Qupas Beauty

6 Tips Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Biar Nggak Gagal Total

14 June 2020, at 06:00
6 Tips Bleaching Rambut Sendiri di Rumah, Biar Nggak Gagal Total

Di tengah pandemi Corona ini, perawatan kecantikan di rumah lebih disukai. Termasuk juga mewarnai rambut sendiri.

Tapi, untuk memperoleh warna rambut yang terang, warna rambut asli orang Indonesia perlu di-bleaching dulu. Proses ini bertujuan untuk melunturkan pigmen gelap pada rambut supaya menjadi putih.

Dan meskipun produk bleaching mudah ditemukan di minimarket terdekat, faktanya proses bleaching rambut sendiri ternyata nggak semudah yang dibayangkan lho.

Nah, kalau kamu berniat bleaching rambut sendiri di rumah, simak tipsnya berikut ini dulu yuk biar nggak gagal.

1. Jangan keramas sebelum bleaching

Cara Bleaching Rambut Alami (Foto: sozohair.net)
sozohair.net

Nggak bisa dipungkiri, bleaching rambut bisa menimbulkan berbagai macam dampak kurang baik. Mulai dari memicu alergi hingga rusaknya rambut.

Tapi, mewarnai rambut tanpa bleaching prosesnya bakalan lama banget dan hasilnya pasti nggak memuaskan. Nah, untuk meminimalisir kerusakan rambut, baiknya jangan keramas ya sehari atau dua hari sebelum bleaching.

Sebab, minyak alami dari rambutmu itulah yang akan melindungi rambut supaya nggak rusak parah.

2. Ketahui level bleaching rambut

Level Bleaching Rambut (Foto: wunderkult.com)
wunderkult.com

Secara perlahan, rambut yang sudah diolesi produk bleaching akan berubah warna. Pada proses pertama, biasanya akan berubah jadi sedikit oranye kecokelatan (level 6).

Kalau kamu ingin mewarnai rambut dengan warna-warna terang, minimal harus melakukan bleaching hingga level 7. Sedangkan untuk mewarnai rambut dengan nuansa pastel, proses bleaching harus dilakukan hingga rambutmu benar-benar putih (level 10/11).

3. Perhatikan kadar developer

Bleaching Rambut Berapa Lama (Foto: shopify.com)
shopify.com

Jangan dikira, produk yang dijual di pasaran bisa bikin rambutmu jadi putih dengan sekali bleaching. Hey, bukan begitu kenyataanya.

Kalau ingin proses pemutihan rambut berjalan cepat, kamu perlu tambahan cairan developer. Produk ini juga nggak susah kok buat dicari.

Kadar developer pun bermacam-macam, ada yang 10 volume, 20, 30, dan 40 volume. Semakin tinggi kadarnya, semakin cepat pula proses pemutihannya. Tapi perlu diingat, risiko rambut rusak juga semakin besar.

Baca juga: Mau Mewarnai Rambut untuk Pertama Kalinya? Perhatikan 8 Hal Ini Dulu deh!

4. Lakukan patch test

Bleaching Rambut Adalah (Foto: sallyadams.net)
sallyadams.net

Sama seperti skincare, produk bleaching juga bisa mengiritasi kulit. Maka dari itu, jangan lupa melakukan patch test sebelum mengoleskannya ke seluruh rambut.

Patch test bisa kamu lakukan dengan mengoleskan sedikit krim bleaching di kulit belakang telinga. Diamkan minimal 30 menit untuk melihat reaksinya.

Kalau nggak muncul rasa panas, gatal, dan kemerahan di kulitmu, krim tersebut berarti aman kamu pakai. Kalau ada berbagai reaksi, baiknya cari produk lain ya.

5. Tutup dengan aluminium foil

Harga Bleaching Rambut (Foto: thoughtco.com)
thoughtco.com

Proses bleaching rambut biasanya membutuhkan waktu 45-60 menit. Selama menunggu, jangan lupa untuk membungkus rambut yang sudah diolesi krim dengan aluminium foil ya.

Sebab, krim bleaching yang mengering nggak akan bisa bekerja lagi untuk menghilangkan pigmen gelap di rambutmu.

6. Beri jeda 2-3 minggu sebelum bleaching lagi

Tips Bleaching Rambut (Foto: byrdie.com)
byrdie.com

Untuk memutihkan rambut hingga level 8-11, minimal kamu bakalan melakukan dua kali bleaching. Nah, biar rambutmu nggak rusak parah, baiknya beri jeda sekitar 2-3 minggu ya sebelum melakukan proses yang sama.

Di sela-sela waktu tersebut, kamu bisa memanfaatkannya untuk merevitalisasi rambut agar batangnya kembali kuat, sehat, dan terlindungi. Caranya, dengan rutin memakai hair mask dan hair vitamin khusus rambut yang diwarna.

Baca juga: 5 Cara Memperbaiki Rambut yang Rusak Parah Karena Bleaching

Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu ingat sebelum bleaching rambut. Supaya nggak gagal dan rambutmu tetap sehat.