi, di puncak gunung ini terdapat berbagai wisata yang selalu ramai dikunjungi, mulai Palgakjeong, Seoul Tower, Aquarium Maritime, air mancur dan Perpustakaan Namsan.

Kalau suka jalan, kamu bisa naik tangga yang lokasinya dekat dengan Stasiun Cable Car. Meski cukup melelahkan dengan naik tangga, namun kamu nggak akan menyesal saat menikmatinya. Sebab, banyak spot foto keren di sini.

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/chopsticksandcarryons

Area ini buka setiap hari dan 24 jam. Bahkan, kamu nggak perlu lagi membayar alias gratis kalau hanya berjalan di sekitar taman. Sebaliknya, untuk beberapa area wisata, ada batasan jam kunjung hingga mengharuskan kamu untuk membayar tiket. Siap nabung untuk liburan ke Korea Selatan?

5. Namsan Seoul Tower

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/shubhidooby

Kalau sudah tiba di Korea Selatan, rasanya Namsan Seoul Tower adalah tempat yang wajib untuk kamu kunjungi. Apalagi, area ini adalah simbol dari Kota Seoul. Bahkan, kamu akan merasakan sensasi menyenangkan saat berkunjung ke tempat ini. Sebab, selain bisa melihat keseluruhan Kota Seoul, kamu juga bisa menemukan spot foto cantik berlatar gembok cinta.

Untuk menuju ke lokasi wisata, kamu bisa naik bus Namsan Sunhwan No. 02, 03 dan 05. Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan cable car dari sebelah Hotel Pacific dan keluar melalui pintu Exit-3 di Myeong-dong Station (line 4). Bahkan, kamu pun bisa jalan kaki untuk bisa sampai ke tempat wisata cantik ini.

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/namsanseoultower

Masuk ke area Namsan Tower memang gratis. Namun, kamu perlu menyediakan budget senilai sepuluh ribu won atau sekitar 132 ribuan rupiah (dewasa) serta delapan ribu won atau kurang lebih 106 ribuan rupiah kalau ingin naik ke menara observatorinya. Menariknya lagi, kamu juga bisa mendapatkan penginapan mulai dari harga 656 ribuan rupiah. Pasti tertarik untuk berkunjung, kan?

6. Cheonggyecheon Stream

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/___vlo_olv___

Cheonggyecheon  Stream merupakan aliran sungai yang terletak di pusat Kota Seoul, Korea Selatan. Selain menyimpan sejarah kota di Negeri Ginseng ini, kamu juga akan dimanjakan dengan panorama cantik di sekitar lokasi. Bayangkan, air yang jernih, beberapa tanaman hijau hingga pemandangan gedung-gedung pencakar langit bisa kamu lihat dari sini.

Untuk bisa berkunjung ke sini, tentu kamu nggak perlu mengelurkan biaya. Nggak heran, tempat ini ramai dikunjungi turis lokal maupun luar negeri, baik muda mudi hingga yang sudah berkeluarga. Bahkan, hiburan badut, DJ, pengamen jalanan hingga bazar makanan pun ada di kawasan sungai ini. Salah satu jenis makanan, yakni barbeque ayam, kamu hanya perlu membayar seharga tiga ribu won atau sekitar empat puluh ribuan rupiah saja, lho.

6 Tempat Wisata di Korea Selatan yang Murah Hingga Gratis
instagram.com/pal.lm

Nah, untuk kamu yang ingin menikmati suasana sungai ini selama beberapa hari liburan di Korea Selatan, ada juga kok penginapan dekat dengan lokasi. Bahkan, mulai harga 540 ribuan rupiah, kamu sudah bisa bermalam di hotel bintang 3. Yakin nggak ingin liburan ke sini?

Itulah beberapa tempat wisata di Korea Selatan yang bisa kamu kunjungi tanpa budget besar. Bahkan, ada pula yang tanpa dipungut biaya. Tentu hal ini bisa menjadi pengalaman menyenangkan saat berkunjung ke objek wisata luar negeri. Yuk, nabung dari sekarang!

0 Komentar